Selasa, 08 November 2016

Rabu.8November 2016

Kh.Abdul mu'thi
Pondok pesantren Annajach
Koripan, Tegalrejo
Magelang koripan
Rabu.8November 2016




1. Klik Blog

Http://ahmadmujib99.Blogspot.com

Http://toharhar.blogspot.com

2.Download Audio pengajian
Rabu.8November2016
Klik link dbawah. ;
( 20.24 MB )

https://www.mediafire.com/download/5sx8k0m4c0fa01s

3.YOUTUBE

https://www.youtube.com/playlist?list=PLDFj8nahAUN6z44l0HGRSo3NCGxNXgwZR



4. Ringkasan materi

Rabu.8 November2016
@  MONGGO SARENG2 NOTO NIAT NGAJI  mugi'' pikantuk ilmu nafi' ( manfaat )  lan dadosaken  lantaran  kawilujengan kitho sedoyo fi dunya wal akhirot. Amiin.

AR-ROFIDLOH
الــرَّافِضــــــــة

5 .  النَّــاوُوْسِيَة  (AN-NAWUSIYAH)
قَالُوْا عَلِيٌّ أَفْضَلُ الْأُمَّةِ فَمَنْ فَضَّلَ غَيْــرَهُ عَلَيْــهِ فَقَدْ كَفَـــرَ  {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٣}
  Berkeyakinan bahwa :  sahabat Ali itu lebih utama-utamanya umat, maka siapa orang yang mengutamakan selain Ali, maka dia kafir.
Menurut ASWAJA :
  Yang lebih utama adalah Abu Bakar, Umar bin Khottob, Usman bin ‘Affan dan terakhirAli bin Abi tholib.

اَفْضَلُ الصَّحَابَةِ اَبُــوْبَكْـــرٍثُمَّ عُمَـــرُ ابْنُ الْخَطَّابِ ثُمَّ عُثْــمَانُ ابْنُ عَفَّانٍ ثُمَّ عَلِيُّ ابْنُ اَبِيْ طَالِبٍ
Artinya : “ paling utama-utamanya Shohabat adalah Abu Bakar, Umar bin Khottob, Ustman bin”affan dan Ali bin Abi Tholib.

الاِمــَامِيَــــة  (AL-IMAMIYAH)
قَالُوْا لَايُمْكِنُ أَنْ تَكُــوْنَ الدُّنْيَا بِغَيْرِ إِمَامٍ مِنْ وَلَدِ الْحُسَـــــيْنِ وَإِنَّ الْإِمَامَ يُعَلِّمُهُ جِبْــرِيْــلُ عَلَيْهِ السَّلَامُ فَإِذَا مَاتَ بَدَّلَ غَيْرُهُ مَكَانَهُ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٣}
     Berkeyakinan bahwa : tidak mungkin di dunia tanpa seorang imam dari anak turunnya sayyidina Chusain dan sesungghnya imam itu diajari oleh Malaikat Jibril, maka ketika imam meninggal dunia maka Allah membuat ganti yang lainnya untuk mengganti kedudukannya.
Menurut ASWAJA :
Orang yang menjadi Imam itu tidak harus dari keturunan sayyidina Chusain.

7. الزَّيْــــــدِيَة  (AZ-ZAIDIYAH)
قَالُوْا وَلَدُالْحُسَـــيْنِ كُلُّهُمْ أَ ئِمَّةٌ فِى الصَّلَــوَاتِ فَمَتَى وُجِـــدَ مِنْهُمْ أَحَدٌ لَمْ تُجْزَ الصَّلَاةُ خَلْفَ غَيْــرِهِمْ بِرِّهِمْ وَفَاجِرِهِمْ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٣}
    Berkeyakinan bahwa : semua anak turunnya sayyidina Chusain harus  menjadi imam sholat, dan selama masih ada anak turunnya Chusain  bila orang lain menjadi iImam, maka tidak syah sholatnya.
Menurut ASWAJA :
  Orang yang menjadi Imam itu tidak harus dari keturunan Sayyidina Chusain, asal sudah menetapi syarat-syaratnya menjadi Imam maka boleh dan syah sholat jamaahnya.

@ Orang yang lebih berhak menjadi Imam adalah :
1. Orang yang ‘alim fiqih, yakni orang yang mengerti hukum agama dan yang menjadi pilihannya masyarakat didalam dzat,nasab dan sifat-sifatnya tidak dibenci masyarakat.
2. Orang yang banyak hafal Al-qur’annya.
3. Orang yang lebih tua umurnya.
4. Orang tersebut ahli menjadi Imam.
5. Orang yang wira’i.

@ Syarat-syarat menjadi imam sholat;
1. Suci dari hadas kecil dan besar.
2. Di badan dan pakainnya tidak ada najisnya (najis yang tidak dima’fu).
3. Tidak meninggalkan i’tidal dan tuma’ninah.
4. Tidak meninggalkan membaca al-fatichah.

@ Sayyidina Chusain itu keturunan dari Sayyidina Ali dan Sayyidatina Fatimah putri Rosululloh SAW.

@ Jika ada keturunan Rosul tidak mengerti hukum agama, maka tetap wajib dihormati, seperti Al-qur’an yang sampulnya sudah rusak/sebagian dari Al-qur’an itu lepas, mak tetap wajib menjaga etika dan menghormati.

8. العَبَّاسِيَة  (AL-ABBASIYAH)
زَعَمُوْا أَنَّ الْعَبَّاسَ كَانَ أَوْلٰى بِالْخَلَا ئِقِ مِنْ غَيْرِهِ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٣}
    Berkeyakinan bahwa :  yang berhak menjadi kholifah adalah Syaidina Abbas bukannya Syaidina Abu Bakar, Sayyidina Umar,  Sayyidina Utsman dan  Sayyidina Ali.
 Menurut ASWAJA :
Yang berhak menjadi kholifah adalah Sayyidina Abu Bakar, Sayyidina Umar, Sayyidina Utsman dan Syaidina 'ali. Inilah urutan dari masa kekholifahan setelah Nabi Muchammad SAW wafat.

@ Masa kekhalifahan itu 30 tahun. Berdasarkan hadis
 ثُمَّ مُلْكٌ بَعْـــدَ ذٰلِكَ (حم ت ع حب ) عن سفيــنة (صحـ)    الخِلَافَةُ بَعْـــدِيْ فِيْ اُمَّــتِيْ ثَــلَاثُــوْنَ سَنَةً ( orang yang berhak menjadi kholifah setelah wafatku (Nabi) dikalangan umatku itu masa 30 tahun, kemudian setelah kholifah itu namanya مُلْكٌ / kerajaan.
خَلِيْفَة itu orang yang mengamalkan sunnah Rosul beserta bawahannya.
مُلْكٌ itu orang yang mungkin bisa melakukan sunnah Rosul tapi bawahannya tidak melakukannya, seperti menteri-menterinya.

@ Dalam kitab  JAUHARUT TAUHID  dijelaskan Masa kekholifahan para khulafaur rosyidin ;
1. Sayyidina ABU BAKAR  memimpin selama  2 Tahun 3 bulan 10 hari.
2. Sayyidina UMAR BIN KHOTOB memimpin selama 10 Tahun 6 bulan 8 hari.
3. Sayyidina UTSMAN BIN AFFAN memimpin selama 11 Tahun 11 bulan 9 hari.
4. Sayyidina ALI BIN ABI THOLIB memimpin selama 4 Tahun 9 bulan 7 hari.
jika dijumlahkan maka menjadi  29 Tahun 6 Bulan 4 hari, belum sempurna masa 30 Tahun seperti yang dikira kirakan oleh nabi kemudian disempurnakan oleh SAYYIDINA CHASAN BIN ALI sampai menjadi bilangan 30 Tahun.
   IMAM AS SUYUTHI  menjelaskan ,oleh karena keterangan diatas  MUAWIYAH  itu pertama kalinya orang yang mendirikan kerajaan

9. التَّنَاسُــخِيَة  (AT-TANASUKHIYAH)
قَالُوْا الأرْوَاحُ تَتَنَاسَخُ فَمَنْ كَانَ مُحْسِنًا خَرَجَتْ رُوْحُــهُ فَدَخَــلَتْ فِى خَلْقٍ يُسْــعِدُ بِعَيْــشِهِ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٣}
     Berkeyakinan bahwa : nyawa/arwah itu bisa nempel pada jasad orang lain/menjelma masuk pada raga manusia, jika ruh itu asalnya dari orang yang kaya, maka yang dimasuki akan ikut menjadi kaya. (menjelma/reingkarnasi)
 Menurut ASWAJA :
Orang itu kalau sudah mati maka sudah tidak bisa kemana-mana.
-- MATI ADALAH KELUARNYA RUH DARI JASAD --

@ Dalam kitab i’anatuttholibin ruh itu terbagi menjadi 5.
1. Ruhnya para Nabi bertempat di suraga.
2. Ruhnya para Syuhada’/orang-orang yang mati syahid bertempat di surga.
3.Ruhnya orang-orang yang tho’at bertempat di taman-tama surga.
4. Ruhnya orang-orang yang melanggar/ma’siat dari orang mu’min bertempat diantara langit dan bumi.
5. Ruhnya orang-orang kafir bertempat di neraka sijjin.
Jadi ruhnya orang yang sudah mati itu tidak akan masuk pada orang yang masih hidup. Karena orang yang sudah mati sudah ada tempatnya sendiri-sendiri.

@ Hadits dari abi hurairoh ;
+- ORANG MU'MIN ITU BILA MENINGGAL MAKA KEMBALI MENGELILINGI RUMAH UTK MELIHAT APAKAH KELUARGANYa, UTANGNY DILUNASI/BELUM SELAMA 1 BULAN,.
+SeTeLaH ITU SELAMA 1 TAHUN BERADA DIKUBURAN UTK MELIHAT SIAPA SAJA YANG ZIAROH PADANYa,.
+ STLAH ITU LANGSUNG DIANGKAT KE SURGA ILLIYIN ( bila ruh mu'min) tp bila blum mendapat pengampunan dr allah maka aqan brada di lembaga pertahanan kubur,

@Imam العــز بن عبــد الســلام  menerangkan bahwa setiap jasad itu mempunya 2 ruh.
1. روح اليــقظـة (ruchulyaqdhoh)
Yaitu ruh yang bila keluar dari jasad maka orang itu akan tidur.
2. روح الحياة  (ruchulchayat)
Yaitu ruh yang jika keluar dari jasad maka orang itu akan mati.
تحفةالمـــريد )  / جــوهــر التــوحيد hal 98(

-- SEDIKITKANLAH BERGAUL DENGAN SESAMA MANUSIA KEC. SEPERLUNYA SAJA --(mis ; untuk mencari ilmu / memperbaiki tingkah )
- seperti ceritanya kyai khumed dan putrany luqman hakim.

@ Bila dalam keadaan sudah terlanjur ''GLENDENG '' membicarakan aib orang lain maka segeralah bertobat  dan memintakan pengampunan atas dosa dosany kepada Allah .

أللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلىَ  سَيِّدِنَاوَمَوْلَنَا مُحَمَّدٍ
 عَدَدَ مَا فِى عِلْمِ ا للَّهِ صَلاَةً  دَائِمَةً بِدَوَامِ مُلْكِ اللَّهِ

 tombo ati iku limo perkarane,
- kang sapisan moco quran sak ma'nane
- kaping pindho solat mbengi lakonono,
- kaping telu dzikir wengi diajegno
- kaping pate weteng iro ngelehono,
- kaping limo ahli ilmu kumpulono
sopo wonge sawiji biso nglakoni insya Allahuta'ala nyembadani.

@ ada orang berdoa tapi belum kasembadan  disebabkan apa !?
1. Kurang dekat dengan Allah .
2. Mendekat kepada Allah hanya disaat butuh/ hanya dwaktu mendekat musibah. ( mendekat Allah karena nafsu )
- maka mendekatlah kepada Allah disaat senang / susah.

@ Imam Ghozali
+- kenapa doa tidak  dikabukan Allah padahal Allah sudah berjanji siapa berdoa pada Allah pasti diijabahi.,  sebabnya adalah ;
1.  mengerti pada Allah tapi tidak mau melakoni hak haknya / perintahannya Allah
2. Bisa baca Alquran tapi tidak mau menjalani isi Al-quran.
3. Senang pada Rosul tapi tidak mau melakoni sunah sunah Rosul.
4. Takut akan mati tapi tidak mau membekali diri dengan amal  buat mati.
-- DARIPADA HIDUP LAMA DIDUNIA PENUH KEMA'SIATAN LEBIH BAIK UMUR PENDEK DAN MATI DALAM KEADAAN TOAT --
- orang yang mati dalam keadaan mengaji  asal niatnya ikhlas maka akan tergolong mati syahid.
5. Katanya takut api neraka tapi tetap melakukan dosa.

@ SEBISA MUNGKIN SEBELUM TIDUR ANGEN ANGEN LAH DALAM SATU HARI INI MELaKUKAn apa saja ..

@ ORANG  yang sombong dan takabur didunia besok dipadang mahsyar akan disambar sambar api neraka dan kecil sehingga akan menjadi injakan injakan orang ''.
- satu pendapat dipandang mahsyar ada yang mengatakan 3000 tahun dan ada yag mengatakan 40.000 tahun.

-- ORANG KAFIR MERASA LEBIH BAIK BERADA DINERAKA JAHANAM DARIPADA DI PADANG MAHSYAR --
sebab saking tersiksanya ketika dipadang mahsyar.

@ Setiap hari jangan pernah lepas dari istighfar kepada Allah.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ العَا لَمِيْن

5. Facebook

https://m.facebook.com/groups/134905726634542

Muga" manfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar