Sabtu, 12 November 2016

Ahad.13November 2016


Kh.Abdul mu'thi

Pondok pesantren Annajach
Koripan, Tegalrejo
Magelang koripan
Ahad.13November 2016



1. Klik Blog

Http://ponpesannajach.Blogspot.com/

Http://toharhar.blogspot.com/

2.Download Audio pengajian
Ahad.13November2016
Klik link dbawah. ;
( 19.24 MB )

https://www.mediafire.com/download/s40xjhm3ifxsjqd

3.YOUTUBE

https://www.youtube.com/playlist?list=PLDFj8nahAUN6z44l0HGRSo3NCGxNXgwZR




4. Ringkasan materi

Ahad.13 November2016

@ MONGGO SARENG2 NOTO NIAT NGAJI mugi'' pikantuk ilmu nafi' ( manfaat ) lan dadosaken lantaran kawilujengan kitho sedoyo fidunya wal akhirot. Amiin.

@ سورة الحج ayat 76- 78

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

(76). يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۗوَإِلَى اللَّهِ تُرْجَعُ الْأُمُورُ
Allah mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka. Dan hanya kepada Allah dikembalikan semua urusan.

(77). يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ارْكَعُوا وَاسْجُدُوا وَاعْبُدُوا رَبَّكُمْ وَافْعَلُوا الْخَيْرَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ ۩
Hai orang-orang yang beriman, ruku`lah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu dan perbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan.

(78). وَجَاهِدُوا فِي اللَّهِ حَقَّ جِهَادِهِ ۚهُوَ اجْتَبَاكُمْ وَمَا جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِي الدِّينِ مِنْ حَرَجٍ ۚمِلَّةَ أَبِيكُمْ إِبْرَاهِيمَ ۚهُوَ سَمَّاكُمُ الْمُسْلِمِينَ مِنْ قَبْلُ وَفِي هَٰذَا لِيَكُونَ الرَّسُولُ شَهِيدًا عَلَيْكُمْ وَتَكُونُوا شُهَدَاءَ عَلَى النَّاسِ ۚفَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَاعْتَصِمُوا بِاللَّهِ هُوَ مَوْلَاكُمْ ۖفَنِعْمَ الْمَوْلَىٰ وَنِعْمَ النَّصِيرُ
Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu, dan (begitu pula) dalam (Al Qur'an) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia, maka dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia adalah Pelindungmu, maka Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong.

Keterangan +- ;
@ لَعَلَّْ dalam alquran ma'nanya '' menunjukkan kata pasti '' bukan berarti andaikata..

@ dalam kitab tafsir jamal
JIHAD adalah mencurahkan kemampuan(tenaga/materi) untuk sesuatu yang dirihoi Allah, baik berupa perang atau lainnya.
Contoh jihad adalah menafkahi anak dan istri supaya tenang dalam beribadah.
Jihad yang lebih utama adalah jihad memerangi hawa nafsu dan ini pahalanya lebih besar dari pada pahalanya jihad perang.
- contoh jihad yang lain adalah menafkahi anak istri
- mengajar ilmu agama .

@ Seorang islam tidak boleh menjadikan orang kafir sebagai ''pemimpin''
- kenapa saat ini bisa terjadi sebab Orang islam kurang bersatu dan banyaknya orang islam yang berebutan menjadi seorang pemimpin, dan kepintarannya orang islama tanpa didasari keimanan.

@ Islam melarang perpecahan '' berarti bila islam sekarang dipecah'' menjadi golongan '' maka ini menunjukkan keharamannya. Dan banyak orang pintar islam yang menghendaki sebagai seorang pemimpin,.
- maka supya kedepannya Islam bersatu supaya kompak 

'' ORANG ISLAM SELAMA AKAL MASIH ADA TETAP WAJIB SHOLAT '' 
- tapi kbnyakan saat ini baru sakit sedikit saja/ yg berada dirumah sakit banyak yang meninggalkan sholat.

'' WALAUPUN KYAI TAPI TIDAK MANUT ALQURAN DAN HADITS TETAP SALAH''
- jangan punya anggapan bhawa styap kyai/ ulama adalh ahli surga,. Mak cocokkanllah dengan quran hadits untuk menilai orang itu baik / benarnya.

Beberapa contoh golongan yang saat ini ada di indonesia ;

dr Charuriyah nomer 
1. الْأَزْرَقِيَــة (AL-AZROQIYAH)
قَالُـوْا : لَانَعْلَمُ أَحَدًا مُؤْمِنًا وَكَفَّـــرُوْا أَهْــلَ الْقِبْــلَةِ اِلَّا مَنْ دَانَ بِقَــوْلِهِـمْ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦١}
Berkeyakinan bahwa : kami tidak tahu bahwa orang-orang itu beriman atau tidak , dan mereka mengkafirkan ahli kiblat (orang islam) kecuali orang yang tunduk pada i'tikad mereka.
walaupun mereka islam, tapi mereka menuduh orang lain kafir, maka menurut mereka boleh dibunuh serta menganggap termasuk sebagian dari jihad. Contoh;
+semua pejabat pemerintah/aparatur negara dianggap thogut/kafir.
Menurut ASWAJA :
Siapa orang yang menuduh orang murtad/kafir pada orang mu'min/islam maka sifat kekafiran tesebut kembali pada orang yang menuduh. Berdasarkan hadits :

مَنْ قَالَ لِأَخِيــْـهِ كَافِـــرًا فَـقَـــدْ بَاءَ عَـلَيـْــهِ
Artinya : “ Orang yang mengatakan kafir pada saudaranya (yang islam) maka kekafiran tersebut kembali pada dirinya sendiri “.
Dalam kitab سُلَّمُ التَّوْفِيْق :
mengatakan orang islam lain dengan kata-kata kafir, maka sifat kekafiran tersebut kembali pada dirinya sendiri . walaupun ada seseorang yang sholatnya jarang, dalam arti kadang solat terkadang tidak, tetap tidak boleh dikatakan orang kafir.

almurjiah nomer 
11 . 
الظَّاهِـــرِيَة (ADZ-DHOHIRIYAH)
الَّذِيْنَ نَفَــوْا الْقِيَــاسَ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٢}
Berkeyakinan bahwa : dalam agama islam tidak ada QIYAS (menyamakan sesuatu pada sesuatu yang lain karena ada titik persamaan diantara kedua perkara tersebut)
Menurut ASWAJA :
Dalam agama islam qiyas itu tetap ada, sebab pedomannya orang islam itu ada 4 : Al-qur’an, Chadist, Ijma’ dan qiyas. Berdasarkan :

يَاۤ اَيُّهَاالَّذِيْنَ اٰمَنُــوْا أَطِيْعُــوْا اللهَ وَأَطِيْـعُــوْا الرَّسُــــوْلَ وَاُولِى الْاَمْـــرِ مِنْكُــمْ فَاِنْ تَنَازَعْتُمْ فِيْ شَيْءٍ فَــرُدُّوْهُ اِلَى اللهِ وَالرَّسُـــــوْلِ اِنْ كُنْتُمْ تُــؤْمِنُــوْنَ بِاللهِ وَالْيَــوْمِ الْاٰخِـــرِ ﴿ النســـــاء : ٥۹﴾

Artinya +- : 
“ wahai orang-orang yang beriman ! taatilah Allah dan taatilah Rosul (Muchammad) dan Ulil amri (pemegang kekuasaan) diantara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah(Al-qur’an) dan Rosul (sunnahnya) jika kamu beriman kepada Allah dan hari akhir”.

12. 
البِــدَعِيَــة (AL-BIDA’IYAH)
أَوَّاُ مَنْ ابْتَدَعَ هــذِهِ الْأَحْــدَاثَ فِى هــذِهِ الأُمَّةِ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٢}
Berkeyakinan bahwa : di dalam agama islam boleh melakukan bid'ah, mereka orang-orang pertama kali yang mengadakan bid’ah.
Menurut ASWAJA : 
- Imam syafi'i membagi bid'ah dalam 2 bentuk yakni umum dan khusus. 
1. BID'AH UMUM 
مَالَمْ يَكُنْ فِيْ عَهْـــدِ رَسُــــوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلــم وَلَا فِيْ عَهْـــدِ الصَّحَــابَةِ عِبَادَةً اَوْ عَادَةً
Artinya : 
tindakan atau amalan yang tidak ada di zaman Rosulullah SAW dan tidak ada di zaman Shohabat, baik tindakan ibadah atau adat.
Bid’ah umum ini menurut الشيخ الإمام أبــو محمد بن عبــد الســلام dibagi menjadi 5 :
Bid’ah wajibah.
Seperti : menulis Al-qur’an, menulis ilmu syari’at islam, jika dikhawatirkan tersia-sia, mengarang kitab-kitab agama islam yang dibutuhkan oleh masyarakat, hanya saja wajibnya wajib kifayah bukan wajib ‘ain, belajar ilmu nahwu shorof dan sebagainya.
Bid’ah muharromah.
Seperti :cukai/pajak.
Bid’ah makruhah.
Seperti : menghiasi masjid, mengkhususkan qiyamullail (sholat sunnah malam) di malam jum’at, makan dengan tangan kanan memakai sendok tangan kiri memakai garpu.
Bid’ah mandubah/sunnah/mustachabah.
Seperti : melakukan sholat tarawih berjamaah, membangun pondok pesantren, madrasah dan semua tindakan yang baik yang tidak dikenal atau diketahui di zaman yang pertama yaitu zamannya Rosulullah SAW dan sahabat.
Bid’ah mubahah.
Seperti : jabat tangan setelah sholat fardhu ashar dan subuh. Sebab setelah sholat itu diperintahkan supaya berdzikir kepada Allah.
لقوله تعالى : قَاِذَافَـــرَغْتَ فَانْصَبْ
Artinya : “ jika kamu sudah selesai sholat, maka berdo’alah”.

2.BID'AH KHUSUS
الزِّيَادَةُ فِى الدِّيْنِ اَوِ النُّقْصَانِ مِنْهُ الْحَادِثَانِ بَعْدَ الصَّحــَـابَةِ بِغَيْــرِ اِذْنٍ مِنَ الشَّــارِعِ لَا قَــوْلًا وَلَا فِعْلًا وَلَا صَـــرِيْحًا وَلَا اِشَـــارَةً

Artinya :
Bid’ah khusus ialah mengadakan penambahan atau pengurangan dalam agama setelah zamannya Shohabat tanpa ijin dari syar’i yaitu Allah atau Rosulullah SAW (qur’an/hadist) ijin secara perintahan tidak ada dan ijin secara contoh tindakan Nabi tidak ada. 
Yang dimaksud ijin dari syar’i itu tidak cocok dengan dalil agama, contohnya sholat dengan menghadapkan gambarnya dari seorang guru di mukanya, yang berlaku dikalangan sebagian jamaah orang islam sendiri. Musabaqoh tilawatil qur’an . adakah Musabaqoh di zaman Nabi ? kalau 

mengadakan pengurangan /penambahan setelah zamannya Shohabat itu ada ijin syar’i yakni dalil dari agama walau secara isyaroh itu tidak termasuk bid’ah.

Arrofidhoh nomer
5. الإِسْحَــــاقِيَة (AL-ISHAQIYAH)
قَالُوْا إِنَّ النُّبُــوَّةَ مُتَّــصِلَةٌ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَكُلَّ مَنْ يَعْلَمُ عِلْمَ أَهْلَ الْبَيْــتِ فَهُوَ نَبِيٌّ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٣}
Berkeyakinan bahwa : sifat kenabian itu sampai hari qiyamat ada terus, siapa orang yang mempunyai ilmunya ahli bait itu adalah Nabi / (nabi itu ada terus sampe hari qiyamat) dan masih berkeyakinan bahwa masih ada wahyu.
Menurut ASWAJA :
Sifat kenabian / kerosulan sudah putus setelah Nabi Muchammad wafat.
سَيَكُـــوْنُ فِيْ اُمَّتِيْ ثَلَاثُــوْنَ كَذَّابُـــوْنَ كُلُّهُمْ يَــزْعَــمُ اَنَّهُ نَبِــيٌّ وَاَنَا خَاتَمُ النَّبِيِّــيْنَ وَلَا نَبِــيَّ بَعْـــدِيْ . رواه التــرمذى
Artinya : 
akan ada pendusta 30 orang, semua mendakwakan bahwa ia Nabi, aku (Nabi) adalah penutup dari Nabi-Nabi, tiada Nabi setelah aku.

'' RUSAKNYA RAKYAT DISEBABKAN RISAKNYA PEJABAT, DAN RUSAKNYA PEJABAT DISEBABKAN RUSAKNYA ULAMA, dan rusaknya ULAMA SEBAB MENCINTAI DUNIA ''

@ certa ttg shohabat mu'ad bin jabal 
+- dimana rosul tindak , sahabat tersebut selalu mengikuti, lalu pada suatu hari sahabat tersebut tidak ada ketika sholat jumat,. Lalu rosul menayakan nya .sahabta menjawab bahwa kedatangan tamu '' yuhana bin balya'' dr yahudi mau nagih hutang 28 gr emas. Sbb bila bertemu penagih akan ditagih hutangnya.
'' lalu diberi amalan yang bila punya banyak hutang walaupun segunung emas maka akan disarutang Allah. 
Amalannya adalah ;

ali imron ayat 26 -27 dibaca setyap hari 

'' rohmana dunnya wa rokhimahuma tu' wal akhiroh iqdi 'ani dayni ''

@ bila ada orang mengamalkan hal itu tapi koq belum diijabahi supaya mawas diri.
- banyak dosa 
- kurang mendekat diri kepada Allah
- dan mendekatnya kepada Allah hanya disaat susah belaka. 
- saat membaca wiridan tersebut harus '' IKHLAS'' .
- jangan punya perasangka buruk pada Allah ( karena belum disembadani )
- hilangkanlah penyakit hati ( ujub,riya, dengki',hasud, sombong dsb)

@ syaidina utsman
+- siapa orang yang mengaji/menuntut ilmua sudah digolongkan menjadi orang yang TAQWA . 

@ Siapa orang yang berniat kebaikan walaupun belum melaksanakan kebaikan tersebut sudah ditulis 10 kebaikan, dan bila orang berniat jelek malaikat tidak akan mencatat niatan tersebut. 

أَسْتَغْفِرُاللَّهْ رَبَّ الْبَرَايَا أَسْتَغْفِرُاللَّهْ مِنَ الْخَطَايَا‎ ‎
رَبّـِيْ زِدْنِيْ عِلْمًا نَافِعَا وَوَافِقْنِيْ عَمَلاً مَقْبُوْلا

1. ya allah maha murah nyuwun ilmu 'amal 
ingkang katah sarto manfaat
yaumal qiyamah kantuk syafa'at

2. ya alloh maha suci nyuwun 'ilmu amal
ingkang suci lan ingkang katampi
yaumal qiyamah kumpul gusti nabi

3. Ya alloh moho akbar mugi pareng dateng 
kito watak taqwo soho shobar
mugi waged amar ma'ruf nahi munkar

4. Ya alloh moho murah nyuwun 'ilmu amal 
ingkang katah sartho manfa'at
mugi akhir kito khusnul khotimah

'' Walaupun dhohinya bekerja tapi niatilah hasilnya untuk ibadah ''
- hatinya jangan kemprungsung dalama bekerja . Dan yakinlah Allah sudah memberi rezeki pada setyap makhluqnya. 

محمد بشر لا گالبشر
بل هو گالياقوت بين الحجر

1. Rizkine diumpamakano koyo bayangane,
yen diburu mlayu yen ditinggal ngetotake
2. Mulo yen golek rezki seng alon'' wae ,
wajibe usaha gusti allah kang nentokke,.
3. Sopo golek rezki koq ngongso mesthi rusake,
yen ora bandane mesthi rusak agamane.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ العَا لَمِيْن

5. Facebook

https://m.facebook.com/groups/134905726634542

Muga" manfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar