Kh.Abdul mu'thi
Pondok pesantren Annajach
Koripan, Tegalrejo
Magelang
Rabu.24 Maret 2015
Pondok pesantren Annajach
Koripan, Tegalrejo
Magelang
Rabu.24 Maret 2015
2.Download Audio pengajiannya ANNAJACH.mp3
Klik link dbawah. ;;
( 16.43 MB )
Klik link dbawah. ;;
( 16.43 MB )
3. Ringkasan Materi
Rabu,24Maret2015
@ AR ROFIDHOH
4. Ishaqiyah
Golongan yg berkeyakinan bahwa sifat kenabian itu sampe hari qiyamat ada terus, siapa org yg puny ilmuny ahli baet itu adlh nabi. (nabi itu ada trus sampe hari qiyamat) dan masih berkeyakinan bhw masih ada wahyu ( Ind;AHMADIYAH).
ASWJ ;
sifat kenabian /kerosulan sudah putus setelah nabi muhammad wafat,.
Golongan yg berkeyakinan bahwa sifat kenabian itu sampe hari qiyamat ada terus, siapa org yg puny ilmuny ahli baet itu adlh nabi. (nabi itu ada trus sampe hari qiyamat) dan masih berkeyakinan bhw masih ada wahyu ( Ind;AHMADIYAH).
ASWJ ;
sifat kenabian /kerosulan sudah putus setelah nabi muhammad wafat,.
@ Kitab sulam taufiq siapa org yg berkeyakinan sampe hari qiyamat ada nabi/wahyu maka org itu MURTAD.
@ mu'zizat dan wahyu skrng sdh tdk ada ,.
+ Wahyu = pengertian/inspirasi dr allah yg diberikan kpd nabi lewat malaikat jibril,
+ ilham = pengertian/inspirasi dr allah yg diberikan kpd wali lwt malaikat kandias.
+ karomah = kelebihan yg diberikan kpeada ulama
+ Wahyu = pengertian/inspirasi dr allah yg diberikan kpd nabi lewat malaikat jibril,
+ ilham = pengertian/inspirasi dr allah yg diberikan kpd wali lwt malaikat kandias.
+ karomah = kelebihan yg diberikan kpeada ulama
@ orang itu tidak sempurna imannya bila dalam mencintai rosul dan Allah masih dikalahkan oleh cintanya kp anak dan istri jg makhluk lainnya,.
@ Sbgian dr golongan kharuriyah
1. AZROQIYAH ( INA ; jamaah islamiyah )
berkeyakinan bahwa saya tdk yakin bhw org'' itu beriman , dan mereka mengakfirkan ahli kiblat kec. Org yg tunduk pada i'tikad mereka.
Menuduh org lain kafir maka boleh dibunuh. Dan menganggap termasuk sbgian dr jihad.
+semua pejabat pemerintah/aparatur negara dianggap thogut/kafir.
ASWJ ;
siapa org yg menuduh org murtad/kafir pd org mu'min/islam maka kafir/murtadny balek pd org yg menudh.,
+orang islam yg sholatny glah gleh tidak boleh diarani kafir,.
+Bila mengatakan kafir kpd orang islam lain maka sifat kafirny aqan kembali pada diriny sendiri.,
berkeyakinan bahwa saya tdk yakin bhw org'' itu beriman , dan mereka mengakfirkan ahli kiblat kec. Org yg tunduk pada i'tikad mereka.
Menuduh org lain kafir maka boleh dibunuh. Dan menganggap termasuk sbgian dr jihad.
+semua pejabat pemerintah/aparatur negara dianggap thogut/kafir.
ASWJ ;
siapa org yg menuduh org murtad/kafir pd org mu'min/islam maka kafir/murtadny balek pd org yg menudh.,
+orang islam yg sholatny glah gleh tidak boleh diarani kafir,.
+Bila mengatakan kafir kpd orang islam lain maka sifat kafirny aqan kembali pada diriny sendiri.,
6 KAWAZIYAH(ina; LDII)
berkeyakinan bahwa kelompok ini tidak boleh bersenggolan dgn kelompok lain , sbb mereka tidak bisa membedakan mana yg suci dan mana yg najis juga mana yg halal dan haram. Dan tidak boleh mengumpuli makan sehingga ia bertobat dan mandi dahulu.
Aswj ;
tidak boleh spt itu, wlpun bertemu islam lain yg sholatny glah gleh tetep disunatkan salaman (yg kencang) bila salaman mung nyenggol (makruh)
berkeyakinan bahwa kelompok ini tidak boleh bersenggolan dgn kelompok lain , sbb mereka tidak bisa membedakan mana yg suci dan mana yg najis juga mana yg halal dan haram. Dan tidak boleh mengumpuli makan sehingga ia bertobat dan mandi dahulu.
Aswj ;
tidak boleh spt itu, wlpun bertemu islam lain yg sholatny glah gleh tetep disunatkan salaman (yg kencang) bila salaman mung nyenggol (makruh)
8. SYAMROKHIYAH
golongan yg berkeyakinan bahwa boleh menyentuh seorang perempuan sbb perempuan itu sbg bungany laki'' didunia, (memperbolehkan sileh''an bojo) .
+daerah jogja dan solo ada
aswj ;
tetep haram sbb sesuatu yg haram dilihat lebih haram bila disentuh/dipegang.,
@melihat wanita bukan mahram bila
+ngerti/weruh = sak keclapan /sepintas ( ra doso)
+mandeng/delok = namatake kanthi tenanan (dosa)
golongan yg berkeyakinan bahwa boleh menyentuh seorang perempuan sbb perempuan itu sbg bungany laki'' didunia, (memperbolehkan sileh''an bojo) .
+daerah jogja dan solo ada
aswj ;
tetep haram sbb sesuatu yg haram dilihat lebih haram bila disentuh/dipegang.,
@melihat wanita bukan mahram bila
+ngerti/weruh = sak keclapan /sepintas ( ra doso)
+mandeng/delok = namatake kanthi tenanan (dosa)
@ AL MURJIAH
11. Addhohiriyah ( MUHAMMADIYAH )
golongan yg berkeyakinan bahwa dalam agama islam tdk ada QIYAS(menyamakan sesuatu pd sesuatu yg lain krn ada titik persamaan diantara kedua perkara tsb)
aswj ;
peganganny ALQURAN,HADITS,IJMA' & QIYAS
CONTOH qiyas yaitu dlm berzakat klo zaman dulu makai gandum & kurma zaman sekarang memakai beras . Sama sama ddlam bahan pangan.
golongan yg berkeyakinan bahwa dalam agama islam tdk ada QIYAS(menyamakan sesuatu pd sesuatu yg lain krn ada titik persamaan diantara kedua perkara tsb)
aswj ;
peganganny ALQURAN,HADITS,IJMA' & QIYAS
CONTOH qiyas yaitu dlm berzakat klo zaman dulu makai gandum & kurma zaman sekarang memakai beras . Sama sama ddlam bahan pangan.
12. Al bidaiyah ( NU )
berkeyakinan bahwa di dalam agama islam boleh melakukan bid'ah.
Aswj ;
Imam syafii = bid'ah itu ada 2, umum dan khusus,.
*bid'ah Umum = tindakan/amalan yg tdk ada dzaman rosul dan sahabat, baik tindakan ibadah/adat,.
berkeyakinan bahwa di dalam agama islam boleh melakukan bid'ah.
Aswj ;
Imam syafii = bid'ah itu ada 2, umum dan khusus,.
*bid'ah Umum = tindakan/amalan yg tdk ada dzaman rosul dan sahabat, baik tindakan ibadah/adat,.
@ jangan sampai seorang guru mengajarkan sifat hasud pada santrinya,.
@KEBANYAKAN KYAI MEPUNYAI SIAFAT TERCELA PENGEN DIAKUI OLEH MASYARAKAT,.
@ Tatalah niat sebelum mengaji supaya menjadi orang beruntung,.
@ didunia seakan akan WANITA menjadi orang yg kalahan,. TAPI ketahuilah besok laki lakilah yang banyak hisabnya,.
@ babagan sholat jama' @
@sholat qoshor adalah meringkas sholat 4 rekaat menjadi 2 rekaat
+ sholat jama' adalah mengumpulkan 2 sholat di satu waktu
mis ; sholat duhur ashar dilakukan diwaktu dhuhur (jama' taqdim)
+ sholat jama' adalah mengumpulkan 2 sholat di satu waktu
mis ; sholat duhur ashar dilakukan diwaktu dhuhur (jama' taqdim)
@SHOLAT QOSHOR
+abu dawud addhohiri
perjalanan jauh/dekat boleh melakukan sholat qoshor
+abu dawud addhohiri
perjalanan jauh/dekat boleh melakukan sholat qoshor
@ aktsarul ulama
ada syarat''ny ;
1. Bepergianny tidak ma'siat (nyarutang ,silaturahmi dsb)
2. Jarakny 16 farsakh (5,65 KM ) ulama berpendapat ada yg 85KM/89KM/80KM keatas ( ibanatul ahkam )
3: sholat bangsa 4rekaat yg ada' (diwaktuny)
4. Niat qoshor ketika takbiratul ikhram
(niat ingsun sholat jama' duhur ashar ma'mum lillahita'ala)
ada syarat''ny ;
1. Bepergianny tidak ma'siat (nyarutang ,silaturahmi dsb)
2. Jarakny 16 farsakh (5,65 KM ) ulama berpendapat ada yg 85KM/89KM/80KM keatas ( ibanatul ahkam )
3: sholat bangsa 4rekaat yg ada' (diwaktuny)
4. Niat qoshor ketika takbiratul ikhram
(niat ingsun sholat jama' duhur ashar ma'mum lillahita'ala)
@ syarat jama' taqdim
1. Melakukan solat dhuhur diwaktu duhur baru sholat ashar ( tertib )
2. Niat jama' sholat disholat yg pertama. ketika niat bareng takbirotul ikhram.,
3. Muwalah/terus menerus. (tidak boleh diselingi wiridan)
4. Masih didalam perjalanan.,
5. Sholat yang pertama harus benar'' yaqin syah sholatny,.
1. Melakukan solat dhuhur diwaktu duhur baru sholat ashar ( tertib )
2. Niat jama' sholat disholat yg pertama. ketika niat bareng takbirotul ikhram.,
3. Muwalah/terus menerus. (tidak boleh diselingi wiridan)
4. Masih didalam perjalanan.,
5. Sholat yang pertama harus benar'' yaqin syah sholatny,.
@ syarat jama' takhir
1.menjatuhkan Niat sebelum waktu sholat duhur habis, kalo ingin jama' takhir di waktu ashar.
2. Tidak wajib tertib/muwalah jadi boleh ashar dulu baru dhuhur bgtupn sbalikny.,
3. Tidak wajib niat jama' tapi bagusny niat jama'
1.menjatuhkan Niat sebelum waktu sholat duhur habis, kalo ingin jama' takhir di waktu ashar.
2. Tidak wajib tertib/muwalah jadi boleh ashar dulu baru dhuhur bgtupn sbalikny.,
3. Tidak wajib niat jama' tapi bagusny niat jama'
@ hukumny ziaroh kubur sunah bagi laki'' dan allah aqan melaknati bagi wanita yang ziaroh kubur walaupun ada kitab yang menrangkan makruh,.
@ SHOLAT BISA MENJADI TANDA TANDA IMAN DAN MERUPAKAN BENDERA ISLAM,.
@ SHOLAT ITU KEDUDUKANYA SEPERTi HATI, dimana shoalatnya bagus maka bagus pula tindakannya,. Dan bila sholat nya jelek maka jelek pula kelakuaannay,.
@ syarat syarat TOBAT ;
1 . Menyesali perbuatan jelek
2. Azam selamanya aqan berbuat baik
3. Meninggalakan perbuatan jelek
4. Bila ada haqul adami hrus diselesaikan,.
1 . Menyesali perbuatan jelek
2. Azam selamanya aqan berbuat baik
3. Meninggalakan perbuatan jelek
4. Bila ada haqul adami hrus diselesaikan,.
@ ruhnya orang mati yang mu'min ;
1. Dalam waktu 1 bulan mengellilingi rumahnya,.
Melihat keluarga yg ditnggal apakah rukun/tidak dan bila punya hutang sdh disarutang/ belum,.
2. DALAM WAKTU 1 TAHUN
melihat apakah ada yg ziaroh atau tidak
3. Stelah itu semua bila ruhnya baik maka aqn naik kesurga illiyn tp bila jelek aqan turun ke neraka sijjin
1. Dalam waktu 1 bulan mengellilingi rumahnya,.
Melihat keluarga yg ditnggal apakah rukun/tidak dan bila punya hutang sdh disarutang/ belum,.
2. DALAM WAKTU 1 TAHUN
melihat apakah ada yg ziaroh atau tidak
3. Stelah itu semua bila ruhnya baik maka aqn naik kesurga illiyn tp bila jelek aqan turun ke neraka sijjin
@hadits dr sohabt abu bakar;
bahwa Arwah
1. para nabi dan rosul bertempat jannatuul adn
ulama menempati jannatul firdaus
2. syuhada menempati jannatul 'illiyin dan aqan terbang sesuka hati
mu'min yg punya dosa aqan menenpati awang'' antara langit dan bumi
3. Arwah anak'' kecil dr orang mu'min aqan menempati gunung yg terbuat dr misik
4. Arwah KAFIR bertempat dineraka sijjin dan aqan diseksa hingga hari qiyamat
bahwa Arwah
1. para nabi dan rosul bertempat jannatuul adn
ulama menempati jannatul firdaus
2. syuhada menempati jannatul 'illiyin dan aqan terbang sesuka hati
mu'min yg punya dosa aqan menenpati awang'' antara langit dan bumi
3. Arwah anak'' kecil dr orang mu'min aqan menempati gunung yg terbuat dr misik
4. Arwah KAFIR bertempat dineraka sijjin dan aqan diseksa hingga hari qiyamat
@ arwah para mu'min yg blum mndpt pengampunan dr Allah maka aqan brd diawang'' yg tetp berada di''tahanan''
arrodifdhoh
9. tanashukhiyah
berkeyakinan bahwa nyawa itu bisa nempel pd jasad org lain yg sdh mati, umapama org yg hidup itu miskin dan yg mati itu kaya, maka aqan membuat kaya org miskin yg masih hidup,.
Aswj ;
org itu klo sdh mati maka sdh tdk bisa kemana mana,
Aswj ;
org itu klo sdh mati maka sdh tdk bisa kemana mana,
@mati adlh keluarny ruh dr jasad.
صَلاَةُ اللَّهْ سَلاَمُ اللَّهْ # عَلىَ طَهَ رَسُوْلِ اللَّه
صَلاَةُ اللَّهْ سَلاَمُ اللَّهْ عَلىَ يَسٓ حَبِيْبِ اللَّهْْ
صَلاَةُ اللَّهْ سَلاَمُ اللَّهْ عَلىَ يَسٓ حَبِيْبِ اللَّهْْ
1. arwah kang ono zaman kelanggemgan biso penak kepenak nganggo lantaran
2. Kanthi usahane kang ditinggal mati koyo dene kirem wacan quran suci
3. Mulo siro ahli waris do retio opo maneh siro kang tunggal agomo,.
2. Kanthi usahane kang ditinggal mati koyo dene kirem wacan quran suci
3. Mulo siro ahli waris do retio opo maneh siro kang tunggal agomo,.
@ ZIAROH KUBUR ASALNYA DILARANG ,. Sbb belum tahu tata cara ziaroh,. LALU ROSUL PERINTAH ZIAROAH,. Sbb para sahabat sdh tahu tata cara ziaroh,.
@ begitu manusia lahir dibumi manusia sdh dtitipi 2 ,. Yaitu
malaikat ilham dihati kanan dan setan was was dihati kiri,. Maka bila manusia mati bila ada orang yg melakukan '' SETRUMAN '' itu adalah setan yg menyerupai manusia yg mati tsb,.
malaikat ilham dihati kanan dan setan was was dihati kiri,. Maka bila manusia mati bila ada orang yg melakukan '' SETRUMAN '' itu adalah setan yg menyerupai manusia yg mati tsb,.
@ walaupun ziaroh kubur dan kirem doa dr rumah sama sama bisa sampai, tapi bila langsung dtang kekubur itu lebih utama sbb ahli kubur bisa melihat satu per satu orang yang datang ke kubur tsb,.
اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ العَا لَمِيْن
4. Facebook
Muga" manfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar