Kh. Abdul mu'thi
🌈Ponpes Annajach🌈
Magelang koripan
Rabu.18April2017
1. 💿Klik Blog📀
Http://ponpesannajach.Blogspot.com/
Http://toharhar.blogspot.com/
2. 📡Download 📣Audio pengajian
Klik link dbawah. ;
( 16.24 Mb )
https://www.mediafire.com/download/8d2mbtxqxom91a3
3. 🎥YOUTUBE🎥
https://www.youtube.com/channel/UCNIYNn8Bg-z25yixvBBgBhA
4. Ringkasan materi
Rabu.18April2017
@ MONGGO SARENG2 NOTO NIAT NGAJI mugi'' pikantuk ilmu nafi' ( manfaat ) lan dadosaken lantaran kawilujengan kitho sedoyo fi dunya wal akhirot. Amiin.
@ MONGGO SARENG2 NOTO NIAT NGAJI mugi'' pikantuk ilmu nafi' ( manfaat ) lan dadosaken lantaran kawilujengan kitho sedoyo fi dunya wal akhirot. Amiin.
AL JABRIYAH
الجَبْــــــرِيَة
5. المَنَّانِيَــة (AL-MANNANIYAH)
قَالُـوْا عَلَيْكَ بِمَا يَخْطُـــرُ بِقَلْبِــكَ فَافْعَلْ مَا تَوَسَّمْتَ مِنْهُ الْخَيْـــــرَ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٣}
Berkeyakinan bahwa : kamu sekalian supaya menetapkan/melakukan apa saja yang tersirat dihati yang kamu anggap bagus. Menurut ASWAJA :
Sesuatu yang tersirat dihati ada yang baik dan ada yang buruk. Jadi jangan langsung diikuti atau dilakoni,
@ KHOTIR/ KATA HATI ADA 4 :
1. KHOTIR ROHMANI
adalah khotir (kata/siratan hati) yang datangnya dari Allah langsung.
Tandanya khotir tersebut tidak bisa dicegah menggunakan apapun, dan pasti berupa perkara yang baik.
2 .KHOTIR MALAKI
adalah khotir yang datangnya dari Malaikat yang menjadi delegasi/diperintah Allah.
Tandanya bila akan melakukan khotir tersebut masih ada ketergantungan dan pasti berupa perkara yang baik.
3. KHOTIR SYAITHONI
adalah khotir yang datangnya dari Syaitan dan pasti berupa kejelekan.
4. KHOTIR NAFSI
adalah khotir yang datangnya dari watak / keinginan yang timbul dari diri sendiri bisa berupa barang yang baik dan bisa berupa barang yang jelek.
@ +- PERKARA APABILA MASIH ADA KEBIMBANGAN ( ANTARA BAIK DAN JELEK ) MAKA TINGGALKANLAH DAN AMBILLAH YANG DIYAKINI.
6. الكَسْبِــــيَة (AL-KASBIYAH)
قَالُـوْا لَايَكْتَسِبُ الْعَبْدُ ثَوَابًا وَلَاعِقَــابًا {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٣}
Berkeyakinan bahwa : manusia itu tidak bisa mencari pahala dan tidak bisa mencari siksa.
Menurut ASWAJA :
Manusia bisa mencari pahala dan juga bisa mendapat siksaan sesuai dengan amalnya.
وَاِنْ تُــؤْمِنُــوْا وَتَـــتَّــقُــوْا فَلَكُمْ اَجْــرٌ عَــظِيْــــمٌ ﴿ال عــمـــران : ۱۷۹﴾
Artinya +- :
“ jika kamu beriman dan bertaqwa, maka kamu akan mendapat pahala yang besar”.
مَنْ يَّعْمَلْ سُـــوْءًا يُجْـــزَ بِهِ ﴿النســــــاء : ١٢٣﴾
Artinya +- :
“ barang siapa mengerjakan kejahatan, niscaya akan dibalas sesuai dengan kejahatan itu”.
@ Orang yang merasa dirinya tidak punya kesalahan maka orang ini termasuk sejelek jeleknya Orang , tapi orang yang merasa dirinya punya salah maka termasuk orang yang bisa diharapkan kebaikannya .
@ Barang siapa beramal jangan mengharap ganjaran, sebab sudah otomatis apabila melakukan perintah agama maka ganjaran akan timbul, jadi tidak perlu niti niti seberapa ganjaran yang didapat apabila melakukan kebaikan.,
- ibarat nya garam sdh pasti asin , gula sudah pasti manis , dsb. Jadi taqwa( karena iman ) pasti ada ganjaran.
'' BISO'O RUMONGSO OJO RUMONGSO BISO''
- sebab bila merasa dirinya bisa PAsti timbul sifat sombong.
@ Orang yg melakukan DOSA aqan melarati pada diriya sendiri ,.
+cthnya hal itu aqan trlihat pd saat bekerja, trus mengalami kegagalan walaupun mencoba bekerja , ( solusi ; perbanyak istighfar )
7. السَّــــابِقِيَة (AS-SABIQIYAH)
قَالُـوْامَنْ شَاءَ فَالْيَــعْمَلْ وَمَنْ شَاءَ فَلَا يَعْمَلْ فَإِنَّ السَّـعِيْـــــدَ لَاتَضُــــرُّهُ ذُنُـــوْبُهُ وَالشَّقٰى لَا يَنْــفَعُ بِــرُّهُ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٣}
Berkeyakinan bahwa : orang itu bisa bertindak semaunya, karena orang yang sudah ditakdir menjadi orang yang beruntung maka bertindak jelekpun tidak ada bahaya baginya dan orang yang ditakdir celaka maka bertindak kebaikanpun juga tidak ada manfaatnya.
Menurut ASWAJA :
Orang hidup di dunia ini sudah ada aturannya, Siapa orang yang patuh perintah Allah bakal mendapat pahala dan siapa orang yang melanggar aturan Allah akan mendapat siksa dan masuk neraka, bejo (keberuntungan) dan ciloko (kecelakaan) memang sudah ditakdir Allah, tapi manusia diberi usaha untuk menjadi orang yang bejo(beruntung) /ciloko.
@ SEMUA MANUSIA AQAN BERTINDAK SESUAI WATAKNYA SENDIRI SENDIRI,
- kalau emang ruh itu bahagia pasti akan bertindak yang menyebabkan beruntung dan dsti akan tampak kelakuan'' yang baik, - Dan biila nyawa itu jelek Pasti aqan bertindak jelek yang menyebabkan mendapat siksanya Allah.,
أَتَانِيْ جِبْرِيْلُ عَلَيْهِ السَّلَامُ ، فَقَالَ: يَا مُحَمَّدُ عِشْ مَا شِئْتَ فَإِنَّكَ مَيِّتٌ ، وَأَحْبِبْ مَنْ شِئْتَ فَإِنَّكَ مَفَارِقُهُ ، وَاعْمَلْ مَا شِئْتَ فَإِنَّكَ مَجْزِيٌّ بِهِ ، ثُمَّ قَالَ: يَا مُحَمَّدُ شَرَفُ الْمُؤْمِنِ قِيَامُهٗ بِاللَّيْلِ ، وَعِزُّهُ اسْتِغْنَاؤُهُ عَنِ النَّاسِ
+- "Jibril mendatangiku lalu berkata, "Wahai Muhammad! Hiduplah sesukamu, karena sesungguhnya kamu akan mati, cintailah siapa yang kamu suka, karena sesungguhnya engkau akan berpisah dengannya dan berbuatlah sesukamu, karena sesungguhnya engkau akan diberi balasan karenanya." Kemudian dia berkata, "Wahai Muhammad! Kemuliaan seorang mukmin adalah berdirinya dia pada malam hari (untuk shalat malam), dan keperkasaannya adalah ketidakbutuhannya terhadap manusia."
'' TANDANYA CINTA ADALAH THOAT/ MANUT ''
- maka siapa orang mencintai sesuatuu pasti akan tunduk atau patuh pada peraturan yang telah ditetapkan Allah .
'' MANA MANA DI AL-QURAN YANG MENUNJUKKAN ADZAB/ SEKSA MENUNJUKKAN KEHARAMANNYA ''
- Seperti halnya membuat golongan sendiri sendiri ( MIS ; NU/MUHAMMADIYAH ) . Sebab meringkihkan kesatuan agama islam .
وَإِنَّ هَٰذِهِ أُمَّتُكُمْ أُمَّةً وَاحِدَةً وَأَنَا رَبُّكُمْ فَاتَّقُونِ
فَتَقَطَّعُوا أَمْرَهُمْ بَيْنَهُمْ زُبُرًا ۖكُلُّ حِزْبٍ بِمَا لَدَيْهِمْ فَرِحُونَ
@ Dasar larangan perpecahan islam ,.
1. tafsirr Arrozi jus 8 hal 143 dan 148
2. dalam kitab al jame' ahkamil quran karangan imam Alqurtubi
( wa'tashimu bihablillah dst ... )
3. imam fakhrudin Arrozi ngendiko
+- kalau kamu mau jujur , kebanyakan ulamA jaman akhir pada membuat golongan sendiri sendiri ,. Beliau berkata tahun 600 H pdahal skrg tahun 1436 H .
Dasar akan adanya perpecahan golongan 73 .
وعن عـــبــــــد الله بن زيــد عن عبــد الله بن عمــر رضي الله عنهما قال: قال رســـــول الله صلى الله عليــه وسلــــم (( إِنَّ بَنِى إِسْرَائِيْلَ افْتَــرَقُــوْا عَلَى إِحْـــدٰى وَسَبْـــــــــــــــعِيْنَ فِــرْقَةً كُلُّهَا فِى النَّارِ إِلَّا وَاحِدَةً ـ وَسَتَفْتَرِقُ أُمَّــتِى عَلَا ثَلَاثَةٍ وَسَبْـــــعِيْنَ فِــرْقَةً كُلُّــهَا فِى النَّارِ إِلَّا وَاحِـــــدَةً ، قَالُـــوْا وَمَا تِلْكَ الْوَاحِــدَةُ ؟ قَالَ صلى الله عليــه وسلــم : مَنْ كَانَ عَلَى مِثْلِ مَا أَنَا عَلَيْهِ وَأَصْحَابِى ))
8. الحُـبِّــــــيَة (AL-CHUBBIYAH)
قَالُـوْا مَنْ شَـــرِبَ كَأْسَ مَحَبَّةِ اللهِ تَعَالَى سَقَطَتْ عَنْهُ عِبَادَةُالْأَرْكَــانِ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٣
Berkeyakinan bahwa : orang yang minum gelas berisi cinta kepada Allah (orang yang sudah sangat cinta kepada Allah) maka gugurlah kewajiban ibadah anggota badannya. ( Majas mursal )
contoh :
- tidak perlu sholat fardhu karena hatinya sudah cinta pada Allah Menurut ASWAJA :
Orang yang sudah cinta kepada Allah tetap wajib melakukan ibadah anggota badannya, seperti : sholat,zakat,puasa haji dan lain-lain.
@ Orang selama masih ada AKAL maka wajib melakukan sholat,
- lalu bagaimana dengan orang yang sudah PIKUN??
OrANG PIKUN ADALAH orang yang sudah rusak akalnya, maka tidak wajib sholat.
9 الخَــوْفِيَة (AL-KHOUFIYAH)
قَالُـوْا مَنْ أَحَبَّ اللهَ تَعَالَى لَمْ يَسْـــعَهُ أَنْ يَّخَافَهُ لِأَنَّ الْحَبِيْــبَ لَايَخَــافُ حَبِيْبَهُ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٣}
Berkyakinan bahwa :siapa orang yang sudah cinta kepada Allah tidak boleh punya rasa takut kepada Allah, sebab orang yang mencintai tidak boleh takut dengan orang yang dicintai.
Menurut ASWAJA :
Orang yang cinta kepada Allah harus disertai rasa takut kepada Allah.Siapa orang tidak punya rasa takut pasti akan berkelakuan buruk/meremehkan.
Seorang hamba harus punya rasa takut kepada Tuhannya, agar mentaati perintah-perintahNya semampunya dan menjauhi larangan-larangan-Nya.
Contoh :
- istri pada suami, walaupun cinta tetap harus punya rasa takut walaupun suaminya lebih jelek, maka istri tetep wajib menghormati tidak boleh meremehkan.
@syaidina utsman
orang yang mengaji maka sudah dicap Allah sebagai orang yang TAQWA..
- jaminan bisa masuk surga adalah TAQWA
- jaminan BAHAGIA DAN AKHIRAT ADALAH TAQWA
'' SIaPA ORANG YANG TIDAK PUNYA KEYAKINAN MAKA TIDAK AKAN MENDAPATKAN KEMANFAATAN ''
@ hadits +-
Orang yang mendermakan harta Allah pada barang yang tidak HAQ . ( Misal utk kema'siatan ) maka mbesok akan masuk neraka.
- mis ; Urunan dana/ bambu untuk dangdutan, ketoprak, wayangan dsb .
اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ العَا لَمِيْن
5. Facebook
https://m.facebook.com/groups/134905726634542
Muga" manfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar