Kamis, 09 Maret 2017

Rabu. 7Maret2017

Kh. Abdul mu'thi
๐ŸŒˆPonpes Annajach๐ŸŒˆ
Magelang koripan
Rabu. 7Maret2017

1. ๐Ÿ’ฟKlik Blog๐Ÿ“€

Http://ponpesannajach.Blogspot.com/

Http://toharhar.blogspot.com/

2. ๐Ÿ“กDownload ๐Ÿ“ฃAudio pengajian
Klik link dbawah. ;
( 16.24 Mb )

https://www.mediafire.com/download/gqhe9ap6ua5s49e

3. ๐ŸŽฅYOUTUBE๐ŸŽฅ

https://www.youtube.com/channel/UCNIYNn8Bg-z25yixvBBgBhA



4. Ringkasan materi
๐Ÿ“ผ๐Ÿ“ผ
Rabu.7Maret2017
@ MONGGO SARENG2 NOTO NIAT NGAJI mugi'' pikantuk ilmu nafi' ( manfaat ) lan dadosaken lantaran kawilujengan kitho sedoyo fi dunya wal akhirot. Amiin.

AL-MURJIAH
ุงู„ู…ُู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ุฑْุฌِุฆَุฉ

4. ุงู„ุณَّู€ู€ู€ู€ุงู„ِุจِูŠَّุฉ (AS-SALIBIYAH)
ู‚َุงู„ُูˆْุง ุงู„ุทَّุงุนَุฉُ ู„َูŠْุณَุชْ ู…ِู†َ ุงู„ْุฅِูŠْู€ู€ู…َุงู†ِ {ุชูุณู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ูŠุฑ ุงู„ู‚ุฑุทุจู‰، ุฌุฒ : ูค، ุต ูกูฆูข}
Berkeyakinan bahwa : tho’at itu tidak sebagian dari iman.
Menurut ASWAJA :
Tho’at itu menjadi tanda bahwa dirinya beriman, sebab tandanya iman adalah melakukan perintah Allah seperti sholat, puasa, zakat dan sebagainya.

5. ุงู„ุจَู‡ِูŠْู€ู€ู€ุดِูŠَุฉ (AL-BAHISSIYAH)
ู‚َุงู„ُูˆْุง ุงู„ุฅِูŠْู…َุงู†ُ ุนِู„ْู…ٌ ูˆَู…َู†ْ ู„َุงูŠَุนْู„َู…ُ ุงู„ْุญَู‚َّ ู…ِู†َ ุงู„ْุจَุงุทِู„ِ ูˆَุงู„ْุญَู„َุงู„ِ ู…ِู†َ ุงู„ْุญَู€ู€ู€ุฑَุงู…ِ ูَู‡ُูˆَ ูƒَุงูِู€ู€ู€ู€ู€ุฑٌ {ุชูุณู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ูŠุฑ ุงู„ู‚ุฑุทุจู‰، ุฌุฒ : ูค، ุต ูกูฆูข}
Berkeyakinan bahwa : iman adalah ilmu, siapa orang yang tidak mengerti mana barang yang ุญู‚ (benar) dari barang yang ุจุงุทู„ (salah) , barang halal dan barang haram maka orang itu dianggap kafir.
Menurut ASWAJA :
Siapa orang yang tidak bisa membedakan mana barang yang haram dan yang halal maka orang itu tidak kafir, tapi bodoh dalam agama, karena dalam agama diperintahkan ( sangat diwajibkan) untuk belajar ilmu tentang apa saja yang akan dilakukannya agar bisa selamat dari barang yang haram, sebab orang itu jika memakan/memakai barang yang haram, maka do’a-do’anya tidak akan bisa dikabulkan dan akan disiksa.

ู‡ُู€ู€ูˆَ ุชَุตْุฏِูŠْู€ู€ู‚ٌ ูِู‰ ุงู„ْู‚َู„ْุจِ ูˆَุฅِู‚ْู€ู€ู€ْุฑَุงุฑٌ ุจِุงุงู„ِّู„ุณู€ู€ุงู†ِ ูˆَุนَู…َู€ู€ู€ู€ู€ู„ٌ ุจِุงู„ْุฃَุฑْูƒَุงู†ِ ุงู„ุฅِูŠْู…َุงู†ُ
Iman adalah keyakinan/kemantaban hati, di ucapkan dengan lesan dan di amalkan dengan perbuatan anggota badan.

@ Qoum bahiyyah
adalah qoum yang berusaha menyatuukn nasrani, yahudi ,dan isla,.
- perintis uxapan /ajakan selamat pagi /sore/ malam orang yahudi.

@ wanita yang msih punya Rasa Malu masih bisa diharapkan kebaikannyaa.,

6. ุงู„ุนَู…َู„ِูŠู€َู€ู€ู€ู€ู€ุฉ (AL-‘AMALIYAH)
ู‚َุงู„ُูˆْุง ุงู„ْุฅูŠْู…َู€ู€ู€ู€ุงู†ُ ุนَู…َู„ٌ {ุชูุณู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ูŠุฑ ุงู„ู‚ุฑุทุจู‰، ุฌุฒ : ูค، ุต ูกูฆูข}
Berkeyakinan bahwa : iman adalah amal, maka siapa saja orang yang tidak amal maka tidak iman.
Menurut ASWAJA :
-Iman tidak amal dinamakan orang FASEQ.
-Dan amal tanpa iman dinamakan MUNAFEQ.

ู‡ُู€ู€ูˆَ ุชَุตْุฏِูŠْู€ู€ู‚ٌ ูِู‰ ุงู„ْู‚َู„ْุจِ ูˆَุฅِู‚ْู€ู€ู€ْุฑَุงุฑٌ ุจِุงุงู„ِّู„ุณู€ู€ุงู†ِ ูˆَุนَู…َู€ู€ู€ู€ู€ู„ٌ ุจِุงู„ْุฃَุฑْูƒَุงู†ِ ุงู„ุฅِูŠْู…َุงู†ُ
Iman adalah keyakinan/kemantaban hati, di ucapkan dengan lesan dan di amalkan dengan perbuatan anggota badan.

@ Isi atau kandungan iman adalah :
1. Meyakini di dalam hati
2. Pengakuan Lisan (mengakui)
3. Pengamalan anggota badan
Maka bila tidak amal, dikatakan orang yang imannya tidak sempurna.

ุงู„ุฅِูŠْู…َุงู†ُ ุนُู€ู€ู€ู€ู€ุฑْูŠَุงู†ٌ ูˆَู„ِุจَุงุณُู‡ُ ุงู„ุชَّู‚ْู€ู€ู€ูˆَู‰ ูˆَุฒِูŠْู€ู€ู€ู†َุชُู‡ُ ุงู„ْุญَูŠَุงุกُ ูˆَุซَู…ْู€ู€ู€ุฑَุชُู‡ُ ุงู„ْุนِู€ู€ู€ู„ْู…ُ
Artinya :
“ iman itu telanjang dan pakaiannya adalah taqwa, hiasannya adalah malu dan buahnya adalah ilmu..
- Orang yang tidak punya malu akan bertindak semena-mena dan tidak takut kepada Allah.

@ Iman bagaikan lampu lilin ,bila mana apinya besar maka aqan semakin terang pula cahayanya dan bila semakin redup apinya maka aqan semakin sedikit terangnya.,

7. ุงู„ู…َู†ْู‚ُู€ู€ู€ู€ู€ูˆْุตِูŠَุฉ (AL-MANQUSIYAH)
ู‚َุงู„ُูˆْุง ุงู„ْุฅِูŠْู…َู€ู€ู€ุงู†ُ ู„َุงูŠَุฒِูŠْุฏُ ูˆَู„َุง ูŠَู†ْู‚ُู€ู€ุตُ {ุชูุณู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ูŠุฑ ุงู„ู‚ุฑุทุจู‰، ุฌุฒ : ูค، ุต ูกูฆูข}
Bekeyakinan bahwa : iman itu tidak bisa tambah dan tidak bisa kurang.
Menurut ASWAJA :
Iman itu bisa tambah dan bisa kurang sebab amal, orang semakin banyak to’atnya, maka iman orang itu bisa bertambah. Jadi iman itu bisa dilihat dari segi tho’atnya, kalau orang itu tho’atnya tambah maka imannya tambah, kalau tho’atnya kurang maka imannya berkurang.

@ Imam Auza'i mengatakan :
Siapa orang yang mengatakan iman tidak bisa tambah/kurang maka sama dengann melakukan bid'ah, maka jauhilah !

-- Iman tanpa diamal tidak diterima , dan amal tanpa iman tidak diterima Oleh Allah --
mis ; orang yang tidak islam sedekah sama tetangganya, maka cuma akan mendapat ganjaran dunia , dan di akhiratny kosong( tidak ada ganjaran )

@ CIRI CIRINYA HAJI MABRUR ADALAH ;
sebelum haji ibadahnya kurang ''mempeng'' dan setelah pulang dari Haji ibadahnya '' bertambah mempeng dan toatnya''
- definisi HAJI MABRUR adalah
haji yang disaat melakukan haji tidak disertai kema'siatan.

'' Orang yang beramal sedikit tapi didasari Ilmu akan berguna, Tapi Amal banyak yang tidak didasari Ilmu ( kebodohan ) Tidak akan Berguna ''

@ menurut Imam Khanafi Tuma'ninah bukan merupakan Rukun sholat , tapi menurut Imam Syafii Tuma'ninah merupakan sebagian sholat dan bila ditinggalkan maka akan membatalkan sholat.

@BABAGAN SHOLAT TARAWIH@

@hadits
+- nabi muhammad ketika bulan romadhon tdk keluar kemasjid smwa yaitu ktk tgl 23 ,25,dan 27,. Dan sholat berjamaah dgn sohabat hanya 8 rekaat tp beliau pulang dirumahnya dan menyempurnakan sholatnya hingga 20 rekaat,.
+ trus para sohabat menirunya,.

@ jadi tidak ada sholat tarawih 8 rekaat dgn cara 4 rekaat salam,. Bila ini ada maka sholatnya BATAL,.
+ Kepepete 8rekaat dgn cara 2 rekaat salam,. Lalu dilanjutkan dirumah,.

@ Pembagian iman ada 5 ;
1. Iman yang suidah menjadi watak
yaitu imannya para Malaikat.
2. Imannya yang ( ma'shum )hatinya tdk ada t4 untuk syetan
Yaitu Imannya Para Nabi
3. Iman yang diterima Allah
Yaaiutu Imannya yang beriman
4. Iman yang dihentikan
Yaitu Imannya orang yang melakoni bid'ah syaiah
5. Iman yang ditolak
Yaitu Imannya orang yang Munafeq

ู‡ُู€ู€ูˆَ ุชَุตْุฏِูŠْู€ู€ู‚ٌ ูِู‰ ุงู„ْู‚َู„ْุจِ ูˆَุฅِู‚ْู€ู€ู€ْุฑَุงุฑٌ ุจِุงุงู„ِّู„ุณู€ู€ุงู†ِ ูˆَุนَู…َู€ู€ู€ู€ู€ู„ٌ ุจِุงู„ْุฃَุฑْูƒَุงู†ِ ุงู„ุฅِูŠْู…َุงู†ُ
Iman adalah keyakinan/kemantaban hati, di ucapkan dengan lesan dan di amalkan dengan perbuatan anggota badan.

' IMAN ADALAH PETUNJUK DARI ALLAH DAN PENGAKUAN DARI HAMBANYA DENGAN LESANNYa DAN MEM BENARKAN HATINYA''
- Hidayah adalah kerjaa

8. ุงู„ู…ُุณْุชَุณْู†ِูŠَุฉ (AL-MUSTASNIAH)
ู‚َุงู„ُูˆْุง ุงู„ْุฅِุณْุชِุซْู†َุงุกُ ู…ِู†َ ุงู„ْุฅِูŠْู…َู€ู€ู€ุงู†ِ {ุชูุณู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ูŠุฑ ุงู„ู‚ุฑุทุจู‰، ุฌุฒ : ูค، ุต ูกูฆูข}
Berkeyakinan bahwa : ISTISNA’ (orang yang mengucapkan “ุฃَู†َุง ู…ُู€ู€ุคْู…ِู†ٌ ุงِู†ْ ุดَู€ู€ุงุกَ ุงู„ู„ู‡ُ ” : saya orang yang mu’min insyaallah) sebagian dari iman.
Menurut ASWAJA :
Orang yang mengucapkan “ุฃَู†َุง ู…ُู€ู€ุคْู…ِู†ٌ ุงِู†ْ ุดَู€ู€ุงุกَ ุงู„ู„ู‡ُ ”
- Menurut Imam Hanafi : tidak boleh. Maka ucapkanlah ุงَู†َุง ู…ُู€ู€ุคْู…ِู†ٌ ุญَู‚ًّุง saya sejatinya orang mu’min, sebab termasuk perkara yang jelas.
contoh :
1. Hari jelas malam tidak perlu diucapkan ini sudah malam insya Allah.
2.saya bergerak, maka jelas dikatakan bergerak, tidak dikatakan saya bergerak InsyaAllah.
- Menurut Imam Syafi’i : boleh, Karena yang dimaksud iman itu
ุชَุตْู€ู€ุฏِูŠْู‚ٌ ูِูŠْ ุงู„ْู‚َู„ْุจِ ูˆَ ุงِู‚ْู€ู€ู€ุฑَุงุฑٌ ุจِุงู„ู„ِّู€ู€ุณَุงู†ِ ูˆَุนَู…َู„ٌ ุจِุงู„ْุงَุฑْู€ู€ูƒَุงู†ِ
(meyakini di hati, mengakui dengan lisan, pengamalan dengan tindakan). Yang dimaksud disini adalah ragu amalannya itu apakah suda menetapi syarat rukun/belum apakah diterima / tidak. Maka boleh mengucapkan ุงَู†َุง ู…ُู€ู€ุคْู…ِู†ٌ ุงِู†ْ ุดَู€ู€ุงุกَ ุงู„ู„ู‡ُ .

9. ุงู„ู…ُุดَุจِّู‡ู€ู€ุฉ (AL-MUSYABBIHAH)
ู‚َุงู„ُูˆْุง ุจَุตَู€ู€ู€ุฑٌ ูƒَุจَุตَู€ู€ู€ุฑٍ ูˆَูŠَู€ู€ุฏٌ ูƒَูŠَู€ู€ู€ุฏٍ {ุชูุณู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ูŠุฑ ุงู„ู‚ุฑุทุจู‰، ุฌุฒ : ูค، ุต ูกูฆูข}
Berkeyakinan bahwa : Allah mempunyai penglihatan seperti penglihatan makhluq, dan mempunyai tangan seperti tangannya makhluq.
- Golongan yang berkeyakinan seperti musyabihah adalah (KIROMIYAH/ WAHABI ) berkeyakinan menyerupakan Allah dengan makhluk-Nya dan juga berkyakinan bahwa Allah bertempat di ARSY.
Menurut ASWAJA :
Allah tidak boleh disifati dengan barang baru.
ู„َูŠْุณَ ูƒَู…ِุซْู„ِู‡ِ ุดَูŠْุกُ ﴿ุงู„ุดู€ู€ู€ูˆุฑู‰ : ูกูก﴾
Artinya : “ tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia (ุงู„ู„ู‡)".
Dan Allah itu menguasai ARSY bukan bertempat di ARSY.
- Yang dimaksud ูŠَุฏُ ุงู„ู„ู‡ِ ูَู€ู€ูˆْู‚َ ุงَูŠْู€ู€ุฏِูŠْู‡ِู…ْ adalah bukan Chakikat tangan, tapi kekuasaan Allah itu di atas (lebih kuasa) kekuasaan para makhluq.

@ Allah bisa dilihat dengan mata, tapi di akhirat bukan di dunia. Dan yang meyakini kalau Alloh bisa dilihat dengan mata di dunia maka orang itu jelas kafir.Allah tidak bisa dilihat di dunia, sebab sangat dekatnya dan sangat terang.

@ GOLONGAN WAHABI MENGATAKAN BAHWA ALLAH BERTEMPAT DI ARSY.
- ini menggunakan ilmu balaghoh yang Istawa ma'nanyaISTAULA yang artinya MENGUaSAi arsy.

@ Makhluq ada 3 Bagian ;
1. Makhluq yang diciptaka Allah dengan AKAL (sifat yang untuk membedakan barang yang baik dan barang yang jelek ) tanpa syahwat.
- yaitu Malaikat .
2. Makhluq yang diberikan syahwat tanpa diberi Akal
- Yaitu Hewan / binatang'' .
3. Makhluq yang mempunyai akal juga punya syahwat.
- Yaitu Manusia.
Jika manusia bisa mengalahkan syahwat maka Orang itu akan bersama malaikat, dan Jika syahwatnya bisa mengalahkan Akalnya maka bagaikan Binatang.

@ Qoul yang mu'tamad tempatnya Akal adalah di Hati.

'' ORANG YANG TIDAK PUNYA CITA CITA LUHUR MAKA BAGAIKAN BINaTANG ''
- Orang yang hidup didunia tanpa punya cita cita tinggi maka bagaikan bintang yaitu , makan , tidur , minum , dan medok.

'' BILA MENERIMA REZEKI YAKINILAH ALLAH YANG MEMBERIKAN REZEKI LANTARAN MANUSIA ''

ู„ุงَ ุงِู„َู‡َ ุงِู„ุงَّ ุงู„ู„ّู‡ُ

1. ahli ngaji kakung putri ayo sregep rajin ngaji,
kanggo sangu urep mati sowan ono ngerso ilahi ,.
2.sekarat pati baget larane, sebab naliko uripe
ing donyo akeh dosane, mergo akeh ninggal sholate ,.
3. Sangu mati dudu bondo, tegal sawah engkang ombo,
nannging iman kang sampurno lan islam engkang utomo,.
4. Durung tobat wes sekarat karawuhan malaikat
naliko rohe dipecat sangsoro ra biso sambat
5. Bareng ngono lagi rumongso, karepe nyuwun ngapuro
lawang tobat wes ra mengo , kari nunggu mlebu neroko

ุงَู„ْุญَู…ْุฏُ ู„ู„َّู‡ِ ุฑَุจِّ ุงู„ุนَุง ู„َู…ِูŠْู†

5. ๐Ÿ‘Facebook

https://m.facebook.com/groups/134905726634542

Muga" manfaat๐Ÿ™

Tidak ada komentar:

Posting Komentar