Kh. Abdul mu'thi
๐Ponpes Annajach๐
Magelang koripan
Rabu. 14Maret2017
Http://ponpesannajach.Blogspot.com/
Http://toharhar.blogspot.com/
2. ๐กDownload ๐ฃAudio pengajian
Klik link dbawah. ;
( 16.24 Mb )
https://www.mediafire.com/download/a949aiw2lbeea5b
3. ๐ฅYOUTUBE๐ฅ
https://www.youtube.com/channel/UCNIYNn8Bg-z25yixvBBgBhA
4. Ringkasan materi
๐ผ๐ผ
Rabu.14Maret2017
@ MONGGO SARENG2 NOTO NIAT NGAJI mugi'' pikantuk ilmu nafi' ( manfaat ) lan dadosaken lantaran kawilujengan kitho sedoyo fi dunya wal akhirot. Amiin.
AL-MURJIAH
ุงูู ُูููููููููุฑْุฌِุฆَุฉ
10. ุงูุญَุดََِูููููุฉ (AL-CHASAWIYAH)
َูุงُْููุง ุญُْูู ُ ุงْูุฃَุญَุงุฏِْูุซِ َُِّูููุง َูุงุญِุฏٌ َูุนِْูุฏَُูู ْ ุฃََّู ุชَุงุฑََู ุงَِّْูููู َูุชَุงุฑِِู ุงَْูููููููุฑْุถِ {ุชูุณูููููููููููููููููุฑ ุงููุฑุทุจู، ุฌุฒ : ูค، ุต ูกูฆูข}
Berkeyakinan bahwa : hukumnya semua hadits itu satu, maka orang yang meninggalkan perkara sunah seperti meninggalkan perkara wajib.
Menurut ASWAJA :
Hukumnya hadis itu ada yang shohih, chasan, dloif, maudhu’, dan lain-lain.
Meninggalkan perkara sunah tidak sperti meninggalkan perkra wajib/fardlu. Sebab yang dimaksud :
Sunnah adalah setiap perkara yang apabila dilakukan mendapat pahal dan bila ditinggalkan tidak disiksa/tidak dosa.
Wajib adalah setiap perkara yang apabila dilakukan mendapat pahala dan bila ditinggalkan mendapat siksa/dosa.
@ Haul ;
diZaman rosul haul tidak ada maka hukumnya bukan sunah tapi thatowu' dan yang mnegadakan para ulama ,.
11. ุงูุธَّุงِููููุฑَِูุฉ (ADZ-DHOHIRIYAH)
ุงَّูุฐَِْูู ََْูููููุง ุงَِْูููููุงุณَ {ุชูุณูููููููููููููููููุฑ ุงููุฑุทุจู، ุฌุฒ : ูค، ุต ูกูฆูข}
Berkeyakinan bahwa : dalam agama islam tidak ada QIYAS (menyamakan sesuatu pada sesuatu yang lain karena ada titik persamaan diantara kedua perkara tersebut)
Menurut ASWAJA :
Dalam agama islam qiyas itu tetap ada, sebab pedomannya orang islam itu ada 4 : Al-qur’an, Chadist, Ijma’ dan qiyas.
- IJMA’ adalah ;
ุงูุฅِุฌْู َุงุนُ ุงุชَِّูููุงُู ุงْูู ُุฌْุชَِูุฏَِْูู ู ِْู ุฃُู َّุฉِ ู ُุญَู َّุฏٍ ุตูู ุงููู ุนููููู ูุณูููู ุนََูู ุฃَู ْูููุฑٍ ุฏٍِِّْููู
Kesepakatan para Mujtahid ( ULAMA 4 ), Dalam mengambil hukum Langsung dari Al-qur’an dengan ilmu-ilmu tertentu dari umatnya nabi muhammad SAW. ( Imam Syafi'i, Imam maliki ,Imam Chanafi dan Imam Chambali )
mis ; wajib qodho sholat bila meninggalkan.
@ Imam Ibnu hazmin
mengatakan tidak ada qodho sholat , hikmahnya agar melaksanakan sholat pada waktunya. ( pendapat ini ditenteng para ulama .
@ QUNUT SUBUH
- Menurut Imam SYAFII ( qunut setelah bangun dari rukukdan IMAM maliki pakai qunut subuh (qunut sebelum rukuk )
meurut Imam Hanafi dan Imam Hambali
- tidak ada qunut subuh yang ada cuma qunut sholat witir Romadhon
@ Hukum TALQIN ;
- SEMUA IMAM 4 SUDAH KOMPAK TALQIN Orang Yang hampir MATI .
Tapi bila setelah dikubur ada perbedaan pendapat ;
-Menurut Imam SYAFII & Imam HANAFI TETAP sunah ditalqin
-Menurut Imam MALIK tidak ada , sebab di madinah tidak ada talqin setelah dikubur
-Menurut Imam HAMBALI hukumnya TALQIN SETELAH DIKUBUR MAKRUH.
@ ajarilah / Talqinlah ahli kubur Untuk jawaban semua pertanyaan kubur ketika ditanya malaikat lebih baik semua dijawab pakai ucapan dzikir ูุงَ ุงََِูู ุงِูุงَّ ุงّููู.,
@ perselisihan Ulama merupakan rohmat ;
dalam arti perselisihan pendapat para mujtahid ini merupakan keluasan bagi umat yng mau menjalani ibadah.
@ Orang Yang hampir mati supaya dibacakan ;
1. Surat Yasiin
untuk mengenakkan ketika keluarnya ruh.
2. Surat Ar'rod
untuk mempercepat keluarnya nyawa .
- QIYAS adalah ;
ุฑَุฏُّ ุงَْููุฑْุนِ ุงَِูู ุงْูุงَุตِْู ุจِุนَِّูุฉٍ َูุฌْู َุนَُูุง ِูู ุงْูุญُْูู ِ
Menyamakan sesuatu pada sesuatu yang lain karena ada titik persamaan diantara kedua perkara tersebut,
contoh QIYAS yaitu ;
1. Berzakat, kalau zaman dahulu memakai gandum & kurma, zaman sekarang memakai beras . Sama sama didalam bahan makanan pokok.
ูุงู ุฑุณูููู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูููู ุฒََูุงุฉُุงِْููุทْููุฑِ َูููุฑْุถٌ ุนََูู ُِّูู ู ُุณِْูููู ٍ ุญُููุฑٍّ َูุนَุจْููุฏٍ ุฐََูููุฑٍ َูุงُْูุซَู ู َِู ุงْูู ُุณِْูู َِْูู ุตَุงุนٌ ู ِْู ุชَู ْููุฑٍ ุงَْู ุตَุงุนٌ
ู ِْู ุดَุนِْูููููููุฑٍ. ุฑูุงู ุงูุฏุฑุงูุทูู ุนู ุงุจู ุนู ูููุฑ
Artinya Rosululloh SAW bersabda yang artinya kurang lebih:
Zakat fitrah itu difardhukan atas semua orang islam, baik yang merdeka atau sahaya, laki-laki atau perempuan dari golongan islam, sebanyak satu sho’ atau 2 kg 4 ons dari kurma kering atau satu sho’ dari gandum. ( riwayat Addaroquthni dari ibnu Umar)
Dalam hadis tersebut disebutkan bahwa yang dikeluarkan zakatnya adalah kurma atau gandum bukan beras, sebab di kala itu kedua tersebut menjadi bahan makanan pokok. Jadi zakat beras disamakan dengan zakat gandum sama didalam olehnya menjadi bahan makanan pokok.
2. Segala makanan/minuman yang memabukkan haram, sebab disamakan dengan khomer. Seperti narkoba, ganja,pil koplo,dan sebagainya. Padahal di dalam Al-qur’an yang disebutkan hanya khomer. ( sama sama didalam memabukkan )
Maka jika ada orang yang tidak memakai qiyas, tapi zakatnya dengan beras, berarti dia menyimpang dari Al-qur’an. Karena di dalam Al-qur’an tidak ada yang menerangkan zakat memakai beras.
Kesimpulan :
pedoman/dasar-dasar agama islam itu ada 4, yaitu
Al-qur’an, Chadist, Ijma’ dan Qiyas. Cukup di dalam kitab ุงูู ุจุงุฏุฆ ุงูููููููุฉ juz 3 sudah disebutkan bahwa dasar-dasar agama itu adalah 4 tersebut.
'' ORANG YANG DIKEHENDAKI ALLAH BAIK PASTI DIPINTARKAN DALAM ILMU AGAMA ''
'' ORANG YANG MENGAJI TANDANYA AKAN MATI DALAM KEADAAN KHUSNUL KHOTIMAH ''
- Pegang dan angan '' 3 perkara supaya matinya kepenakdan KHUSNUL KHOTIMAH ;
1. IKHLASKAN HATI KETIKA AKAN DIJABUT NYAWANYA
2.MENGHARAP ROHMAT dan RIDHONYA ALLAH
3. MENGHARAP PENGAPURO ALLAH.,
- Ilmu hanya diberikan pada orang yang dikehendako baik, tapi bila harta diberikan pada semua .
'' CARILAH ILMU WALAU SAMPAI DINEGERI CHINA ''
- Dalam arti dalam mencari ILMU SYAR'I DAN bukan ilmu umum.
'' Mencari Ilmu syar'i ( ilmu agama islam ) sangat diwajibkan dicari dan dipelajari bagi orang muslimin dan muslimat ''
- mencari ilmu syar'i hukumnya Fardhu Ai'n dan hukum mencari Ilmu umum Fardhu kifayah.
@ Ilmu ada 2 bagian yang semuanya dari allah ;
1 . Ilmu dunia
- Dunia dan semuanya yang ada didunia dilaknat Allah, kec. Yang ditasarufkan pada jalan Akhirat.
2. Ilmu akhirat / agama ilmu inilah yang dicintai Allah
ุฃَุณْุชَุบِْูุฑُุงَّْููู ุฑَุจَّ ุงْูุจَุฑَุงَูุง ุฃَุณْุชَุบِْูุฑُุงَّْููู ู َِู ุงْูุฎَุทَุงَูุง
ุฑَุจِّْูู ุฒِุฏِْْูู ุนِْูู ًุง َูุงِูุนَุง ََููุงِِْْูููู ุนَู َูุงً ู َْูุจُْููุง
'' Beruntung banget orang yang sudah mati dan mempunyai anak yang mengaji dan mengamalkan ilmu agama islam sebab bisa menjadikan enak ketika di alam kubur dan akhirat ''
@ perbedaan FARDHU ;
1. FARDHU A'IN
setyap manusia wajib melakoni
2. FARDHU KIFAYAH
bila sudah ada yang melakukan walaupun satu maka yang lain gugur kewajiban .
- mis ;
1. Mencari ilmu syar'i hukumnya fardhu a'in ,
2. Mengubur orang mati hukumnya Fardhu kifayah .
12. ุงูุจِููุฏَุนَِูููุฉ (AL-BIDA’IYAH)
ุฃََّูุงُ ู َْู ุงุจْุชَุฏَุนَ ูููุฐِِู ุงْูุฃَุญْููุฏَุงุซَ ِูู ูููุฐِِู ุงูุฃُู َّุฉِ {ุชูุณูููููููููููููููููุฑ ุงููุฑุทุจู، ุฌุฒ : ูค، ุต ูกูฆูข}
Berkeyakinan bahwa : di dalam agama islam boleh melakukan bid'ah, mereka orang-orang pertama kali yang mengadakan bid’ah.
Menurut ASWAJA :
- Imam syafi'i membagi bid'ah dalam 2 bentuk yakni umum dan khusus.
1. BID'AH UMUM
ู َุงَูู ْ َُْููู ِْูู ุนَْููููุฏِ ุฑَุณُِْูููููู ุงِููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูููู ََููุง ِْูู ุนَْููููุฏِ ุงูุตَّุญَููุงุจَุฉِ ุนِุจَุงุฏَุฉً ุงَْู ุนَุงุฏَุฉً
Artinya :
tindakan atau amalan yang tidak ada di zaman Rosulullah SAW dan tidak ada di zaman Shohabat, baik tindakan ibadah atau adat.
@ Bid’ah umum ini menurut ุงูุดูุฎ ุงูุฅู ุงู ุฃุจููู ู ุญู ุฏ ุจู ุนุจููุฏ ุงูุณูููุงู dibagi menjadi 5 :
1. Bid’ah wajibah.
Seperti : menulis Al-qur’an, menulis ilmu syari’at islam, jika dikhawatirkan tersia-sia, mengarang kitab-kitab agama islam yang dibutuhkan oleh masyarakat, hanya saja wajibnya wajib kifayah bukan wajib ‘ain, belajar ilmu nahwu shorof dan sebagainya.
2. Bid’ah muharromah.
Seperti :cukai/pajak. Aliran aliran seperti Mujasimah Al murjiah ( 72 golongan )
3. Bid’ah makruhah.
Seperti : menghiasi masjid, mengkhususkan qiyamullail (sholat sunnah malam) di malam jum’at, makan dengan tangan kanan memakai sendok tangan kiri memakai garpu.
4. Bid’ah mandubah/sunnah/mustachabah.
Seperti : melakukan sholat tarawih berjamaah, membangun pondok pesantren, madrasah dan semua tindakan yang baik yang tidak dikenal atau diketahui di zaman yang pertama yaitu zamannya Rosulullah SAW dan sahabat.
5. Bid’ah mubahah.
Seperti : jabat tangan setelah sholat fardhu ashar dan subuh. Sebab setelah sholat itu diperintahkan supaya berdzikir kepada Allah.
ููููู ุชุนุงูู : َูุงِุฐَุงَููููุฑَุบْุชَ َูุงْูุตَุจْ
Artinya : “ Jika kamu sudah selesai sholat, maka berdo’alah”.
2.BID'AH KHUSUS
ุงูุฒَِّูุงุฏَุฉُ ِูู ุงูุฏِِّْูู ุงَِู ุงُّْูููุตَุงِู ู ُِْูู ุงْูุญَุงุฏِุซَุงِู ุจَุนْุฏَ ุงูุตَّุญَูููุงุจَุฉِ ุจِุบَْูููุฑِ ุงِุฐٍْู ู َِู ุงูุดَّููุงุฑِุนِ َูุง ًَْูููููุง ََููุง ِูุนًْูุง ََููุง ุตَูููุฑِْูุญًุง ََููุง ุงِุดَูููุงุฑَุฉً
Artinya :
Bid’ah khusus ialah mengadakan penambahan atau pengurangan dalam agama setelah zamannya Shohabat tanpa ijin dari syar’i yaitu Allah atau Rosulullah SAW (qur’an/hadist) ijin secara perintahan tidak ada dan ijin secara contoh tindakan Nabi tidak ada.
Yang dimaksud ijin dari syar’i itu tidak cocok dengan dalil agama,
- contohnya sholat dengan menghadapkan gambarnya dari seorang guru di mukanya, yang berlaku dikalangan sebagian jamaah orang islam sendiri. Musabaqoh tilawatil qur’an . adakah Musabaqoh di zaman Nabi ? kalau mengadakan pengurangan /penambahan setelah zamannya Shohabat itu ada ijin syar’i yakni dalil dari agama walau secara isyaroh itu tidak termasuk bid’ah.
ูุงู ุฑุณูููู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููููู ูุณูููู ู َْู ุงَุญْูููุฏَุซَ ِูู ุงَู ْูููุฑَِูุง ู َุง َْููุณَ ู ُِْูู ََُููู ุฑَุฏٌّ . ุฑูุงู ุงูุจุฎุงุฑู ูู ุณูู
Artinya :
Siapa orang yang mengadakan pembaharuan dalam agamaku yang tidak didasarkan agama islam, maka itu ditolak.
- Bid’ah itu adakalanya yang berhubungan dengan i’tiqod, dinamakan bid’ah i’tiqodiyah, adakalanya yang berhubungan dengan ibadah dinamakan bid’ah ibadiyah, dan adakalanya yang berhubungan dengan ‘adah/kebiasaan dinamakan bid’ah ‘adiyah.
- Adapun bid’ah arti umum itu bisa menjurus kapada ibadah atau ‘adah, kalau bid’ah arti khusus tidak bisa menjurus kepada ‘adah bahkan hanya pada sebagian i’tiqod dan sebagian ibadah.
@ Dasar/DALIL dasar Islam HANYA satu ;
َูุฅَِّู َٰูุฐِِู ุฃُู َّุชُُูู ْ ุฃُู َّุฉً َูุงุญِุฏَุฉً َูุฃََูุง ุฑَุจُُّูู ْ َูุงุชَُِّููู
َูุชََูุทَّุนُูุง ุฃَู ْุฑَُูู ْ ุจََُْูููู ْ ุฒُุจُุฑًุง ُُّููۖ ุญِุฒْุจٍ ุจِู َุง َูุฏَِْููู ْ َูุฑِุญَُูู
ุงَْูุญَู ْุฏُ َِّููู ุฑَุจِّ ุงูุนَุง َูู ِْูู
5. ๐Facebook
https://m.facebook.com/groups/134905726634542
Muga" manfaat๐
Tidak ada komentar:
Posting Komentar