Kamis, 19 Januari 2017

Rabu. 17Januari2017

Kh.Abdul mu'thI
Ponpes Annajach
Magelang koripan
Rabu. 17Januari2017
Foto Ahmad Mujib.


1. Klik Blog

Http://ponpesannajach.Blogspot.com/

Http://toharhar.blogspot.com/

2. Download Audio pengajian
Klik link dbawah. ;
( 17.24 MB )

https://www.mediafire.com/download/u1kgctand38fdrr

3. YOUTUBE

https://www.youtube.com/channel/UCNIYNn8Bg-z25yixvBBgBhA




4. Ringkasan materi

Rabu.17Januari2017
@ MONGGO SARENG2 NOTO NIAT NGAJI mugi'' pikantuk ilmu nafi' ( manfaat ) lan dadosaken lantaran kawilujengan kitho sedoyo fi dunya wal akhirot. Amiin.

الْقَـــدِرِيَة
AL-QODARIYAH
Golongan qodariyah dikutuk oleh 70 Nabi dan berkeyakinan bahwa makhluk itu bisa membuat/ menciptkan perbuatannya sendiri.
ASWAJA :
Yang bisa membuat hanyalah Allah, yang lain hanya merubah-rubah apa yang sudah diciptakan oleh Allah.

1. الْأَحْمَـــرِيَة (AL- ACHMARIYAH)
وَهِيَ الَّتِى زَعَمَتْ أَنَّ فِى شَرْطِ الْعَدْلِ مِنَ الله أَنْ يُّمَلِّكَ عِبَادَهُ أُمُــوْرَهُمْ وَيَحُـــوْلَ بَيْنَهُمْ وَبَيْنَ مَعَاصِيْهْمْ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦١}
Berkeyakinan bahwa : Allah bisa dikatakan adil ada syaratnya yaitu :
1. Allah harus bisa memberi kemampuan kepada hambanya dalam segala urusannnya.
2. Apabila manusia akan melanggar/ma’siat, maka Allah harus mencegahnya.
Menurut ASWAJA :
Wajib meyakini bahwa Allah adil, Rosul adil, Nabi adil ,Shohabat adil dan Allah tidak harus mencegah bila manusia akan melanggar/ma’siat. 
Maka dari itu Allah telah membuat neraka dan surga.

Cuplikan ; tgl 2 februari 2016 
@ yang dimaksud ADIL secara ISLAM ADALAH ;
- orang yang ikut pada perintah Allah , dan menempatkan sesuatu pada tempatnya tidak berlebihan dan tidak bersambalewa.,
- para shabat melakukan dosa kecil, tapi karena masih ketemu rosullullah maka dosanya diampuni Allah,

@ SELAMA MANUSIA MASIH HIDUP , PASTI AKAN AKAN DIUJI, entah diuji dengan kekayaanya ataukah bisa diuji dengan kemiskinannya.,
- maka JANGAN MEMAKSAKAN DALAM MENCARI EKONOMI.,

@ TAQDIR ADA 2 MACAM ;
1. Taqdir mubrom
Taqdir yang hanya diketahui Allah, tdk bisa utk dirubah
2. Taqdir mu'allaq
Taqdir yang malaikat juga mengetahuinya ,
- Dunia seisinya sudah diwakilkan Allah pada malaikat 4 yaitu ;
1. Malaikat Jibril
2. Malaikat mikail
3. Malaikat isrofil
4. Malaikat 'azroil
- maka menunjukkan bahwa rezeki bisa diikhtiyari / diusahakan , bila ibadahnya mempeng maka akan ditambah keberkahan dan kemanfaatan rezekinya oleh malaikat isrofil.,

- SIAPA MANUSIA YANG TIDAK PUNYA CITA CITA YANG TINGGI ( dihadapan Allah ) ITU SEPERTI hidupnya HEWAN -
yang cuma bisanya ;
makan,minum, tidur dan perempuan .,

2. الثَّنَوِيَــــة (ATS-TSANAWIYAH)
وَهِيَ الَّتِى زَعَمَتْ أَنَّ الْخَيْرَ مِنَ اللّهِ وَالشَّرَّ مِنَ الشَّيْــطَانِ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦١}
Berkeyakinan bahwa : segala kebaikan dari Allah dan segala keburukan dari syaithon
Menurut ASWAJA :
Wajib berkeyakinan baik dan buruk itu hakekatnya berasl dri Allah.
Berdasarkan dalil 
قال تعالى : خَيْرِهِ وَشَرِّهِ مِنَ اللّهِ تَعَالَى
Artinya : “ baik dan buruknya taqdir itu dari Allah “.
@ Hadits Qudsi
+- Sungguh Aku ( Allah ) menciptakan kebaikan dan keburukan, berbahagialah yang Aku takdir kebaikan dan celakalah yang Aku takdir jelek.,

@ Imam Ghozali +- ; ( tafsir Arrozi)
Manusia itu menjadi lalu lintas takdir Allah dan menjadi penggawean/lapangan kerja ALLAH,..
- semua perbuatan /tindakan manusia itu disrtai takdir allah,.

@ Manusia diciptakan hanya sbagai alat perwujudan allah,.
mis, Gambaran ;
1. baju itu yang membuat siapa ,. Mesin atau manusia? Jawab manusia dan bukan mesin,.
2. Manusia itu yang membuat siapa ? Manusia / allah ?? Jawab allah sbb manusia cuma sbg alat,.
Ini semua untuk menambah ketauhidan kita pd allah,.
+ jdi setelah semua itu dipahami MAKA MERASALAH SEMUA TINDAKAN KITA SEDANG DIAWASI OLEH ALLAH,.

3. الْمُعْتَزِلَة (AL-MU’TAZILAH)
وَهُمْ الَّذِيْنَ قَالُـوْا بِخَلْقِ الْقُــــــرْأَنِ وَجَحَدُوْا صِفَــــاتِ الرُّبُوْبِيَـــــةِ s{تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦١}
Berkeyakinan bahwa : alqur’an itu dibuat oleh manusia / makhluk dan mengingkari sifat-sifat ketuhanan.
Menurut ASWAJA :
Wajib berkyakinan bahwa alqur’an adalah kalamullah yang qodim. Ucapan Allah yang tanpa bina' tanpa huruf tanpa suara, tidak ada awalnya tidak ada akhirnya.
+ sungguh sebenarnya yang bicara itu dari hati. Mulut dibuat Allah sebagai alat lantaran bicaranya hati.

@- Al Qur'an mempunyai 2 ma’na ;
1).Jika yang dikehendaki dari Al-qur’an adalah yang dibukukan, maka HADIS (baru) /حَادِثْ أَيْ مَوْجُـــوْدٌ بَعْــدَ عَدَمٍ 
= wujudya setelah tidak ada, dalam arti semua barang wujud yang wujudnya didahului tidak ada itu dinamakan حَادِثْ seperti manusia, hewan,dan alam semesta ini. Maka al-qur’an yang kita baca sekarang ini dihukumi حَادِثْ / baru, karena dulu tidak ada kemudian di adakan dengan dibukukan. 
2). Jika yang dikehendaki dari Al-qur’an adalah kalamullah / كَلَامُ اللّه , maka QODIM / عَدَمُ الْأَوَلِيَة 
= wujudnya tidak didahului tidak ada, dalam arti tidak ada awalannya. Maka كَلَامُ اللّه itu Qodim, karena kalam itu termasuk sifatnya Allah. Dan semua sifat-sifatNya Allah itu Qodim, sebab Dzat-Nya Allah juga Qodim. 
+ Maka kaum mu'tazilah tidak menghargai pada Al-qur’an, sebab beranggapan bahwa Al-qur’an itu buatan manusia, jadi jika menyentuh / membawa tidak butuh suci.
Menurut hukum islam, menyentuh / membawa Al-qura’an itu WAJIB suci, maka jika tidak suci dihukumi HARAM. Berdasarkan : 

قال تعالى : إِنَّه لَقُرْ أٰنٌ كَـــــــرِيْمٌ ﴿۷۷﴾ فِيْ كِتَابٍ مَّكْنُـــوْنٍ ﴿۷۸﴾ لأَيَمَسُّه إِلأَّ الْمُــــطَهَّروْنَ﴿۷۹﴾
أى الذين طهروا أنفســـهم من الأ حداث { تفســــــــــــــــــير الصـــــاوى ، جــز ٤ ، ص ٢١٥ }
Artinya : dan (ini) sesungguhnya Al-qur’an yang sangat mulia (77) dalam kitab yang terpelihara (lauchilmachfudz) (78) tidak ada yang menyentuhnya kecuali hamba-hamba yang disucikan { yakni orang-orang yang mensucikan diri dari hadas }(79)
لَايَمَسُّ الْقُـــرْأنَ إِلَّاطَاهِــــــــرٌ (طب) عن ابن عمر (ح)
Artinya : “tidak boleh menyentuh Al-qur’an kecuali orang yang suci”.

- Qodlo' adalah kepastian Allah yang belum wujud
- Takdir adalah kepastian Allah yang sudah wujud

@ SHOLAT BISA MENGHASILKAN GANJARAN SEBAB KHUSYU',.
- Khusyu' adalah mengahadapnya hati ke Allah dan tenangnya anggota badan., 

'' KHUSYUK SEBAGAI RUHNYA SHOLAT ''
- siapa orang yang sholat tanpa khusyuk bagaikan jasad tanpa ruh (BONEKA ).

@ TERUTAMA PADA SAAT ALFATIHAH AYAT 5 DIUSAHAKAN HATINYA MENGHADAP PADA ALLAH sbb termasuk ayat qolbunya surat fatihah.,

'' SEMAKIN KHUSYU' MAKA SEMAKIN BESAR GANJARAN SHOLATNYA ''
- semakin orang itu khusyu' maka aqan semakin berkurang perbuatan jelek., ( sholat bisa dijadikan utk menilai seseorang ) 

!!! perhatikan syarat rukunnya sholat khususnya TUMA'NINAH ( diam sejenak sekira bacaan SUBHANaLAAH) dr setyap gerakan sholat !!!

لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللّهُ

1. ahli ngaji kakung putri ayo podo sregep rajin ngaji, 
mumpung durung dicedaki malaikat juru pati 
2.PENGGAWEAN KENO DIBAGI REPOTE OMAH KENO DIBAGI NGAJI IKU RA KENO KERI KITHO MATI IKU MESTHI
3.Sugeh duet drung mesthi sugeh pekarangan durung mesthi
pangkat duwure drung mesthi nanging mati iku pasti
4. Ngaji iku banget wajibe lanang wadon podho wae 
kabeh kabewh ngerti wajibe sangu sebo ing pangerane

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ العَا لَمِيْن

5. Facebook

https://m.facebook.com/groups/134905726634542

Muga" manfaat

4 komentar:

  1. Alhamdulillah, terima kasih banyak mas admin. Sangat terbantu sekali dengan blog ini, ketika saya tidak bisa berangkat pengajian malam rabu. Semoga selalu update.

    BalasHapus
  2. aminn., doakan kami bisa istiqomah ban tambah ikhlas .,

    BalasHapus
  3. Jika berkenan saya minta no WA njenengan bisa? Barangkali bisa sharing sharing. Makasih.

    BalasHapus