Kh.Abdul mu'thi
Pondok pesantren Annajach
Koripan, Tegalrejo
Magelang koripan
Rabu. 20Desember 2016
Http://ponpesannajach.Blogspot.com/
Http://toharhar.blogspot.com/
2.Download Audio pengajian
Klik link dbawah. ;
( 19.24 MB )
https://www.mediafire.com/download/hb2vw4ql1y2vk46
3.YOUTUBE
https://youtu.be/V1g0_loTeqw
4. Ringkasan materi
Rabu.20Desember2016
@ MONGGO SARENG2 NOTO NIAT NGAJI mugi'' pikantuk ilmu nafi' ( manfaat ) lan dadosaken lantaran kawilujengan kitho sedoyo fi dunya wal akhirot. Amiin.
AL JABRIYAH
الجَبْــــــرِيَة
11. الـخَشَبِيَة (AL-KHOSYABIYAH)
قَالُـوْا الدّنْيَا بَيْنَ الْعِبَادِ سَوَاءٌ لَا تُفَاضُلُ بَيْنَهُمْ فِيْمَا وَرَّثَهُمْ أَبُــوْهُمْ أٰدَمُ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٤}
Berkeyakinan bahwa : dunia dikalangan hamba/manusia itu semuanya sama, tidak ada yang lebih utama dalam apa yang diwariskan dari ayah mereka yaitu Nabi Adam.
Menurut ASWAJA :
Dunia dikalangan manusia itu jelas tidak sama, karena ada yang kaya ada yang miskin, ada yang menjadi pemimpin ada yang dipimpin, ada yang menjadi Nabi, ada yang ma’siat ada yang ibadah dan lain-lain, Sebab semua itu dibuat oleh Allah secara berpasang-pasangan sebagai keseimbangan.
12. المِنِّيَــــة (AL-MINNIYAH)
قَالُـوْا مِنَّاالْفِـعْــــــــلُ وَلَنَــا الْإِسْتِــطَاعَةُ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٤}
Berkeyakinan bahwa : kita (manusia ) mempunyai pekerjaan/tindakan dan mempunyai kemampuan. ( manusia bisa membuat sendiri tanpa kehendak Allah )
Menurut ASWAJA :
Pekerjaan dan kemampuan itu milik Allah ya'ni hanya titipan dari Allah, manusia hanyalah lalu lintas pekerjaan Allah.
@ Imam Ghozali
+- TINGKAH LAKU MANUSIA itu hanya MENJADI LAlU LINTAS TAKDIRNY ALLAH DAN MENJADI LAPANGAN KERJANY ALLAH SWT.,
@ OJO SOMBONG LAN GUMEDE KARO SENG DIDUWENI ,KABEH MAU NAMUNG TITIPAN,. !!!!!
- Termasuk ilmu,anak, harta dsb.,
أللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلىَ سَيِّدِنَاوَمَوْلَنَا مُحَمَّدٍ
عَدَدَ مَا فِى عِلْمِ ا للَّهِ صَلاَةً دَائِمَةً بِدَوَامِ مُلْكِ اللَّهِ
1. kabeh makhluk ora biso opo opo
mung bisane ngowah ngowah kang wes ono
CHARURIYAH
حَــرُوْرِيَـــة
1. الْأَزْرَقِيَــة (AL-AZROQIYAH)
قَالُـوْا : لَانَعْلَمُ أَحَدًا مُؤْمِنًا وَكَفَّـــرُوْا أَهْــلَ الْقِبْــلَةِ اِلَّا مَنْ دَانَ بِقَــوْلِهِـمْ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦١}
Berkeyakinan bahwa : kami tidak tahu bahwa orang-orang itu beriman atau tidak , dan mereka mengkafirkan ahli kiblat (orang islam) kecuali orang yang tunduk pada i'tikad mereka.
walaupun mereka islam, tapi mereka menuduh orang lain kafir, maka menurut mereka boleh dibunuh serta menganggap termasuk sebagian dari jihad. Contoh;
+semua pejabat pemerintah/aparatur negara dianggap thogut/kafir.
Menurut ASWAJA :
Siapa orang yang menuduh orang murtad/kafir pada orang mu'min/islam maka sifat kekafiran tesebut kembali pada orang yang menuduh.
Berdasarkan hadits :
مَنْ قَالَ لِأَخِيــْـهِ كَافِـــرًا فَـقَـــدْ بَاءَ عَـلَيـْــهِ
Artinya : “ Orang yang mengatakan kafir pada saudaranya (yang islam) maka kekafiran tersebut kembali pada dirinya sendiri “.
Dalam kitab سُلَّمُ التَّوْفِيْق :
mengatakan orang islam lain dengan kata-kata kafir, maka sifat kekafiran tersebut kembali pada dirinya sendiri . walaupun ada seseorang yang sholatnya jarang, dalam arti kadang solat terkadang tidak, tetap tidak boleh dikatakan orang kafir.
@ Ahli Sunah Wal Jamaah
adalah orang yg tindakan, ucapan dan keyakinanny seperti Rosulullah dan Sohabat.,
@ Ahli Sunah Wal Jamaah
adalah orang yg tindakan, ucapan dan keyakinanny seperti Rosulullah dan Sohabat.,
2. الأَبَاضِيـَــة(AL-ABADLIYAH)
قَالُـــوْا : مَنْ أَخَــــــذَ بِقَوْلِنَا فَهُوَ مُؤْمِنٌ وَمَنْ أَعْرَضَ عَنْهُ فَهُوَ مُنَافِقٌ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦١}
Berkeyakinan bahwa : Siapa orang yang mengikuti 'itiqodku, maka termasuk orang yang mu'min dan orang yang berpaling, maka dikatakan sebagai orang munafiq.
Orang yang munafiq adalah orang yang kata hati dan ucapannya itu tidak sama, dalam arti orang yang munafiq adalah orang yang kata hati dan ucapannya itu tidak sama, dalam arti orang yang mengatakan iman kepada Alloh, namun hatinya mengingkarinya.
Menurut ASWAJA:
Yang benar tidak seperti itu, karena orang islam itu patuhnya pada Al-qur’an , Chadist Nabi, Ijma’ dan Qiyas. Patuh dengan mengakui kebenarannya dan meyaqini di dalam hati. Empat inilah yang menjadi pedoman bagi orang mu’min.
3. الثَّعْــــــــــلَبِيَة (AS-TSA'LABIYAH)
قَالُــوْا : إِنَّ اللّهَ عَزَّ وَجَلَّ لَمْ يَــقْــــــــــضِ وَلَمْ يُقَـــــــدِّرْ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦١}
Berkyakinan bahwa : Allah tidak mengadakan qodlo’dan taqdir.
Menurut ASWAJA :
- Yang dimaksud dengan TAKDIR adalah kepastian/perencanaan Allah yang telah terjadi.
- Sedangkan yang dimaksud dengan QODLO' adalah kepastian/perencanaan Allah yang belum terjadi.
- Taqdir tidak bisa ditolak kecuali dengan do’a. Dan takdir adalah urusan Allah.
إِنَّ كُلَّ شَيْئٍ خَلَقْنَــاهُ بِقَدَرٍ ﴿القمر : ٤۹﴾
Artinya : “Sesungguhya segala sesuatu kami jadikan dengan taqdir”.
Dan berdasarkan hadis :
فَأَخْبِرْنِيْ عَنِ الْإيْمَــانِ قَالَ: أَنْ تُؤْمِنَ بِا اللّهِ وَمَلَائِكَتِــهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَـــوْمِ الْأخِــرِ وَالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَــرِّهِ ـ رواه مســــلم
Artinya :
maka beritahulah kami hai Rosulalloh tentang iman . Nabi Muchammad SAW menjawab : Engkau supaya percaya (membenarkan) adanya Allah SWT,malaikat-malaikatNya,kitab-kitab suciNya,rosul-rosulNya,hari qiyamat, dan qodho qodarnya (nasib baik dan buruknya).
@ Zaman akhir para ahli masjid '' tolak tinolak'' menjadi imam .
@ Rukun khotbah ada Lima ;
1. Hamdalah
2. Sholawat
3. Wasiat bi taqwa
4. Membaca Alquran disalah satu khotbah dua
5. Mendoakan Orang mu'mon
'' KENDALIKAN NAFSU UNTUK TOAT JANGAN BIARKAN NAFSU MENGENDALIKAN KITA ''
- Nafsu lebih jelek daripada 70 syetan .
أللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلىَ سَيِّدِنَاوَمَوْلَنَا مُحَمَّدٍ
عَدَدَ مَا فِى عِلْمِ ا للَّهِ صَلاَةً دَائِمَةً بِدَوَامِ مُلْكِ اللَّهِ
@ hadits +-
-Saya tidak khawatir kamu sekalian fakir tapi yang kukhawatirkan dari kamu sekalian adalah berlomba lomba dalam mencari dunia yang menimbulkan kesombongan.
-Saya tidak khawatir kamu sekalian Salah yang kukhawatikan dari kamu sekalian adalah SENGAJA tuk SALAH yang didorong oleh Nafsu.
-- SEJELEK JELEKNYA MANUSIA ADALAH YANG TIDAK MAU MERASA SALAH DAN MENGAKUI SALAH --
KHOTIR/ KATA HATI ADA 4 :
1. KHOTIR ROHMANI
adalah khotir (kata hati) yang datangnya dari Allah langsung.
Tandanya khotir tersebut tidak bisa dicegah menggunakan apapun, dan pasti berupa perkara yang baik.
2 .KHOTIR MALAKI
adalah khotir yang datangnya dari Malaikat yang menjadi delegasi/diperintah Allah.
Tandanya bila akan melakukan khotir tersebut masih ada ketergantungan dan pasti berupa perkara yang baik.
3. KHOTIR SYAITHONI
adalah khotir yang datangnya dari Syaitan dan pasti berupa kejelekan.
4. KHOTIR NAFSI
adalah khotir yang datangnya dari watak / keinginan yang timbul dari diri sendiri bisa berupa barang yang baik dan bisa berupa barang yang jelek.
@ beramal yang ajek ( istiqomah ) itu sebagai tandanya orang yang beramal ikhlas.
- Amalkan ilmu agama sedikit demi sedikit utamakan ajeg, ( jangan langsung banyak banyak )
@ kalo mau rezekinya lancar byasakan membaca istighfar. Sebab salah satu sebab sulitnya rezeki adalah sebab dosa.
أَسْتَغْفِرُاللَّهْ رَبَّ الْبَرَايَا أَسْتَغْفِرُاللَّهْ مِنَ الْخَطَايَا
رَبّـِيْ زِدْنِيْ عِلْمًا نَافِعَا وَوَافِقْنِيْ عَمَلاً مَقْبُوْلا
@ LATIHLAH BERAMAL YANG IKHLAS.
- Sebab puncaknya amal adalah ikhlas.
اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ العَا لَمِيْن
5. Facebook
https://m.facebook.com/groups/134905726634542
Muga" manfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar