Selasa, 25 Oktober 2016

Rabu.25 Oktober2016

Kh.Abdul mu'thi
Pondok pesantren Annajach
Koripan, Tegalrejo
Magelang koripan

Rabu. 25

 Oktober2016


1. Klik Blog
- Http://ahmadmujib99.Blogspot.com/
Http://toharhar.Blogspot.com/

2.Download Audio pengajiannya ANNAJACH.mp3
Klik link dbawah. ;;
( 20.24 MB )


http://www.mediafire.com/file/ikem0l77me9em27/Rabu.25Oktober2016.mp3


YOUTUBE



3.Ringkasan materi

Rabu.25 Oktober2016

@  MONGGO SARENG2 NOTO NIAT NGAJI  mugi'' pikantuk ilmu nafi' ( manfaat )  lan dadosaken  lantaran  kawilujengan kitho sedoyo fi dunya wal akhirot. Amiin.

AL-MURJIAH
المُـــــــــرْجِئَة

11.  الظَّاهِـــرِيَة  (ADZ-DHOHIRIYAH)
الَّذِيْنَ نَفَــوْا الْقِيَــاسَ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٢}
    Berkeyakinan bahwa : dalam agama islam tidak ada QIYAS (menyamakan sesuatu pada sesuatu yang lain karena ada titik persamaan diantara kedua perkara tersebut)
Menurut ASWAJA :
Dalam agama islam qiyas itu tetap ada, sebab pedomannya orang islam itu ada 4 : Al-qur’an, Chadist, Ijma’ dan qiyas. Berdasarkan :
-  QIYAS adalah
 رَدُّ الْفَرْعِ اِلَى الْاَصْلِ بِعِلَّةٍ يَجْمَعُهَا فِى الْحُكْمِ 
Menyamakan sesuatu pada sesuatu yang lain karena ada titik persamaan diantara kedua perkara tersebut,contoh qiyas yaitu  ;
Berzakat,  kalau zaman dahulu memakai gandum & kurma, zaman sekarang memakai beras . Sama sama didalam bahan makanan pokok.
- Ijma’ adalah ;
الإِجْمَاعُ اتِّفَــاقُ الْمُجْتَهِدِيْنَ مِنْ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ صلى الله عليــه وسلــم عَلَى أَمْـــرٍ دِيْنِيٍّ
Kesepakatan para Mujtahid ( ULAMA 4 ), Dalam mengambil hukum  Langsung dari Al-qur’an dengan ilmu-ilmu tertentu dari umatnya nabi muhammad SAW.  ( Imam Syafi'i, Imam maliki ,Imam Chanafi dan Imam Chambali )

قال رســول الله صلى الله عليه وســلم زَكَاةُالْفِطْــرِ فَــرْضٌ عَلَى كُلِّ مُسْــلِمٍ حُــرٍّ وَعَبْــدٍ ذَكَــرٍ وَاُنْثَى مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ صَاعٌ مِنْ تَمْــرٍ اَوْ صَاعٌ 
مِنْ شَعِــيْــــرٍ. رواه الدراقطنى عن ابن عمـــر
Artinya  Rosululloh SAW bersabda yang artinya kurang lebih:
 Zakat fitrah itu difardhukan atas semua orang islam, baik yang merdeka atau sahaya, laki-laki atau perempuan dari golongan islam, sebanyak satu sho’ atau 2 kg 4 ons dari kurma kering atau satu sho’ dari gandum. ( riwayat Addaroquthni dari ibnu Umar)
Dalam hadis tersebut disebutkan bahwa yang dikeluarkan zakatnya adalah kurma atau gandum bukan beras, sebab di kala itu kedua tersebut menjadi bahan makanan pokok. Jadi zakat beras disamakan dengan zakat gandum sama didalam olehnya menjadi bahan makanan pokok.  

2. Segala makanan/minuman yang memabukkan haram, sebab disamakan dengan khomer. Seperti narkoba, ganja,pil koplo,dan sebagainya. Padahal di dalam Al-qur’an yang disebutkan hanya khomer.
  Maka jika ada orang yang tidak memakai qiyas, tapi zakatnya dengan beras, berarti dia menyimpang dari Al-qur’an. Karena di dalam Al-qur’an tidak ada yang menerangkan zakat memakai beras. 
Kesimpulan :
 pedoman/dasar-dasar agama islam itu ada 4, yaitu
 Al-qur’an, Chadist, Ijma’ dan Qiyas. Cukup di dalam kitab المبادئ الفقهــية juz 3 sudah disebutkan bahwa dasar-dasar agama itu adalah 4 tersebut.

@ setiap orang yang akan mati pasti ditunjukkan tempat yang akan ditempati di surga / neraka.,

@ Pegang dan angan '' 3 perkara supaya matinya kepenakdan KHUSNUL KHOTIMAH ;
1. IKHLASKAN HATI KETIKA AKAN DIJABUT NYAWANYA 
2.MENGHARAP ROHMAT dan RIDHONYA ALLAH 
3. MENGHARAP PENGAPURO ALLAH.,

@ Bila aqan ada orang mati bacakan ayat 
1. SurAT  arrad
untuk mempercepat keluarnya nyawa.,
2. Surat yasiin
untuk mengenakkan ketika keluarnya nyawa.,

@ ajarilah / Talqinlah ahli kubur Untuk jawaban semua pertanyaan kubur ketika ditanya malaikat lebih baik semua dijawab pakai ucapan dzikir لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللّه., 

@ perselishan ulama  merupakan rohmat ;
dalam arti  perselisihan pendapat para mujtahid ini merupaka keluasan bagi umat  yng mau menjalani ibadah.

@ النّظَامِيَة  (AN-NIDHOMIYAH)
الَّذِيْنَ نَفَوْا الْإِجْــــمَاعَ     { الغنيـــة لطالبى طريق الحق عز وجل ، ص ١٨٨}
Berkeyakinan bahwa : mereka tidak mengadakan ijma’ dalam agama, mereka juga berkeyakinan bahwa jika meninggalkan sholat tidak wajib mengqodlonya,serta berkeyakinan bahwa tindakan Nabi itu seperti tindakan iblis.
Menurut ASWAJA :
Dalam agama pasti ada ijma’, karena pedoman orang islam adalah Al-qur’an, hadis, ijma’ dan qiyas .Berdasarkan :
لَاتَجْتَمِعُ أُمَّتِيْ عَلَى الضَّلَالَةِ   رواه الترمذى
Artinya +- :
 Ummatku tidak akan sependapat pada hukum yang sesat.
Maka ijma’nya Ulama’ itu benar.
الإِجْمَاعُ التِّفَـــاقُ الْمُجْتَهِدِيْنَ مِنْ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ صلى الله عليــه وسلــم عَلَى أَمْرٍ دِيْــنِيٍّ 
Ijma’ adalah :
    Kesepakatan para mujtahid dari ummat Nabi Muchammad SAW dalam masalah agama.seperti : para Ulama’ sepakat dalam orang yang chadast haram melakukan sholat.
Dan menurut ASWAJA : orang yang meninggalkan sholat itu harus mengkodlonya . 
مَنْ نَسِيَ صَلَاةً أَوْنَامَ عَنْهَا فَكَفَّارَتُهَا أَنْ يُصَلِّيْــهَا إِذَاذَكَـــرَهَا (حم ق ت ن ) عن انس (صحــ) جامع الصغــير ص ١٨٢ 
Artinya : “ siapa orang yang lupa sholat atau tidur meninggalkan sholat maka dendanya adalah melakukan sholat yang ditinggalkan apabila sudah ingat”

12. AL BIDAIYAH
أَوَّاُ مَنْ ابْتَدَعَ هــذِهِ الْأَحْــدَاثَ فِى هــذِهِ الأُمَّةِ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١۹٢}
Berkeyakinan bahwa : di dalam  agama islam boleh melakukan bid'ah, mereka orang-orang pertama kali yang mengadakan bid’ah.
    Menurut ASWAJA : 
- Imam syafi'i membagi  bid'ah dalam  2 bentuk  umum dan khusus,. 
1. BID'AH KHUSUS 
tindakan yg dizaman rosul tidak ada dan skrg diadakan tp mnyimpang dr atsar, ijma' dan qiyas rosul stelah tdk ada sahabat dan tdk ada izin syar'iyah,.
 - Bid'ah khusus sendiri dibagi 2 bentuk ;
2.1. Jurusan i'tiqodiyah
pengikut thoriqoh qodiriyah apabila nanti meninggal aqan bertemu dgn syaikh abil qodir jaelani dst sampai nabi Muhammad
2.2 Jurusan 'ibadiyah
mengurangi / menambahi hiitungan wudhu/ sholat,.
2. BID'AH UMUM 
tindakan/amalan yg tdk ada dzaman rosul dan sahabat, baik tindakan ibadah/adat,. 

I.Syafi'i membagi bid'ah umum menjadi 2 ;
3.1.  bid'ah DHOLALAH ;
tindakan yg dizaman rosul tidak ada dan skrg diadakan tp mnyimpang dr atsar( pengendikane ulama salaf ), ijma' dan Alquran ,hadits,.
3.2. Bid'ah KHASANAH ;
tindakan yang dizaman rosul tidak ada contoh , tapi bagus maka boleh dilakukan ;

-@ macamnya bid’ah umum terbagi  5 ; 
1.Bid'ah WAJIBAH,.
mis ;seperti  ngarang kitab, ngaji nahwu sorof
2. Bid'ah MUHARROMAH,.
Miss ;dikitab madkhol  dicontohkan orang yg berkeyakinan spt  gol murjiah , jabriah , mujasimah dsb,. 
Di KITAB MADKHOL
3. Bid'ah MANDUBAH (sunah),.
mis ; membangun pondok, Mngmpulkan masy. Utk tahlil/dzikir dsb.,
4. Bid'ah MAKRUHAH,.
mis ;nglonteng'' masjid, makan memakai garpu dan sendok ,SETELAH SHOLAT SALAMAN MAKRUH,. Yang diSUNAHkan salamaN apabila sesama muslim bertemu,.
5. Bid'ah MUBAHAH
MIS ; pakaian yang bagus bagus dizaman sekarang,. makan yg enak''., stlah sholat salaman ( dikitab i'aNAH )

12. AL BIDAIYAH
أَوَّاُ مَنْ ابْتَدَعَ هــذِهِ الْأَحْــدَاثَ فِى هــذِهِ الأُمَّةِ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١۹٢}
Berkeyakinan bahwa : di dalam  agama islam boleh melakukan bid'ah, mereka orang-orang pertama kali yang mengadakan bid’ah.
    Menurut ASWAJA : 
- Imam syafi'i membagi  bid'ah dalam  2 bentuk  umum dan khusus,. 
1. BID'AH KHUSUS 
tindakan yg dizaman rosul tidak ada dan skrg diadakan tp mnyimpang dr atsar, ijma' dan qiyas rosul stelah tdk ada sahabat dan tdk ada izin syar'iyah,.
 - Bid'ah khusus sendiri dibagi 2 bentuk ;
2.1. Jurusan i'tiqodiyah
pengikut thoriqoh qodiriyah apabila nanti meninggal aqan bertemu dgn syaikh abil qodir jaelani dst sampai nabi Muhammad
2.2 Jurusan 'ibadiyah
mengurangi / menambahi hiitungan wudhu/ sholat,.

2. BID'AH UMUM 
tindakan/amalan yg tdk ada dzaman rosul dan sahabat, baik tindakan ibadah/adat,. 

I.Syafi'i membagi bid'ah umum menjadi 2 ;
3.1.  bid'ah DHOLALAH ;
tindakan yg dizaman rosul tidak ada dan skrg diadakan tp mnyimpang dr atsar( pengendikane ulama salaf ), ijma' dan Alquran ,hadits,.
3.2. Bid'ah KHASANAH ;
tindakan yang dizaman rosul tidak ada contoh , tapi bagus maka boleh dilakukan ;

@ macamnya bid’ah umum terbagi  5 ; 
1.Bid'ah WAJIBAH,.
mis ;seperti  ngarang kitab, ngaji nahwu sorof
2. Bid'ah MUHARROMAH,.
Miss ;dikitab madkhol  dicontohkan orang yg berkeyakinan spt  gol murjiah , jabriah , mujasimah dsb,. 
Di KITAB MADKHOL
3. Bid'ah MANDUBAH (sunah),.
mis ; membangun pondok, Mngmpulkan masy. Utk tahlil/dzikir dsb.,
4. Bid'ah MAKRUHAH,.
mis ;nglonteng'' masjid, makan memakai garpu dan sendok ,SETELAH SHOLAT SALAMAN MAKRUH,. Yang diSUNAHkan salamaN apabila sesama muslim bertemu,.
5. Bid'ah MUBAHAH
MIS ; pakaian yang bagus bagus dizaman sekarang,. makan yg enak''., stlah sholat salaman ( dikitab i'aNAH )

@ SYEKH ABDUL QODIR JAELANI 
+-  antara anjing dan dan saya lebih baik anjing sebab ktk aku mati nanti dihisab, dan anjing tidak dihisab, antar orang bodoh dan aku lebih baik orang bodoh sebab dosanya orang bodoh sedikit sbb krn bodohnya. Dsb.

@ Sholat yang disunahkan jamaah cuma 7 yaitu ;
1. Sholta istisqo' ( minta hujan ) 
2. Sholat  gerhana matahari. 
3. Sholat gerhana bulan.
4. Sholat idul fitri.
5. Sholat idul adha.
6. Sholat tarawih.
7. Sholat witir Romadhon.

وَسِيْقَ الَّذِيْنَ اتَّقَــوْا رَبَّهُمْ إِلَى الْجَـــنَّةِ زُمَـــرًا ﴿ الــزمــر : ۷٣﴾
Artinya +- : 
“ dan orang-orang yang bertaqwa kepada Tuhannya diantar ke dalam surga secara berombongan”.
وَسِيْقَ الَّذِيْنَ كَـــــــفَرُوْا إِلَى جَهَـــنَّمَ زُمَـــرًا ﴿الـــزمـر: ۷١﴾
Artinya +- :
 “ orang-orang yang kafir ke neraka jahannam brombongan”.

- Jaminan surga adalah taqwa, dan taqwa adalah sumbernya kebahagiaan dunia dan akhirat.

- DASAR AGAMA ISLAM CUMA SATU DAN AKAN BERPECAH BELAH 73 BAGIAN .
وعن عـــبــــــد الله بن زيــد عن عبــد الله بن عمــر رضي الله عنهما قال: قال رســـــول الله صلى الله عليــه وسلــــم (( إِنَّ بَنِى إِسْرَائِيْلَ افْتَــرَقُــوْا عَلَى إِحْـــدٰى وَسَبْـــــــــــــــعِيْنَ فِــرْقَةً  كُلُّهَا فِى النَّارِ إِلَّا وَاحِدَةً ـ وَسَتَفْتَرِقُ أُمَّــتِى عَلَا ثَلَاثَةٍ وَسَبْـــــعِيْنَ فِــرْقَةً  كُلُّــهَا فِى النَّارِ إِلَّا وَاحِـــــدَةً ، قَالُـــوْا وَمَا تِلْكَ الْوَاحِــدَةُ ؟ قَالَ صلى الله عليــه وسلــم : مَنْ كَانَ عَلَى مِثْلِ مَا أَنَا عَلَيْهِ وَأَصْحَابِى ))  

- YANG 72 GOLNGAN INSY.  DITERANGKAN  PADA TYAP MALEM REBO.

MIS ;
4. DARI GOLONGAN ARROFIDHOH ( AHMADIYAH ) 
  الإِسْحَــــاقِيَة  (AL-ISHAQIYAH)
قَالُوْا إِنَّ النُّبُــوَّةَ مُتَّــصِلَةٌ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَكُلَّ مَنْ يَعْلَمُ عِلْمَ أَهْلَ الْبَيْــتِ فَهُوَ نَبِيٌّ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٣}
    Berkeyakinan bahwa : sifat kenabian itu sampai hari qiyamat ada terus, siapa orang yang mempunyai ilmunya ahli bait itu adalah Nabi / (nabi itu ada terus sampe hari qiyamat) dan masih berkeyakinan bahwa masih ada wahyu.
Menurut ASWAJA :
Sifat kenabian / kerosulan sudah putus setelah Nabi Muchammad wafat.
سَيَكُـــوْنُ فِيْ اُمَّتِيْ ثَلَاثُــوْنَ كَذَّابُـــوْنَ كُلُّهُمْ يَــزْعَــمُ اَنَّهُ نَبِــيٌّ وَاَنَا خَاتَمُ النَّبِيِّــيْنَ وَلَا نَبِــيَّ بَعْـــدِيْ . رواه التــرمذى
Artinya : 
akan ada pendusta 30 orang, semua mendakwakan bahwa ia Nabi, aku (Nabi) adalah penutup dari Nabi-Nabi, tiada Nabi setelah aku.
مَاكَانَ مُحَمَّــدٌ اَبَا اَحَــدٍ مِّنْ رِّجَــالِكُمْ وَلٰكِــنْ رَّسُــــوْلَ اللهِ وَخَاتَمَ النَّبِيِّــيْنَ وَكَانَ اللهُ بِكُلِّ شَيْئٍ عَلِيْــمًا ﴿الاحــزاب : ٤٠﴾
Artinya : 
“ Muchammad itu bukanlah bapak dari seorang diantara kamu, tetapi dia adalah utusan Allah dan penutup para Nabi . dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu”.
Dalam kitab sulam taufiq siapa saja yang mempunyai keyakinan masih ada Nabi setelah Nabi Muchammad SAW, maka termasuk masuk dalam kafir i’tiqod. 

@ Ahli Sunah Wal Jamaah 
adalah orang yg tindakan, ucapan dan keyakinanny seperti Rosulullah dan Sohabat.,
- Nabi muhammad bukanlah Aswaja tapi Sumbernya Ahli sunah Wal Jamaah..

@ munculnya ASWJ  abad ke 3,.
+ abad 1 adalah zamannya rosullullah
+ abad 2 adalah zamannya sahabat dan tabi' tabi'in

@ ZAMAN AKHIR BANYAK YANG MASUK ISLAM TAPI SEDIKIT YANG MAU MENOLONG ISLAM @

-- orang kalo ﹑RASANGAKANYA a jelek maka  PERBUATANNYA juga jelek --

أللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلىَ  سَيِّدِنَاوَمَوْلَنَا مُحَمَّدٍ 
 عَدَدَ مَا فِى عِلْمِ ا للَّهِ صَلاَةً  دَائِمَةً بِدَوَامِ مُلْكِ اللَّهِ


اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ العَا لَمِيْن

Tidak ada komentar:

Posting Komentar