Kh.Abdul mu'thi
Pondok pesantren Annajach
Koripan, Tegalrejo
Magelang koripan
Rabu.18 Oktober2016
- Http://
- Http://
2.Download Audio pengajiannya ANNAJACH.mp3
Klik link dbawah. ;;
( 20.24 MB )
http://www.mediafire.com/file/wkoa2vkfoq0k3oz/Malam_rabu_18_oktober_2016.mp3
YOUTUBE
3.Ringkasan materi
Rabu.18 Oktober2016
@ MONGGO SARENG2 NOTO NIAT NGAJI mugi'' pikantuk ilmu nafi' ( manfaat ) lan dadosaken lantaran kawilujengan kitho sedoyo fi dunya wal akhirot. Amiin.
AL-MURJIAH
المُـــــــــرْجِئَة
8. المُسْتَسْنِيَة (AL-MUSTASNIAH)
قَالُوْا الْإِسْتِثْنَاءُ مِنَ الْإِيْمَـــانِ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٢}
Berkeyakinan bahwa : ISTISNA’ (orang yang mengucapkan “أَنَا مُــؤْمِنٌ اِنْ شَــاءَ اللهُ ” : saya orang yang mu’min insyaallah) sebagian dari iman.
Menurut ASWAJA :
Orang yang mengucapkan “أَنَا مُــؤْمِنٌ اِنْ شَــاءَ اللهُ ”
- Menurut Imam Hanafi : tidak boleh. Maka ucapkanlah اَنَا مُــؤْمِنٌ حَقًّا saya sejatinya orang mu’min, sebab termasuk perkara yang jelas.
contoh :
1. Hari jelas malam tidak perlu diucapkan ini sudah malam insya Allah.
2.saya bergerak, maka jelas dikatakan bergerak, tidak dikatakan saya bergerak InsyaAllah.
- Menurut Imam Syafi’i : boleh, Karena yang dimaksud iman itu
تَصْــدِيْقٌ فِيْ الْقَلْبِ وَ اِقْـــرَارٌ بِاللِّــسَانِ وَعَمَلٌ بِالْاَرْــكَانِ
(meyakini di hati, mengakui dengan lisan, pengamalan dengan tindakan). Yang dimaksud disini adalah ragu amalannya itu apakah suda menetapi syarat rukun/belum apakah diterima / tidak. Maka boleh mengucapkan اَنَا مُــؤْمِنٌ اِنْ شَــاءَ اللهُ .
هُــوَ تَصْدِيْــقٌ فِى الْقَلْبِ وَإِقْـــْرَارٌ بِاالِّلســانِ وَعَمَـــــلٌ بِالْأَرْكَانِ الإِيْمَانُ
Iman adalah keyakinan/kemantaban hati, di ucapkan dengan lesan dan di amalkan dengan perbuatan anggota badan.
- Isi atau kandungan iman adalah :
1. Meyakini di dalam hati
2. Pengakuan Lisan (mengakui)
3. Pengamalan
Maka bila tidak amal, dikatakan orang yang imannya tidak sempurna.
9. المُشَبِّهــة (AL-MUSYABBIHAH)
قَالُوْا بَصَـــرٌ كَبَصَـــرٍ وَيَــدٌ كَيَـــدٍ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٢}
Berkeyakinan bahwa : Allah mempunyai penglihatan seperti penglihatan makhluq, dan mempunyai tangan seperti tangannya makhluq.
- Golongan yang berkeyakinan seperti musyabihah adalah (KIROMIYAH/ WAHABI ) berkeyakinan menyerupakan Allah dengan makhluk-Nya dan juga berkyakinan bahwa Allah bertempat di ARSY.
Menurut ASWAJA :
Allah tidak boleh disifati dengan barang baru.
لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءُ ﴿الشـــورى : ١١﴾
Artinya : “ tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia (الله)".
Dan Allah itu menguasai ARSY bukan bertempat di ARSY.
- Yang dimaksud يَدُ اللهِ فَــوْقَ اَيْــدِيْهِمْ adalah bukan Chakikat tangan, tapi kekuasaan Allah itu di atas (lebih kuasa) kekuasaan para makhluq.
@ Allah bisa dilihat dengan mata, tapi di akhirat bukan di dunia. Dan yang meyakini kalau Alloh bisa dilihat dengan mata di dunia maka orang itu jelas kafir.Allah tidak bisa dilihat di dunia, sebab sangat dekatnya dan sangat terang.
@ GOLONGAN WAHABI MENGATAKAN BAHWA ALLAH BERTEMPAT DI ARSY.
- ini menggunakan ilmu balaghoh yang Istawa ma'nanyaISTAULA yang artinya MENGUaSAi arsy.
وُجُــوْهٌ يَّوْمَئِــــذٍ نَّاضِرَةٌ﴿٢٢﴾ إِلٰى رَبِّــهَا نَاظِــــرَةٌ ﴿٢٣﴾ القِيَامَة
Artinya +- : (22)wajah-wajah (orang mukmin) pada hari itu berseri-seri.(23) Memandang Tuhannya.
@ SIAPA ORANG YANG MENYANGKA BAHWA ALLAH BISA DILIHAT DI DUNIA MAKA JELAS KAFIR ,. !!!
وَسِيْقَ الَّذِيْنَ اتَّقَــوْا رَبَّهُمْ إِلَى الْجَـــنَّةِ زُمَـــرًا ﴿ الــزمــر : ۷٣﴾
Artinya +- :
“ dan orang-orang yang bertaqwa kepada Tuhannya diantar ke dalam surga secara berombongan”.
وَسِيْقَ الَّذِيْنَ كَـــــــفَرُوْا إِلَى جَهَـــنَّمَ زُمَـــرًا ﴿الـــزمـر: ۷١﴾
Artinya +- :
“ orang-orang yang kafir ke neraka jahannam brombongan”.
-- SHOLAT ADA POINT BESAR KETIKA DINIATI DENGAN BENAR DAN MERASA DILIHAT ALLAH --
@ Nafsu itu lebih jelek dari 70 syetan, tapi kebanyakan manusia tidak merasa,.
- Maka JANGAN MERASA LEBIH DARI APAPUN ,.
@Sungguh syetan itu meletakkan taringnya dihati manusia , dan
+bila manusia mau berdzikir maka syetan akan mundur ,
+dan bila manusia lepas dr dzikir maka syetan akan menguasai hati manusia,. Dan
+bila hati sdh dikuasai syetan maka akan menimbulkan tindakan'' negatif.
( makanya ada perintah untuk memperbanyak dzikir= HATINYA INGAT ALLAH ALIAS BUKAN CUMA LESANNYA SAJA )
@ ketika SHOLAT perhatikaN SYARAT DAN RUKUNNYA SHOLAT,. Dan lagi perhatikan ;
1. Ketika bangun dari rukuk tangan jangan goyang'' sebnyak 3 kali. Sebab bila lebih dari 3 jali gerakannya maka BATAL SHOLATE
2. KETIKA SUJUD KAKINYA WAJIB MADAL.
Sebab bila tidak madal kakinya ketika sujud , sholatnya menjadi batal
3. Bagi perempuan ktk sujud kakinya jangan sampai terlihat, dan ketika berdiri semua kakinya jangan menginjakkan di RUKUH . Sebab hal ini bisa menyebabkan batalnya sholat.
4. TUMA'NINAH ( berhennti sejenak pada setiap gerakan )
3.Ringkasan materi
Rabu.18 Oktober2016
@ MONGGO SARENG2 NOTO NIAT NGAJI mugi'' pikantuk ilmu nafi' ( manfaat ) lan dadosaken lantaran kawilujengan kitho sedoyo fi dunya wal akhirot. Amiin.
AL-MURJIAH
المُـــــــــرْجِئَة
8. المُسْتَسْنِيَة (AL-MUSTASNIAH)
قَالُوْا الْإِسْتِثْنَاءُ مِنَ الْإِيْمَـــانِ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٢}
Berkeyakinan bahwa : ISTISNA’ (orang yang mengucapkan “أَنَا مُــؤْمِنٌ اِنْ شَــاءَ اللهُ ” : saya orang yang mu’min insyaallah) sebagian dari iman.
Menurut ASWAJA :
Orang yang mengucapkan “أَنَا مُــؤْمِنٌ اِنْ شَــاءَ اللهُ ”
- Menurut Imam Hanafi : tidak boleh. Maka ucapkanlah اَنَا مُــؤْمِنٌ حَقًّا saya sejatinya orang mu’min, sebab termasuk perkara yang jelas.
contoh :
1. Hari jelas malam tidak perlu diucapkan ini sudah malam insya Allah.
2.saya bergerak, maka jelas dikatakan bergerak, tidak dikatakan saya bergerak InsyaAllah.
- Menurut Imam Syafi’i : boleh, Karena yang dimaksud iman itu
تَصْــدِيْقٌ فِيْ الْقَلْبِ وَ اِقْـــرَارٌ بِاللِّــسَانِ وَعَمَلٌ بِالْاَرْــكَانِ
(meyakini di hati, mengakui dengan lisan, pengamalan dengan tindakan). Yang dimaksud disini adalah ragu amalannya itu apakah suda menetapi syarat rukun/belum apakah diterima / tidak. Maka boleh mengucapkan اَنَا مُــؤْمِنٌ اِنْ شَــاءَ اللهُ .
هُــوَ تَصْدِيْــقٌ فِى الْقَلْبِ وَإِقْـــْرَارٌ بِاالِّلســانِ وَعَمَـــــلٌ بِالْأَرْكَانِ الإِيْمَانُ
Iman adalah keyakinan/kemantaban hati, di ucapkan dengan lesan dan di amalkan dengan perbuatan anggota badan.
- Isi atau kandungan iman adalah :
1. Meyakini di dalam hati
2. Pengakuan Lisan (mengakui)
3. Pengamalan
Maka bila tidak amal, dikatakan orang yang imannya tidak sempurna.
9. المُشَبِّهــة (AL-MUSYABBIHAH)
قَالُوْا بَصَـــرٌ كَبَصَـــرٍ وَيَــدٌ كَيَـــدٍ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٢}
Berkeyakinan bahwa : Allah mempunyai penglihatan seperti penglihatan makhluq, dan mempunyai tangan seperti tangannya makhluq.
- Golongan yang berkeyakinan seperti musyabihah adalah (KIROMIYAH/ WAHABI ) berkeyakinan menyerupakan Allah dengan makhluk-Nya dan juga berkyakinan bahwa Allah bertempat di ARSY.
Menurut ASWAJA :
Allah tidak boleh disifati dengan barang baru.
لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءُ ﴿الشـــورى : ١١﴾
Artinya : “ tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia (الله)".
Dan Allah itu menguasai ARSY bukan bertempat di ARSY.
- Yang dimaksud يَدُ اللهِ فَــوْقَ اَيْــدِيْهِمْ adalah bukan Chakikat tangan, tapi kekuasaan Allah itu di atas (lebih kuasa) kekuasaan para makhluq.
@ Allah bisa dilihat dengan mata, tapi di akhirat bukan di dunia. Dan yang meyakini kalau Alloh bisa dilihat dengan mata di dunia maka orang itu jelas kafir.Allah tidak bisa dilihat di dunia, sebab sangat dekatnya dan sangat terang.
@ GOLONGAN WAHABI MENGATAKAN BAHWA ALLAH BERTEMPAT DI ARSY.
- ini menggunakan ilmu balaghoh yang Istawa ma'nanyaISTAULA yang artinya MENGUaSAi arsy.
وُجُــوْهٌ يَّوْمَئِــــذٍ نَّاضِرَةٌ﴿٢٢﴾ إِلٰى رَبِّــهَا نَاظِــــرَةٌ ﴿٢٣﴾ القِيَامَة
Artinya +- : (22)wajah-wajah (orang mukmin) pada hari itu berseri-seri.(23) Memandang Tuhannya.
@ SIAPA ORANG YANG MENYANGKA BAHWA ALLAH BISA DILIHAT DI DUNIA MAKA JELAS KAFIR ,. !!!
وَسِيْقَ الَّذِيْنَ اتَّقَــوْا رَبَّهُمْ إِلَى الْجَـــنَّةِ زُمَـــرًا ﴿ الــزمــر : ۷٣﴾
Artinya +- :
“ dan orang-orang yang bertaqwa kepada Tuhannya diantar ke dalam surga secara berombongan”.
وَسِيْقَ الَّذِيْنَ كَـــــــفَرُوْا إِلَى جَهَـــنَّمَ زُمَـــرًا ﴿الـــزمـر: ۷١﴾
Artinya +- :
“ orang-orang yang kafir ke neraka jahannam brombongan”.
-- SHOLAT ADA POINT BESAR KETIKA DINIATI DENGAN BENAR DAN MERASA DILIHAT ALLAH --
@ Nafsu itu lebih jelek dari 70 syetan, tapi kebanyakan manusia tidak merasa,.
- Maka JANGAN MERASA LEBIH DARI APAPUN ,.
@Sungguh syetan itu meletakkan taringnya dihati manusia , dan
+bila manusia mau berdzikir maka syetan akan mundur ,
+dan bila manusia lepas dr dzikir maka syetan akan menguasai hati manusia,. Dan
+bila hati sdh dikuasai syetan maka akan menimbulkan tindakan'' negatif.
( makanya ada perintah untuk memperbanyak dzikir= HATINYA INGAT ALLAH ALIAS BUKAN CUMA LESANNYA SAJA )
@ ketika SHOLAT perhatikaN SYARAT DAN RUKUNNYA SHOLAT,. Dan lagi perhatikan ;
1. Ketika bangun dari rukuk tangan jangan goyang'' sebnyak 3 kali. Sebab bila lebih dari 3 jali gerakannya maka BATAL SHOLATE
2. KETIKA SUJUD KAKINYA WAJIB MADAL.
Sebab bila tidak madal kakinya ketika sujud , sholatnya menjadi batal
3. Bagi perempuan ktk sujud kakinya jangan sampai terlihat, dan ketika berdiri semua kakinya jangan menginjakkan di RUKUH . Sebab hal ini bisa menyebabkan batalnya sholat.
4. TUMA'NINAH ( berhennti sejenak pada setiap gerakan )
@ Manusia ada 4 bagian ;
1, Orang Punya kebagusan didunia dan akhirat.
- yaitu orang yang kaya dan ibadahnya bagus
2. Jelek didunia dan akhirat.
- yaitu orang KAFIR DAN MISKIN.
3. Orang yang terlihat bagus didunia tapi akhiratnya kosong.
- yaitu Orang kafir yang kaya.
4. Orang yang ketiika didunia terlihat jelek tapi akhiratnya surga.
- yaitu orang miskin yang mau beribadah.
- TYAP MANUSIA HARUS PUNYA KEKHAWATIRAN NANTI MATINYA DALAM KEADAAN KAFIR ATAU DALAM KEADAAN IMAN -
- siapa orang yang tidak punya kekhawatiran matinya dalam keadaan su'ul /khusnul khotimah maka MATINYA PASTI DALAM KEADAAN JELEK..
@ SEBAGAI SEORANG ISTRI JANGAN PERNAH MENUNTUT HASIL KEPADA SEORANG SUAMI -
- Kebanyakan seorang perempuan masuk neraka sebab TIDAK MAU BERSYUKUR kpd ALLAH ATAS PEMBERIAN SUAMI.
لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللّهُ
@ Orang yang mengumpulkan harta . Dan pada saat mati harta itu tidak dibawa. Tapi hisabnya akan menimpa pada si Ahli kubur padahal tidak ikut menikmaati uang tersebut.
- makane seng santai ( hatinya ) dalam mencari rezeki.
@ BYASANYA ORANG SEMAKIN KAYA AKAN SEMAKIN PELIT @
@ ada kalimat dua yang bila diucapkan enteng tapi mnyyebabkan beratnya timbangan amal. Yaitu kalimat
'' SUBHANALLAH WABIHAMDIHI , SUBHANLAAH HIL ADHIM ''
لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللّهُ
1. ahli ngaji kakung putri ayo sregep rajin ngaji,
kanggo sangu urep mati sowan ono ngerso ilahi ,.
@ Imam Fudail +- ;
Andaikata NIAT itu syah dan benar maka tidak ada amalan yang lebih bagus kecuali NIAT.
- sebab didalam niat tidak ada kecampuran sifat RIYA'
@ HADITS ;
+- Mana mana perempuan yang tanpa alasan yang jelas minta cerai sama suaminya maka tidak akan MENCIUM BAUNYA SURGA,.
- ORANG YANG MASIH PUNYA PRASANGKA BURUK TIDAK AKAN BISA MENJADI AHLI HIKMAH -
- dimana orang perbuatannya jelek maka prasangkanya juga buruk.
- MAKA BYASAKAN KHUSNUDZON ( berprasangka baik ).
@ Syetan bisa menang pada manusia pada 2 keadaan ;
1. Ketika manusia marah
2. Ketika manusia menuruti nafsu
@ VISI MISI SYETAN DI DUNIA ADALAH UNTUK MENGANGGU MANUSIA SUPAYA MENEMANINYA DI NERAKA @
اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ العَا لَمِيْن
Tidak ada komentar:
Posting Komentar