Kh.Abdul mu'thi
Pondok pesantren Annajach
Koripan, Tegalrejo
Magelang koripan
Rabu.4 Oktober2016
- Http://
- Http://
2.Download Audio pengajiannya ANNAJACH.mp3
Klik link dbawah. ;;
( 17.24 MB )
http://www.mediafire.com/file/rle8je4rbt00oo9/Rabu.4_Oktober_2016.mp3
YOUTUBE
3.Ringkasan materi
Rabu.4 Oktober2016
@ MONGGO SARENG2 NOTO NIAT NGAJI mugi'' pikantuk ilmu nafi' ( manfaat ) lan dadosaken lantaran kawilujengan kitho sedoyo fi dunya wal akhirot. Amiin.
الجَهْـــــمِيَة
AL JAHMIYAH
12. اللّفْظِيَة (AL-LAFDHIYAH)
قَالُوْا لَفْظُنَا بِالْقُرْأنِ مَخْــلُــوْقٌ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٢}
Berkeyakinan Bahwa : Lafad Al-qur’an, Yaitu Al-qur’an yang kita baca itu makhluq.
Menurut ASWAJA :
Alquran mempunyai 2 makna :
1.Jika yang dikehendaki dari Al-qur’an adalah yang dibukukan, maka HADIS (baru) /حَادِثْ أَيْ مَوْجُـــوْدٌ بَعْــدَ عَدَمٍ
adalah wujudya setelah tidak ada, dalam arti semua barang wujud yang wujudnya didahului tidak ada itu dinamakan حَادِثْ seperti manusia, hewan,dan alam semesta ini. Maka al-qur’an yang kita baca sekarang ini dihukumi حَادِثْ / baru, karena dulu tidak ada kemudian di adakan dengan dibukukan.
2. Jika yang dikehendaki dari Al-qur’an adalah kalamullah / كَلَامُ اللّه , maka QODIM / عَدَمُ الْأَوَلِيَة
adalah wujudnya tidak didahului tidak ada, dalam arti tidak ada awalannya. Maka كَلَامُ اللّه itu Qodim, karena kalam itu termasuk sifatnya Allah. Dan semua sifat-sifatNya Allah itu Qodim, sebab Dzat-Nya Allah juga Qodim.
- Al-qur’an itu bukan buatan manusia, maka Nabi kita dikatakan AL UMMI { الأمّى } ya'ni tidak bisa membaca dan tidak bisa menulis , kalau bisa membaca dan menulis nanti umatnya Nabi menyangka kalau quran itu buatan Nabi .
AL-MURJIAH
المُـــــــــرْجِئَة
- Berkeyakinan kalau sudah iman, maka boleh ma'siat, dan apabila orang itu kufur ( tidak iman ) ,maka tidak ada manfaat apa apa.
@ Syaratnya AMAL bisa dtrima Allah adalah IMAN,.
- Siapa orang yang sedekah didunia dgn IKHLAS maka Allah akan memberikan ganjaran di dunia dan akhirat.,
- Rasa/ sensasinya IKHLAS itu bagaikan orang yang buang air besar didalam leganya dan plongnya saat mbuang dan setelahnya tdk dilihat lagi setelah dikeluarkan.,
1. التَّـــــارِكِيَة (AT-TARIKIYAH)
قَالُوْا لَيْسَ لِلّهِ عَزَّ وَجَلَّ عَلَى خَلْقِــــــــهِ فَــرِيْضَــةٌ سِوَى الْإِيْــــمَانِ بِهِ فَمَنْ أمَـــنَ بِهِ فَلْيَفْعَلْ مَا شَـــاءَ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٢}
Berkeyakinan bahwa : semua makhluq itu tidak mempunyai kewajiban apapun dihadapan Allah kecuali iman, maka bagi siapa saja yang sudah beriman boleh bertindak apa yang dia kehendaki.
Menurut ASWAJA :
Orang itu tidak cukup dengan iman saja, harus dibuktikan dengan tindakan.
الإِيْمَانُ عُـــــرْيَانٌ وَلِبَاسُهُ التَّقْـــوَى وَزِيْـــنَتُهُ الْحَيَاءُ وَثَمْـــرَتُهُ الْعِـــلْمُ
Artinya :
“ iman itu telanjang dan pakaiannya adalah taqwa, hiasannya adalah malu dan buahnya adalah ilmu.
Orang yang tidak punya malu akan bertindak semena-mena dan tidak takut kepada Allah.
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْــبُــدُوْنَ ﴿الذاريـات : ٥٦﴾ لقــوله تعالى :
Artinya : “ dan tidaklah Aku ciptakan Jin dan Manusia kecuali untuk mengabdi kepadaku”.
2. السَّـــــائِبِيَّة (AS-SAIBIYAH)
قَالُوْ إِنَّ اللهَ تَعَالَى سَيَّبَ خَلْقَـــهُ لِيَفْعَـــلُوْا مَا شَــاءَ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٢}
Berkeyakinan bahwa : Allah membiarkan kepada manusia untuk berbuat semaunya.
Menurut ASWAJA :
Allah itu tidak mungkin menciptakan manusia tanpa peraturan. Jenisnya peraturan itu ada yang berupa perintahan dan ada larangan, maka siapa yang ikut perintahan Allah, maka surgalah tempatnya dan siapa yang melanggar maka nerakalah tempatnya.
@ ukurlah kebaikan seseorang darinaturan quran dan hadits, jangan karena dunia trus diarani BAIK.,
3.الرَّاجِيَـــــــــــة (AR-ROJIAH)
لَايُسَمَّى الطَّائِعُ طَائِعًا وَلَا الْعَاصِى عَاصِيًــا لِأَنَّا لَانَدْرِىْ مَالَهُ عِنْدَ اللهِ تَعَالَى {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٢}
Berkeyakinan bahwa : orang yang to’at itu tidak bisa disebut to’at dan orang yang melakukan ma'siat tidak bisa disebut ma'siat, karena kita besok tidak tahu dalam pengadilan Allah apakah mendapatkan ampunan atau tidak.
Seumpama kita di dunia melakukan to’at, tapi kalau besok ditakdir orang tidak beruntung, maka sia-sia amal kita, ini seperti orang yang hakekat tanpa syari’at.
Menurut ASWAJA :
orang yang to’at itu bisa disebut to’at dan orang yang melakukan ma'siat bisa disebut ma'siat.
JALAN UNTUK MENUJU AKHIRAT ITU ADA 3, YAITU :
1. شـــريعة : peraturan-peraturan agama yang dibebankan kepada orang yang sudah baligh. Seperti haram, wajib, sunnah, makruh, dan muvah.
2. طـــريــقة : jalan/amalan melakukan peraturan agama, baik berupa melakukan perintah. Seperti sholat, mencari ilmu syar’i dan sebagainya atau berupa menjauhi larangan. Seperti tidak berzina, minum khomr, membunuh dan sebagainya.
3. حقيـــــــقة : inti pokok/tujuan.
Orang yang hanya melakukan syari’at tanpa chaqiqot itu kosong, sedangkan melakukan chaqiqot tanpa syri’at itu batal.
@ Allah menciptakan makhlukq ada 3 ,yaitu;
1, malaikat ( muthi'in )
toat terus dan tdk pernah ma'siat sedikitpu
2. Syetan ( 'ashin )
ma'siat terus tdk pernah toat,.
3. Manusia ( mutaqin )
kadang toat kadang ma'siat,.
- NAFSU ITU LEBIH JELEK DARIPADA 70 SYETAN -
- SIAPA YANG mENJADI walinya ALLAH , TIDAK akan memperlihatkan didepan umum -
@ WALInya Allah ADA DUA bagian ;
1. WALI SALIKIN
bisa deimengerti sesama walinya Allah dan bisa diusahakan. Pada tingkatan wali ini derajad kewaliannya bisa naik turun yg disebabkan kuat tidaknya dalam menghadapi cobaan dari Allah.
- disaat lahir kedunia yang dilihat dan dimengerti pertama kali adalah dunia dulu baru mengerti ALLAH.
- CARA untuk menjadi wali salikin adalah dengan cara menjalani perintah Allah dan menjauhi semua larangan Allah
- Dan bila melakukan dosa dengan segera langsung bertobat
2. WALI MAJDUBIN ( WALI JADAB )
wali Allah yang hatinya langsung ditari oleh Allah dan tidak bisa diusahakan, sebb Allah yang langsing menari hatinya.
- disaat lahir kedunia yang dilihat dan dimengerti pertama kali adalah ALLAH .
- WALI JADAB tidak terkena hukum
@ YANG NAMANYA WALINYA ALLAH PASTI IMAN DAN TAQWA DAN JUGA PASTI MEMBENCI DUNIA @
@ Orang yang 'ALIM DAN MENGAMALKAN ILMU ALLAH MENJADI KEKASIHNYA ALLAH DAN ORANG BODO JADI MUSUHNYA ALLAH @
- makane gelemo ngaji.
@ Orang ahli ibadah yang hanya melakukan kewajibannya, diperintah oleh Allah untuk masuk kesurga, TAPI ORANG 'ALIM DIPERINTAH ALLAH untuk menunggu di jembatan shirotol mustaqim untuk memberi syafaat kepada yang disukai untuk lebih dahulu spaya masuk kesurga.,
4. السَّــــالِبِيَّة (AS-SALIBIYAH)
قَالُوْا الطَّاعَةُ لَيْسَتْ مِنَ الْإِيْــمَانِ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٢}
Berkeyakinan bahwa : tho’at itu tidak sebagian dari iman.
Menurut ASWAJA :
Tho’at itu menjadi tanda bahwa dirinya beriman, sebab tandanya iman adalah melakukan perintah Allah seperti sholat, puasa, zakat dan sebagainya.
هُــوَ تَصْدِيْــقٌ فِى الْقَلْبِ وَإِقْـــْرَارٌ بِاالِّلســانِ وَعَمَـــــلٌ بِالْأَرْكَانِ الإِيْمَانُ
Iman adalah keyakinan/kemantaban hati, di ucapkan dengan lesan dan di amalkan dengan perbuatan anggota badan.
@ isinya iman itu
1. Meyakini dgn hati
2. Pengakuan Lesan yang diikraRke
3. Badan beramal
maka bila bila tdak amal cma dikatakan orang yg imanny tidak sempurna. Mis ; sholat ,zakat dsb.,
5. البَهِيْـــشِيَة (AL-BAHISSIYAH)
قَالُوْا الإِيْمَانُ عِلْمٌ وَمَنْ لَايَعْلَمُ الْحَقَّ مِنَ الْبَاطِلِ وَالْحَلَالِ مِنَ الْحَـــرَامِ فَهُوَ كَافِـــــرٌ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٢}
Berkeyakinan bahwa : iman adalah ilmu, siapa orang yang tidak mengerti mana barang yang حق (benar) dari barang yang باطل (salah) , barang halal dan barang haram maka orang itu dianggap kufur (Orang kafir ).
Menurut ASWAJA :
Siapa orang yang tidak bisa membedakan mana barang yang haram dan yang halal maka orang itu tidak kafir, tapi bodoh dalam agama, karena dalam agama diperintahkan ( sangat diwajibkan) untuk belajar ilmu tentang apa saja yang akan dilakukannya agar bisa selamat dari barang yang haram, sebab orang itu jika memakan/memakai barang yang haram, maka do’a-do’anya tidak akan bisa dikabulkan dan akan disiksa.
Babagan muharram ;
- Sebisa mungkin tgl 10 asyuro puasa , dan untuk mbedani dengan orang yahudi maka baiknya tanggal 9 juga berpuasa
- sebisa mungkin tanggal 10 sedekah yang ikhlas, sebab disaat itu orang yang sedekah dihari itu bagaikan BERSEDEKAH SATU TAHUN.,
@ orang yng mau membaca wiridan
حَسْبُنَاللَّهْ وَنِعْمَ الْوَكِيلْ .. نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيرْ
sebanayak 70 kali , maka segala apapun yang aqan menyakiti drinya aqan dicegah oleh Allah,.
- BILA DIBACA DARI TANGGAL 1 AKAN LEBIH BAGUS.
Umpama mau dibaca mulai dari tanggal 1 juga lebih baik.,
@ JANGAN MELAKUKAN SHOLAT ASYYURO SEBAB TERMASUK BID'AH MUNKAROH.
@ PENTING BANGET MENJAGA AGAR TETEP IMAN.
Caranya;.
Sholat sunah mutlak 2 rekaat ba'da maghrib dgn bacaan
1. Al ikhlas... 6X
2. Al Falaq... 1X
3. An Nas... 1X
bgtupun rekaat ke-2,.
Trus berdo yg intinya minta ketetepan iman islam
'' Allahumma tsabitsna alal imani wal islam ''
@ Dalam bulan muharram , diharamkan untuk perang dan perbuatan yang jelek lainnya,.
@ imam sofyan ats tsauri
siapa yang membikin kajembaran kepada keluarganya , maka Allah aqan memberikan keluasan rezekinya didalam setahun itu,.
( syaratnya harus IKHLAS )
- BERBUATLAH BAIK KEPADA SIAPA SAJA , SEBAGAIMANA ALLAH BERBUAT BAIK PADAMU -
@ Malamnya ASYYURO baiknya digunakan untuk ''nyenyuwun '' karo Allah.,
- terutama nyuwunke ngapuro wong tuwo kitho.
أَسْتَغْفِرُاللَّهْ رَبَّ الْبَرَايَا أَسْتَغْفِرُاللَّهْ مِنَ الْخَطَايَا
رَبّـِيْ زِدْنِيْ عِلْمًا نَافِعَا وَوَافِقْنِيْ عَمَلاً مَقْبُوْلا
1. ya allah maha murah nyuwun ilmu 'amal
ingkang katah sarto manfaat
yaumal qiyamah kantuk syafa'at
2. ya alloh maha suci nyuwun 'ilmu amal
ingkang suci lan ingkang katampi
yaumal qiyamah kumpul gusti nabi
3. Ya alloh moho akbar mugi pareng dateng
kito watak taqwo soho shobar
mugi waged amar ma'ruf nahi munkar
4. Ya alloh moho murah nyuwun 'ilmu amal
ingkang katah sartho manfa'at
mugi akhir kito khusnul khotimah
@ Punyai kesengajaan untuk lebih baik dalam menjalani Agama islam ditahun mendatang. Dan berusaha untuk lebih thoat pada Allah dan Rosulullah.
اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ العَا لَمِيْن
4. Facebook
https://m.facebook.com/ groups/134905726634542
3.Ringkasan materi
Rabu.4 Oktober2016
@ MONGGO SARENG2 NOTO NIAT NGAJI mugi'' pikantuk ilmu nafi' ( manfaat ) lan dadosaken lantaran kawilujengan kitho sedoyo fi dunya wal akhirot. Amiin.
الجَهْـــــمِيَة
AL JAHMIYAH
12. اللّفْظِيَة (AL-LAFDHIYAH)
قَالُوْا لَفْظُنَا بِالْقُرْأنِ مَخْــلُــوْقٌ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٢}
Berkeyakinan Bahwa : Lafad Al-qur’an, Yaitu Al-qur’an yang kita baca itu makhluq.
Menurut ASWAJA :
Alquran mempunyai 2 makna :
1.Jika yang dikehendaki dari Al-qur’an adalah yang dibukukan, maka HADIS (baru) /حَادِثْ أَيْ مَوْجُـــوْدٌ بَعْــدَ عَدَمٍ
adalah wujudya setelah tidak ada, dalam arti semua barang wujud yang wujudnya didahului tidak ada itu dinamakan حَادِثْ seperti manusia, hewan,dan alam semesta ini. Maka al-qur’an yang kita baca sekarang ini dihukumi حَادِثْ / baru, karena dulu tidak ada kemudian di adakan dengan dibukukan.
2. Jika yang dikehendaki dari Al-qur’an adalah kalamullah / كَلَامُ اللّه , maka QODIM / عَدَمُ الْأَوَلِيَة
adalah wujudnya tidak didahului tidak ada, dalam arti tidak ada awalannya. Maka كَلَامُ اللّه itu Qodim, karena kalam itu termasuk sifatnya Allah. Dan semua sifat-sifatNya Allah itu Qodim, sebab Dzat-Nya Allah juga Qodim.
- Al-qur’an itu bukan buatan manusia, maka Nabi kita dikatakan AL UMMI { الأمّى } ya'ni tidak bisa membaca dan tidak bisa menulis , kalau bisa membaca dan menulis nanti umatnya Nabi menyangka kalau quran itu buatan Nabi .
AL-MURJIAH
المُـــــــــرْجِئَة
- Berkeyakinan kalau sudah iman, maka boleh ma'siat, dan apabila orang itu kufur ( tidak iman ) ,maka tidak ada manfaat apa apa.
@ Syaratnya AMAL bisa dtrima Allah adalah IMAN,.
- Siapa orang yang sedekah didunia dgn IKHLAS maka Allah akan memberikan ganjaran di dunia dan akhirat.,
- Rasa/ sensasinya IKHLAS itu bagaikan orang yang buang air besar didalam leganya dan plongnya saat mbuang dan setelahnya tdk dilihat lagi setelah dikeluarkan.,
1. التَّـــــارِكِيَة (AT-TARIKIYAH)
قَالُوْا لَيْسَ لِلّهِ عَزَّ وَجَلَّ عَلَى خَلْقِــــــــهِ فَــرِيْضَــةٌ سِوَى الْإِيْــــمَانِ بِهِ فَمَنْ أمَـــنَ بِهِ فَلْيَفْعَلْ مَا شَـــاءَ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٢}
Berkeyakinan bahwa : semua makhluq itu tidak mempunyai kewajiban apapun dihadapan Allah kecuali iman, maka bagi siapa saja yang sudah beriman boleh bertindak apa yang dia kehendaki.
Menurut ASWAJA :
Orang itu tidak cukup dengan iman saja, harus dibuktikan dengan tindakan.
الإِيْمَانُ عُـــــرْيَانٌ وَلِبَاسُهُ التَّقْـــوَى وَزِيْـــنَتُهُ الْحَيَاءُ وَثَمْـــرَتُهُ الْعِـــلْمُ
Artinya :
“ iman itu telanjang dan pakaiannya adalah taqwa, hiasannya adalah malu dan buahnya adalah ilmu.
Orang yang tidak punya malu akan bertindak semena-mena dan tidak takut kepada Allah.
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْــبُــدُوْنَ ﴿الذاريـات : ٥٦﴾ لقــوله تعالى :
Artinya : “ dan tidaklah Aku ciptakan Jin dan Manusia kecuali untuk mengabdi kepadaku”.
2. السَّـــــائِبِيَّة (AS-SAIBIYAH)
قَالُوْ إِنَّ اللهَ تَعَالَى سَيَّبَ خَلْقَـــهُ لِيَفْعَـــلُوْا مَا شَــاءَ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٢}
Berkeyakinan bahwa : Allah membiarkan kepada manusia untuk berbuat semaunya.
Menurut ASWAJA :
Allah itu tidak mungkin menciptakan manusia tanpa peraturan. Jenisnya peraturan itu ada yang berupa perintahan dan ada larangan, maka siapa yang ikut perintahan Allah, maka surgalah tempatnya dan siapa yang melanggar maka nerakalah tempatnya.
@ ukurlah kebaikan seseorang darinaturan quran dan hadits, jangan karena dunia trus diarani BAIK.,
3.الرَّاجِيَـــــــــــة (AR-ROJIAH)
لَايُسَمَّى الطَّائِعُ طَائِعًا وَلَا الْعَاصِى عَاصِيًــا لِأَنَّا لَانَدْرِىْ مَالَهُ عِنْدَ اللهِ تَعَالَى {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٢}
Berkeyakinan bahwa : orang yang to’at itu tidak bisa disebut to’at dan orang yang melakukan ma'siat tidak bisa disebut ma'siat, karena kita besok tidak tahu dalam pengadilan Allah apakah mendapatkan ampunan atau tidak.
Seumpama kita di dunia melakukan to’at, tapi kalau besok ditakdir orang tidak beruntung, maka sia-sia amal kita, ini seperti orang yang hakekat tanpa syari’at.
Menurut ASWAJA :
orang yang to’at itu bisa disebut to’at dan orang yang melakukan ma'siat bisa disebut ma'siat.
JALAN UNTUK MENUJU AKHIRAT ITU ADA 3, YAITU :
1. شـــريعة : peraturan-peraturan agama yang dibebankan kepada orang yang sudah baligh. Seperti haram, wajib, sunnah, makruh, dan muvah.
2. طـــريــقة : jalan/amalan melakukan peraturan agama, baik berupa melakukan perintah. Seperti sholat, mencari ilmu syar’i dan sebagainya atau berupa menjauhi larangan. Seperti tidak berzina, minum khomr, membunuh dan sebagainya.
3. حقيـــــــقة : inti pokok/tujuan.
Orang yang hanya melakukan syari’at tanpa chaqiqot itu kosong, sedangkan melakukan chaqiqot tanpa syri’at itu batal.
@ Allah menciptakan makhlukq ada 3 ,yaitu;
1, malaikat ( muthi'in )
toat terus dan tdk pernah ma'siat sedikitpu
2. Syetan ( 'ashin )
ma'siat terus tdk pernah toat,.
3. Manusia ( mutaqin )
kadang toat kadang ma'siat,.
- NAFSU ITU LEBIH JELEK DARIPADA 70 SYETAN -
- SIAPA YANG mENJADI walinya ALLAH , TIDAK akan memperlihatkan didepan umum -
@ WALInya Allah ADA DUA bagian ;
1. WALI SALIKIN
bisa deimengerti sesama walinya Allah dan bisa diusahakan. Pada tingkatan wali ini derajad kewaliannya bisa naik turun yg disebabkan kuat tidaknya dalam menghadapi cobaan dari Allah.
- disaat lahir kedunia yang dilihat dan dimengerti pertama kali adalah dunia dulu baru mengerti ALLAH.
- CARA untuk menjadi wali salikin adalah dengan cara menjalani perintah Allah dan menjauhi semua larangan Allah
- Dan bila melakukan dosa dengan segera langsung bertobat
2. WALI MAJDUBIN ( WALI JADAB )
wali Allah yang hatinya langsung ditari oleh Allah dan tidak bisa diusahakan, sebb Allah yang langsing menari hatinya.
- disaat lahir kedunia yang dilihat dan dimengerti pertama kali adalah ALLAH .
- WALI JADAB tidak terkena hukum
@ YANG NAMANYA WALINYA ALLAH PASTI IMAN DAN TAQWA DAN JUGA PASTI MEMBENCI DUNIA @
@ Orang yang 'ALIM DAN MENGAMALKAN ILMU ALLAH MENJADI KEKASIHNYA ALLAH DAN ORANG BODO JADI MUSUHNYA ALLAH @
- makane gelemo ngaji.
@ Orang ahli ibadah yang hanya melakukan kewajibannya, diperintah oleh Allah untuk masuk kesurga, TAPI ORANG 'ALIM DIPERINTAH ALLAH untuk menunggu di jembatan shirotol mustaqim untuk memberi syafaat kepada yang disukai untuk lebih dahulu spaya masuk kesurga.,
4. السَّــــالِبِيَّة (AS-SALIBIYAH)
قَالُوْا الطَّاعَةُ لَيْسَتْ مِنَ الْإِيْــمَانِ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٢}
Berkeyakinan bahwa : tho’at itu tidak sebagian dari iman.
Menurut ASWAJA :
Tho’at itu menjadi tanda bahwa dirinya beriman, sebab tandanya iman adalah melakukan perintah Allah seperti sholat, puasa, zakat dan sebagainya.
هُــوَ تَصْدِيْــقٌ فِى الْقَلْبِ وَإِقْـــْرَارٌ بِاالِّلســانِ وَعَمَـــــلٌ بِالْأَرْكَانِ الإِيْمَانُ
Iman adalah keyakinan/kemantaban hati, di ucapkan dengan lesan dan di amalkan dengan perbuatan anggota badan.
@ isinya iman itu
1. Meyakini dgn hati
2. Pengakuan Lesan yang diikraRke
3. Badan beramal
maka bila bila tdak amal cma dikatakan orang yg imanny tidak sempurna. Mis ; sholat ,zakat dsb.,
5. البَهِيْـــشِيَة (AL-BAHISSIYAH)
قَالُوْا الإِيْمَانُ عِلْمٌ وَمَنْ لَايَعْلَمُ الْحَقَّ مِنَ الْبَاطِلِ وَالْحَلَالِ مِنَ الْحَـــرَامِ فَهُوَ كَافِـــــرٌ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٢}
Berkeyakinan bahwa : iman adalah ilmu, siapa orang yang tidak mengerti mana barang yang حق (benar) dari barang yang باطل (salah) , barang halal dan barang haram maka orang itu dianggap kufur (Orang kafir ).
Menurut ASWAJA :
Siapa orang yang tidak bisa membedakan mana barang yang haram dan yang halal maka orang itu tidak kafir, tapi bodoh dalam agama, karena dalam agama diperintahkan ( sangat diwajibkan) untuk belajar ilmu tentang apa saja yang akan dilakukannya agar bisa selamat dari barang yang haram, sebab orang itu jika memakan/memakai barang yang haram, maka do’a-do’anya tidak akan bisa dikabulkan dan akan disiksa.
Babagan muharram ;
- Sebisa mungkin tgl 10 asyuro puasa , dan untuk mbedani dengan orang yahudi maka baiknya tanggal 9 juga berpuasa
- sebisa mungkin tanggal 10 sedekah yang ikhlas, sebab disaat itu orang yang sedekah dihari itu bagaikan BERSEDEKAH SATU TAHUN.,
@ orang yng mau membaca wiridan
حَسْبُنَاللَّهْ وَنِعْمَ الْوَكِيلْ .. نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيرْ
sebanayak 70 kali , maka segala apapun yang aqan menyakiti drinya aqan dicegah oleh Allah,.
- BILA DIBACA DARI TANGGAL 1 AKAN LEBIH BAGUS.
Umpama mau dibaca mulai dari tanggal 1 juga lebih baik.,
@ JANGAN MELAKUKAN SHOLAT ASYYURO SEBAB TERMASUK BID'AH MUNKAROH.
@ PENTING BANGET MENJAGA AGAR TETEP IMAN.
Caranya;.
Sholat sunah mutlak 2 rekaat ba'da maghrib dgn bacaan
1. Al ikhlas... 6X
2. Al Falaq... 1X
3. An Nas... 1X
bgtupun rekaat ke-2,.
Trus berdo yg intinya minta ketetepan iman islam
'' Allahumma tsabitsna alal imani wal islam ''
@ Dalam bulan muharram , diharamkan untuk perang dan perbuatan yang jelek lainnya,.
@ imam sofyan ats tsauri
siapa yang membikin kajembaran kepada keluarganya , maka Allah aqan memberikan keluasan rezekinya didalam setahun itu,.
( syaratnya harus IKHLAS )
- BERBUATLAH BAIK KEPADA SIAPA SAJA , SEBAGAIMANA ALLAH BERBUAT BAIK PADAMU -
@ Malamnya ASYYURO baiknya digunakan untuk ''nyenyuwun '' karo Allah.,
- terutama nyuwunke ngapuro wong tuwo kitho.
أَسْتَغْفِرُاللَّهْ رَبَّ الْبَرَايَا أَسْتَغْفِرُاللَّهْ مِنَ الْخَطَايَا
رَبّـِيْ زِدْنِيْ عِلْمًا نَافِعَا وَوَافِقْنِيْ عَمَلاً مَقْبُوْلا
1. ya allah maha murah nyuwun ilmu 'amal
ingkang katah sarto manfaat
yaumal qiyamah kantuk syafa'at
2. ya alloh maha suci nyuwun 'ilmu amal
ingkang suci lan ingkang katampi
yaumal qiyamah kumpul gusti nabi
3. Ya alloh moho akbar mugi pareng dateng
kito watak taqwo soho shobar
mugi waged amar ma'ruf nahi munkar
4. Ya alloh moho murah nyuwun 'ilmu amal
ingkang katah sartho manfa'at
mugi akhir kito khusnul khotimah
@ Punyai kesengajaan untuk lebih baik dalam menjalani Agama islam ditahun mendatang. Dan berusaha untuk lebih thoat pada Allah dan Rosulullah.
اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ العَا لَمِيْن
4. Facebook
https://m.facebook.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar