Kh.Abdul mu'thi
Pondok pesantren Annajach
Koripan, Tegalrejo
Magelang koripan
Rabu.13 September 2016

1. Klik Blog
- Http://
- Http://
2.Download Audio pengajiannya ANNAJACH.mp3
Klik link dbawah. ;;
( 14.24 MB )
http://www.mediafire.com/
-YOUTUBE
3.Ringkasan materi
Rabu.13September2016
@ MONGGO SARENG2 NOTO NIAT NGAJI mugi'' pikantuk ilmu nafi' ( manfaat ) lan dadosake kawilujengan kitho sedoyo fi dunya wal akhirot. Amiin.
الجَهْـــــمِيَة
AL JAHMIYAH
(madzhab Jahm bin Sofyan Abdul mudhi) golongan yang berpendapat bahwa manusia itu seperti wayang dan Allah itu seperti dalang karena manusia tidak punya takdir/kuasa secara mutlak.
Membawahi 12 golongan yaitu ;
1.المُعَطِّـــلَة (AL-MUATHILLAH)
زَعَمُوْا أَنَّ كُلَّ مَا يَقَعُ عَلَيْهِ وَهْمُ الْإِنْسَـــانِ فَهُوَ مَخْـــلُوْقٌ وَأَنَّ مَنْ ادَّعَى أَنَّ اللّهَ يُرَى فَهُوَ كَافِـــرٌ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٢}
Berkeyakinan bahwa : apa saja yang disangka manusia itu dinamakan makhluq dan orang yang mendakwa bahwa Allah itu bisa dilihat maka orang itu kafir.
- Mu'tazilah juga berkeyakinan bahwa Allah tidak bisa dilihat di akhirat. Dan berekeyakinan bahwa siksa/nikmat kubur tidak ada.
Menurut ASWAJA :
Setiap perkara yang WUJUD itu PASTI bisa dilihat, adakalanya didunia dan ada kalanya diakhirat. Dan sesuatu yang bisa disangka manusia ada kalanya MAKHLUQ ada kalanya KHOLIQ.
Allah di dunia memang tidak bisa dilihat oleh mata, namun Allah bisa dilihat besok di surga, namun bukan berarti Allah di surga.
Berdasarkan :
وُجُــوْهٌ يَّوْمَئِــــذٍ نَّاضِرَةٌ﴿٢٢﴾ إِلٰى رَبِّــهَا نَاظِــــرَةٌ ﴿٢٣﴾ القِيَامَة
Artinya +- : (22)wajah-wajah (orang mukmin) pada hari itu berseri-seri.(23) Memandang Tuhannya.
كُلُّ مَوْجُـــوْدٍ يَصِحُّ اَنْ يُّــرَى
Artinya +- : semua barang yang wujud itu bisa (syah) untuk dilihat .
Hanya saja ada yang bisa dilihat di dunia dan hanya bisa dilihat di akhirat.
+ Allah bersifat wujud , tp kenapa tdk bisa dilihat dibumi,. Sbb sakeng apesnya mata dan saking bersinarnya melebihi matahari,. Dan tentunya ada hijab yg mana bila hijab tersebut dibukak , orang itu tdk aqan kuat dan pasti aqan mati,.
+ Allah lebih dekat dr urat saraf,. Barang nak cedak malah ra ketok,.
Cth ; bisakah melihat manik'' mata (hitamnya mata ) /idep ,.???
@ Nafsu itu lebih jelek dari 70 syetan, tapi kebanyakan manusia tidak merasa,.
- Maka JANGAN MERASA LEBIH DARI APAPUN ,.
@ Beruntung banget orang yang sibuk mengoreksi diri sendiri hingga tidak ada kesempatan mencari cacat orang lain,.
@ KALO KAMU SEMUA MENCARI CACATNY ORANG LAIN ITU LEBIH MUDAH, TAPI KETAHUILAH ORANG YG SUKA MENCARI CACATNY ORANG LAIN ITU LEBIH BANYAK CACATNYA.,
@ SIAPA ORANG YG DIKEHENDAKI ALLAH MENJADI ORANG YANG BAIK MAKA ALLAH AQAN MEMPERLIHATKAN CACATNYA/ AIBnya SENDIRI BeGiTUPUN SEBALIKNY,.
@ WONG SENG RUMONGSO/NGAKU- NGAKU APEK IKU MALAH WONG Seng OLO,.
@ Allah bisa dilihat disurga bukan berarrti allah bertempat disurga,.
Sdh dicontohkan dibumi,. Kita melihat tinju ditivi bukan berarti petinjunya didalam tivi,.
+ Allah tidak dimana mana dan tidak kemana mana,.
+ dunia dibuat bukan untuk indah''an tp untuk diambil pelajaran/hikmahnya .
@ SIAPA ORANG YANG MENYANGKA BAHWA ALLAH BISA DILIHAT DI DUNIA MAKA JELAS KAFIR ,. !!!
2. الـمُــــــــــرِيْسِيَة (AL-MURISIYAH)
قَالُوْا أَكْثَـــرُصِفَاتِ اللّهِ تَعَالَى مَخْـــلُوْقٌ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٢}
Berkeyakinan bahwa :
Kebanyakan sifat-sifat Allah itu makhluq.
Menurut ASWAJA :
Semua sifat-sifatNya Allah itu qodim, sebab Dzat-Nya Allah itu qodim. Dan setiap dzat yang qodim, maka sifatnya juga qodim, dan setiap sesuatu yang chadist, maka sifatnya juga hadist.
3. المـُــــــلْتَــزِقَة (Al MULTAZIQOH)
جَعَلُــــوْا الْبَـــــــــارِيَ سُبْحَــانَهُ فِيْ كُلِّ مَكَــانٍ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٢}
Berkeyakinan bahwa
Allah ada dimana mana tempat.
Menurut ASWAJA :
Allah itu ada dan tidak di mana-mana dan tidak kemana-mana.
@ GOLONGAN WAHABI MENGATAKAN BAHWA ALLAH BERTEMPAT DI ARSY.
- ini menggunakan ilmu balaghoh yang Istawa ma'nanyaISTAULA yang artinya MENGUaSAi arsy.
@Imam Abu Chanifah berkata :
Orang yang berkata aku tidak mengerti bahwa ''Allah itu sebenarnya di langit atau di bumi ? maka orang itu kafir. Kare
4. Facebookna kata-kata tersebut mengandung bahwa Allah itu bertempat, hanya saja orang tersebut tidak mengerti tempatnya.
@ Mbesok orang mu'min melihat Allah adakalany setahun sekali, sebulan sekali,seminggu sekali dst,. Dan kenikmatannya tdk bisa diterangkan,.
@ Umpama seseorang MENDAPAT MUSIBAH, HAQIQINYA berasal dari DOSA manusia tersebut.,
4. الـوَارِدِيَة (Al-WARIDIYAH)
قَالُوْا لَايَدْخُلُ النَّارَ مَنْ عَرَفَ رَبَّهُ وَمَنْ دَخَلَــهَا لَمْ يَخْــرُجْ مِنْــهَا أَبَدًا {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٢}
Berkeyakinan bahwa : Orang yang sudah ma'rifat kepada Allah itu tidak bisa masuk neraka dan orang yang masuk neraka tidak bisa keluar dari neraka.
Menurut ASWAJA :
Walaupun sudah ma'rifat, tapi melanggar agama tetap bisa masuk neraka dan kalau sudah masuk neraka bisa keluar, asalkan matinya membawa iman.
@ Ma’rifat itu ada 2 :
- Ma’rifat عَامْ / umum
Yakni mengerti Allah beserta sifat-sifat-Nya yang wajib (20 ),muchal(20) dan jaiz .
- Ma’rifat خَاصْ / khusus ( maqom ihsan )
Yakni olehnya menghamba seorang hamba kepada Allah seakan-akan dirinya bisa melihat Allah, atau minimal merasa dilihat Allah.
--- KEMBALINYA ORANG ISLAM ADALAH pasti KE SURGA DAN KEMBALINYA ORANG KAFIR pasti KE NERAKA ---
+siapa saja yang mati asal membawa iman walaupun masuk neraka, pasti bisa keluar dan bisa masuk surga .
@ PENTING BANGET MENJAGA AGAR TETEP IMAN.
Caranya;.
Sholat sunah mutlak 2 rekaat ba'da maghrib dgn bacaan
1. Al ikhlas... 6X
2. Al Falaq... 1X
3. An Nas... 1X
bgtupun rekaat ke-2,.
Trus berdo yg intinya minta ketetepan iman islam
'' Allahumma tsabitsna alal imani wal islam ''
@ hadits ;
+- Nabi bersumpah ,Allah tidak akan memasukkan kekasihnya ke neraka.
- '' kekasih Allah '' adalah orang yang menetapi aturan Allah dan menjauhi larangan Allah .,
@ jangan anggap sholat sebagai kebiasaan tapi lakukanlah sholat karena melaksanakan kewajiban.
- niatilah sholat menjalani perintah Allah dan menebalkan iman.,
@ dalam kitab ta'lim muta''alim
orang islam tidak wajib mencari semua ilmu. Tapi yang wajib adalah ilmu khal, ushuludin (ilmu pokok pokok agama) ,fiqih dsb.
@ Allah bila menyenangi seseorang maka Allah akan memudahkan orang tersebut memahami ilmu Agama.,
محمد بشر لا گالبشر
بل هو گالياقوت بين الحجر
1. Rizkine diumpamakano koyo bayangane,
yen diburu mlayu yen ditinggal ngetotake
2. Mulo yen golek rezki seng alon'' wae ,
wajibe usaha gusti allah kang nentokke,.
3. Sopo golek rezki koq ngongso mesthi rusake,
yen ora bandane mesthi rusak agamane.
@ jangan anggap sholat sebagai kebiasaan tapi lakukanlah sholat karena melaksanakan kewajiban. ( JANGAN JADIKAN SHOLAT SEBAGAI ''SAMBEN'' !!! )
- niatilah sholat menjalani perintah Allah dan menebalkan iman.,
- sbb bila sholat dianggap sebagai '' pakulinan'' kebiasaan akan menyebabkan SULITNYA REJEKI.
@ LATIH MENATA NIAT SEBELUM MELAKUKAN IBADAH KEPADA ALLAH @
- ojo grusa grusu.
- 7an manusia hidup untuk beribadah.
@ SHOLAT KHUSYU' TIDAK AKAN BISA DICAPAI TANPA LATIHAN.,!!
- berarti khusyu' harus dilatih .,
@ Kapan orang memperhatikan ilmu agama maka akan DIGAMPANGKAN REJEKINYA,
- Senanglah dengan ilmu dan hukum'' Allah.
@ JANGAN MEMINJAMKAN HUTANG DENGAN RIBA ( RENTENIR ) HUKUMNYA HARAM. DAN BESOK MENDAPAT SIKSA YANG PEDIH.
اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ العَا لَمِيْن
https://m.facebook.com/
Muga" manfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar