Rabu, 17 Agustus 2016

Rabu.2Agustus2016


Kh.Abdul mu'thi
Pondok pesantren Annajach
Koripan, Tegalrejo
Magelang koripan
Rabu.2Agustus2016



1. Klik Blog
Http://ahmadmujib99.Blogspot.com/
Http://toharhar.Blogspot.com/

2.Download Audio pengajiannya ANNAJACH.mp3
Klik link dbawah. ;;
( 14.24 MB )

https://www.mediafire.com/download/81gevgxhtmqbstx

3.Ringkasan materi

Rabu.2Agustus2016 
@ MONGGO SARENG2 NOTO NIAT NGAJI Nyuwun ridhone Allah lan ngamalake ilmune gusti Allah.,

CHARURIYAH
حَــرُوْرِيَـــة

4.الْخَـــــــــازِمِيَـــة (AL-KHOZIMIYAH)
قَالُـــوْا : لَا نَدْرِى مَا الْإِ يْمَانُ وَالْخَــــلْقُ كُلُّــهُمْ مَعْــــــــذُوْرُوْنَ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦١}
Berkeyakinan bahwa : saya tidak mengerti apakah yang dimaksud dengan iman itu dan berkeyakinan bahwa semua makhluk diampuni dosanya oleh Allah.
Menurut ASWAJA :
هُــوَ تَصْدِيْــقٌ فِى الْقَلْبِ وَإِقْـــْرَارٌ بِاالِّلســانِ وَعَمَـــــلٌ بِالْأَرْكَانِ الإِيْمَانُ
Iman adalah keyakinan/kemantaban hati, di ucapkan dengan lesan dan di amalkan dengan perbuatan anggota badan.
فَأَخْبِرْنِيْ عَنِ الْإيْمَــانِ قَالَ: أَنْ تُؤْمِنَ بِا اللّهِ وَمَلَائِكَتِــهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَـــوْمِ الْأخِــرِ وَالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَــرِّهِ ـ رواه مســــلم
Artinya :
-+ maka beritahulah kami hai Rosulalloh tentang iman . Nabi Muchammad SAW menjawab : Engkau supaya percaya (membenarkan) adanya Allah SWT,malaikat-malaikatNya,kitab-kitab suciNya,rosul-rosulNya,hari qiyamat, dan qodho qodarnya (nasib baik dan buruknya).
+Iman tanpa amal/islam = fasiq
+amal/islam tanpa iman = munafik

@ Orang yang tidak mendapat ROHMAT Allah ada 3 bag; 
1. Toat Allah tapi tdk toat kepada rosulullah
2. Orang yang sholat tapi tidak mau zakat padahal punya harta yang wajib dizakati., 
3. Orang yang mau SYUKUR PADA ALLAH TAPI TIDAK SYUKUR PADA ORANGTUANYA ( termasuk mbahnya ) .,

5.الْخَلَـــــــفِيَة (AL-KHOLAFIYAH)
زَعَمُــــوْا : أَنَّ مَنْ تَـــــرَكَ الْجِهَادَ مِنْ ذَكَــــرٍ أَوْ أُنْثَى كُـــفْـــــــرٌ{تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦١}
Berkeyakinan bahwa : siapa orang yang meninggalkan jihad baik itu laki-laki atau perempuan adalah dihukumi kufur( tidak iman ).
- dalam kitab tafsir jamal
JIHAD adalah mencurahkan kemampuan(tenaga/materi) untuk sesuatu yang dirihoi Allah, baik berupa perang atau lainnya.
Contoh jihad adalah menafkahi anak dan istri supaya tenang dalam beribadah.
Menurut ASWAJA :
Hukum jihad fardlu kifayah bagi laki-laki, bukan bagi orang perempuan karena perempuan itu diperintah untuk supaya menetap di rumah dan yang wajib diperangi adalah kafir charbi bila kita diperangi maka hukumny fardlu a'in.
Jihad yang lebih utama adalah jihad memerangi hawa nafsu dan ini pahalanya lebih besar dari pada pahalanya jihad perang.

6. الْكَـــوَزِيَــــــة (AL-KAWAZIYAH) (LDII)
قَالُـــوْا : لَيْسَ لِأحَدٍ أَنْ يَّمَسَّ أَحَـــدًا لِأَنَّهُ لَا يَعْـــــــــرِفُ الطَّـاهِـــــــرَ مِنَ النَّجْــــسِ وَلَا أَنْ يُّــــؤاكِلَهُ حَتَّى يَتُـــوْبَ وَيَغْــــتَسِلَ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦١}
Berkeyakinan bahwa :
kelompok ini tidak boleh bersenggolan dengan orang lain , sebab mereka tidak bisa membedakan mana yang suci dan mana yang najis juga mana yang halal dan yang haram serta tidak boleh makan bersama dengan mereka sehingga orang tersebut bertobat dan mandi dahulu.
Menurut ASWAJA :
Tidak boleh seperti itu, walaupun bertemu orang islam lain yang sholatnya glah gleh ( kadang sholat kadang tidak ) tetap disunatkan salaman, asal sama jenisnya / lain jenis tapi masih ada hubungan mahrom.

@ PEMBAGIAN BID'AH ; 
- Imam syafi'i membagi bid'ah dalam 2 bentuk yakni umum dan khusus.
1. BID'AH UMUM 
مَالَمْ يَكُنْ فِيْ عَهْـــدِ رَسُــــوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلــم وَلَا فِيْ عَهْـــدِ الصَّحَــابَةِ عِبَادَةً اَوْ عَادَةً
Artinya : 
tindakan atau amalan yang tidak ada di zaman Rosulullah SAW dan tidak ada di zaman Shohabat, baik tindakan ibadah atau adat.

- Bid’ah UMUM ini menurut الشيخ الإمام أبــو محمد بن عبــد الســلام dibagi menjadi 5 :
1. Bid’ah wajibah.
Seperti : menulis Al-qur’an, menulis ilmu syari’at islam, jika dikhawatirkan tersia-sia, mengarang kitab-kitab agama islam yang dibutuhkan oleh masyarakat, hanya saja wajibnya wajib kifayah bukan wajib ‘ain, belajar ilmu nahwu shorof dan sebagainya.
2. Bid’ah muharromah.
Seperti GOLONGAN MUJASSIMAH ( ALLAH berjisim ) QODARIYAH ,MURJIAH.,
- GOLONGAN MURJIAH NOMER 
11. الظَّاهِـــرِيَة (ADZ-DHOHIRIYAH) 
الَّذِيْنَ نَفَــوْا الْقِيَــاسَ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٢}
Berkeyakinan bahwa : dalam agama islam tidak ada QIYAS (menyamakan sesuatu pada sesuatu yang lain karena ada titik persamaan diantara kedua perkara tersebut)
Menurut ASWAJA :
Dalam agama islam qiyas itu tetap ada, sebab pedomannya orang islam itu ada 4 : Al-qur’an, Chadist, Ijma’ dan qiyas.
Berdasarkan :
يَاۤ اَيُّهَاالَّذِيْنَ اٰمَنُــوْا أَطِيْعُــوْا اللهَ وَأَطِيْـعُــوْا الرَّسُــــوْلَ وَاُولِى الْاَمْـــرِ مِنْكُــمْ فَاِنْ تَنَازَعْتُمْ فِيْ شَيْءٍ فَــرُدُّوْهُ اِلَى اللهِ وَالرَّسُـــــوْلِ اِنْ كُنْتُمْ تُــؤْمِنُــوْنَ بِاللهِ وَالْيَــوْمِ الْاٰخِـــرِ ﴿ النســـــاء : ٥۹﴾
Artinya +- : 
“ wahai orang-orang yang beriman ! taatilah Allah dan taatilah Rosul (Muchammad) dan Ulil amri (pemegang kekuasaan) diantara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah(Al-qur’an) dan Rosul (sunnahnya) jika kamu beriman kepada Allah dan hari akhir”.

قوله ﴿وَأُولِى الْأَمْـــرِ﴾ إشــارة للإجمأع ، وقوله ﴿فَإِنْ تَنَازَعْتُـــمْ﴾ إشــارة للقياس ، قوله ﴿وَاُولِى الْأَمْـــرِ﴾ يدخل فيــه الخــلــفاء الراشــدين ، والأئمة المجتهــدون ، والقضاة والحكام {تفسيــــر الصاوي جــز ١ ص ٢۹۹}
Firman Allah :
﴿وَأُولِى الْأَمْـــرِ﴾ itu mengisyarohkan pada ijma’ ( kesepakatan Ulama’ mujtahid dalam urusan agama)
Firman Allah : ﴿فَإِنْ تَنَازَعْتُـــمْ﴾ itu mengisyarohkan pada Qiyas.
Ijma’ adalah ;
الإِجْمَاعُ اتِّفَــاقُ الْمُجْتَهِدِيْنَ مِنْ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ صلى الله عليــه وسلــم عَلَى أَمْـــرٍ دِيْنِيٍّ
Kesepakatan para Mujtahid ( ULAMA 4 ), Dalam mengambil hukum Langsung dari Al-qur’an dengan ilmu-ilmu tertentu dari umatnya nabi muhammad SAW. ( Imam Syafi'i, Imam maliki ,Imam Chanafi dan Imam Chambali )
- QIYAS adalah
رَدُّ الْفَرْعِ اِلَى الْاَصْلِ بِعِلَّةٍ يَجْمَعُهَا فِى الْحُكْمِ 
Menyamakan sesuatu pada sesuatu yang lain karena ada titik persamaan diantara kedua perkara tersebut,contoh qiyas yaitu ;
Berzakat, kalau zaman dahulu memakai gandum & kurma, zaman sekarang memakai beras . Sama sama didalam bahan makanan pokok.
قال رســول الله صلى الله عليه وســلم زَكَاةُالْفِطْــرِ فَــرْضٌ عَلَى كُلِّ مُسْــلِمٍ حُــرٍّ وَعَبْــدٍ ذَكَــرٍ وَاُنْثَى مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ صَاعٌ مِنْ تَمْــرٍ اَوْ صَاعٌ 
مِنْ شَعِــيْــــرٍ. رواه الدراقطنى عن ابن عمـــر
Artinya Rosululloh SAW bersabda yang artinya kurang lebih:
Zakat fitrah itu difardhukan atas semua orang islam, baik yang merdeka atau sahaya, laki-laki atau perempuan dari golongan islam, sebanyak satu sho’ atau 2 kg 4 ons dari kurma kering atau satu sho’ dari gandum. ( riwayat Addaroquthni dari ibnu Umar)
Dalam hadis tersebut disebutkan bahwa yang dikeluarkan zakatnya adalah kurma atau gandum bukan beras, sebab di kala itu kedua tersebut menjadi bahan makanan pokok. Jadi zakat beras disamakan dengan zakat gandum sama didalam olehnya menjadi bahan makanan pokok. 
2. Segala makanan/minuman yang memabukkan haram, sebab disamakan dengan khomer. Seperti narkoba, ganja,pil koplo,dan sebagainya. Padahal di dalam Al-qur’an yang disebutkan hanya khomer.
Maka jika ada orang yang tidak memakai qiyas, tapi zakatnya dengan beras, berarti dia menyimpang dari Al-qur’an. Karena di dalam Al-qur’an tidak ada yang menerangkan zakat memakai beras. 
Kesimpulan :
pedoman/dasar-dasar agama islam itu ada 4, yaitu
Al-qur’an, Chadist, Ijma’ dan Qiyas. Cukup di dalam kitab المبادئ الفقهــية juz 3 sudah disebutkan bahwa dasar-dasar agama itu adalah 4 tersebut.

12. البِــدَعِيَــة (AL-BIDA’IYAH)
أَوَّاُ مَنْ ابْتَدَعَ هــذِهِ الْأَحْــدَاثَ فِى هــذِهِ الأُمَّةِ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٢}
Berkeyakinan bahwa : di dalam agama islam boleh melakukan bid'ah, mereka orang-orang pertama kali yang mengadakan bid’ah.
( KITAB MADKHOL SYARIF )

@ ORANG YANG MENGAJI KOQ TIDUR , ALLAH TIDAK MENYUKAINYA.,

@ AKHIRAT DIBUAT ALLAH UNTUK BAGIANNYA NYAWA DAN NGAYEm
4. FacebookAKE MANUSIA, DAN DUNIA DIBUAT ALLAH UNTUK MENEMANI NAFSU.,
- SepertI HALnya antara utara dan selatan

@sebenarnya Allah pasti akan memberikakan harta dunia jika mengamalkan amal ganjaran akhirat., 
sbb amalan akhirat itu amal yang disenangi Allah.,
dan siapa orang yg ketungkul amal akhirat akan digampangkan hasilnya rezeki.,

@ Sholat JANGAN DIANGGAP KEBIYASAAN , TAPI NiatkanLAH SHOLAT untuk beribadah pada Allah.,

لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللّه......

ORANG YANG TIDAK MAU MENGAJI ILMU AGAMA TIDAK AKAN BISA MENJADI ORANG YANG SHOLIH/ SHOLIHAH.,

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ العَا لَمِيْن

https://m.facebook.com/groups/134905726634542

Mugi" manfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar