Selasa, 23 Agustus 2016

Rabu.23Agustus 2016

Kh.Abdul mu'thi
Pondok pesantren Annajach
Koripan, Tegalrejo
Magelang koripan
Rabu.23Agustus 2016


1. Klik Blog

2.Download Audio pengajiannya ANNAJACH.mp3
Klik link dbawah. ;;
( 14.24 MB )


3.Ringkasan materi

Rabu.23Agustus2016
@ MONGGO SARENG2 NOTO NIAT NGAJI Nyuwun ridhone Allah lan ngamalake ilmune gusti Allah.,

الْقَـــدِرِيَة
AL-QODARIYAH
Golongan qodariyah dikutuk oleh 70 Nabi dan berkeyakinan bahwa makhluk itu bisa membuat/ menciptkan perbuatannya sendiri.
ASWAJA :
Yang bisa membuat hanyalah Allah, yang lain hanya merubah-rubah apa yang sudah diciptakan oleh Allah.

1. الْأَحْمَـــرِيَة (AL- ACHMARIYAH)
وَهِيَ الَّتِى زَعَمَتْ أَنَّ فِى شَرْطِ الْعَدْلِ مِنَ الله أَنْ يُّمَلِّكَ عِبَادَهُ أُمُــوْرَهُمْ وَيَحُـــوْلَ بَيْنَهُمْ وَبَيْنَ مَعَاصِيْهْمْ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦١}
Berkeyakinan bahwa : Allah bisa dikatakan adil ada syaratnya yaitu :
1. Allah harus bisa memberi kemampuan kepada hambanya dalam segala urusannnya.
2. Apabila manusia akan melanggar/ma’siat, maka Allah harus mencegahnya.
Menurut ASWAJA :
Wajib meyakini bahwa Allah adil, Rosul adil, Nabi adil ,Shohabat adil dan Allah tidak harus mencegah bila manusia akan melanggar/ma’siat.
Maka dari itu Allah telah membuat neraka dan surga.

Cuplikan ; tgl 2 februari 2016
@ yang dimaksud ADIL secara ISLAM ADALAH ;
- orang yang ikut pada perintah Allah , dan menempatkan sesuatu pada tempatnya tidak berlebihan dan tidak bersambalewa.,
- para shabat melakukan dosa kecil, tapi karena masih ketemu rosullullah maka dosanya diampuni Allah,
@ SELAMA MANUSIA MASIH HIDUP , PASTI AKAN AKAN DIUJI, entah diuji dengan kekayaanya ataukah bisa diuji dengan kemiskinannya.,
- maka JANGAN MEMAKSAKAN DALAM MENCARI EKONOMI.,

@ TAQDIR ADA 2 MACAM ;
1. Taqdir mubrom
Taqdir yang hanya diketahui Allah, tdk bisa utk dirubah
2. Taqdir mu'allaq
Taqdir yang malaikat juga mengetahuinya ,
- Dunia seisinya sudah diwakilkan Allah pada malaikat 4 yaitu ;
1. Malaikat Jibril
2. Malaikat mikail
3. Malaikat isrofil
4. Malaikat 'azroil
- maka menunjukkan bahwa rezeki bisa diikhtiyari / diusahakan , bila ibadahnya mempeng maka akan ditambah keberkahan dan kemanfaatan rezekinya oleh malaikat isrofil.,

- SIAPA MANUSIA YANG TIDAK PUNYA CITA CITA YANG TINGGI ( dihadapan Allah ) ITU SEPERTI hidupnya HEWAN -
yang cuma bisanya ;
makan,minum, tidur dan perempuan .,

@ Seorang istri bagaikan pakaiannya SUAMI dan suami bagaikan pakaiannya sang istri yang keduanya harus saling menutupi aurotnya,
- dalam arti apabila dalam kekeluargaan harus saling menutupi aibnya masing masing .,


2. الثَّنَوِيَــــة (ATS-TSANAWIYAH)
وَهِيَ الَّتِى زَعَمَتْ أَنَّ الْخَيْرَ مِنَ اللّهِ وَالشَّرَّ مِنَ الشَّيْــطَانِ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦١}
Berkeyakinan bahwa : segala kebaikan dari Allah dan segala keburukan dari syaithon
Menurut ASWAJA :
Wajib berkeyakinan baik dan buruk itu hakekatnya berasl dri Allah.
Berdasarkan dalil
قال تعالى : خَيْرِهِ وَشَرِّهِ مِنَ اللّهِ تَعَالَى
Artinya : “ baik dan buruknya taqdir itu dari Allah “.
@ Hadits Qudsi
+- Sungguh Aku ( Allah ) menciptakan kebaikan dan keburukan, berbahagialah yang Aku takdir kebaikan dan celakalah yang Aku takdir jelek.,

@ imam ghozali
= tingkah laku manusia hanya menjadi lalu lintas takdir Allah dan lapangan kerjane/penggawean Allah.


@ Manusia diciptakan hanya sbagai alat perwujudan allah,.
mis, Gambaran ;
1. baju itu yang membuat siapa ,. Mesin atau manusia? Jawab manusia dan bukan mesin,.
2. Manusia itu yang membuat siapa ? Manusia / allah ?? Jawab allah sbb manusia cuma sbg alat,.
Ini semua untuk menambah ketauhidan kita pd allah,.
+ jdi setelah semua itu dipahami MAKA MERASALAH SEMUA TINDAKAN KITA SEDANG DIAWASI OLEH ALLAH,.


3. الْمُعْتَزِلَة (AL-MU’TAZILAH)
وَهُمْ الَّذِيْنَ قَالُـوْا بِخَلْقِ الْقُــــــرْأَنِ وَجَحَدُوْا صِفَــــاتِ الرُّبُوْبِيَـــــةِ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦١}
Berkeyakinan bahwa : alqur’an itu dibuat oleh manusia / makhluk dan mengingkari sifat-sifat ketuhanan.
Menurut ASWAJA :
Wajib berkyakinan bahwa alqur’an adalah kalamullah yang qodim. Ucapan Allah yang tanpa bina' tanpa huruf tanpa suara, tidak ada awalnya tidak ada akhirnya.
+ sungguh sebenarnya yang bicara itu dari hati. Mulut dibuat Allah sebagai alat lantaran bicaranya hati.

@- Al Qur'an mempunyai 2 ma’na ;
1).Jika yang dikehendaki dari Al-qur’an adalah yang dibukukan, maka HADIS (baru) /حَادِثْ أَيْ مَوْجُـــوْدٌ بَعْــدَ عَدَمٍ
= wujudya setelah tidak ada, dalam arti semua barang wujud yang wujudnya didahului tidak ada itu dinamakan حَادِثْ seperti manusia, hewan,dan alam semesta ini. Maka al-qur’an yang kita baca sekarang ini dihukumi حَادِثْ / baru, karena dulu tidak ada kemudian di adakan dengan dibukukan.
2). Jika yang dikehendaki dari Al-qur’an adalah kalamullah / كَلَامُ اللّه , maka QODIM / عَدَمُ الْأَوَلِيَة
= wujudnya tidak didahului tidak ada, dalam arti tidak ada awalannya. Maka كَلَامُ اللّه itu Qodim, karena kalam itu termasuk sifatnya Allah. Dan semua sifat-sifatNya Allah itu Qodim, sebab Dzat-Nya Allah juga Qodim.
+ Maka kaum mu'tazilah tidak menghargai pada Al-qur’an, sebab beranggapan bahwa Al-qur’an itu buatan manusia, jadi jika menyentuh / membawa tidak butuh suci.
Menurut hukum islam, menyentuh / membawa Al-qura’an itu WAJIB suci, maka jika tidak suci dihukumi HARAM. Berdasarkan :

قال تعالى : إِنَّه لَقُرْ أٰنٌ كَـــــــرِيْمٌ ﴿۷۷﴾ فِيْ كِتَابٍ مَّكْنُـــوْنٍ ﴿۷۸﴾ لأَيَمَسُّه إِلأَّ الْمُــــطَهَّروْنَ﴿۷۹﴾
أى الذين طهروا أنفســـهم من الأ حداث { تفســــــــــــــــــير الصـــــاوى ، جــز ٤ ، ص ٢١٥ }
Artinya : dan (ini) sesungguhnya Al-qur’an yang sangat mulia (77) dalam kitab yang terpelihara (lauchilmachfudz) (78) tidak ada yang menyentuhnya kecuali hamba-hamba yang disucikan { yakni orang-orang yang mensucikan diri dari hadas }(79)
لَايَمَسُّ الْقُـــرْأنَ إِلَّاطَاهِــــــــرٌ (طب) عن ابن عمر (ح)
Artinya : “tidak boleh menyentuh Al-qur’an kecuali orang yang suci”.


4. الْكيْسَــانِيَة (AL-KAISANIYAH)
وَهُمْ الَّذِيْنَ قَالُــوْا : لَانَدْرِيْ هذِه الْأفْعَـــالَ مِنَ ﷲِ أَوْ مِنَ الْعِبَـــادِ وَلَا نَعْلَمُ أَيُثَـــابُ النَّـــاسُ بَعْدُ أوْ يُعَـــاقَبُوْنَ
{تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦١}
Berkeyakinan bahwa : kami tidak mengerti bahwa tindakan manusia itu dari Allah atau dari manusia sendiri, dan kami tidak mengerti bila beramal akan mendapat pahala atau tidak.
Menurut ASWAJA :
Allah yang membuat kita dan segala amal kita. Berdasarkan :
قال تعالى : وَاللّهُ خَلَقَكُمْ وَمَــا تَعْمَلُــوْنَ ﴿الصـــــــافات : ۹٦﴾
Artinya : “Allah yang telah menciptakanmu dan apa yang kamu perbuat”.

@ Imam Ghozali +- ; ( tafsir Arrozi)
Manusia itu menjadi lalu lintas takdir Allah dan menjadi penggawean/lapangan kerja ALLAH,..
- semua perbuatan /tindakan manusia itu disrtai takdir allah,.

@ Orang yang banyak dzikir kepada Allah akan diberi ketentraman hati.,

@ SIAPA ORANG YANG PERINTAH SAMA ORANG LAIN, TAPI DIRINYA TIDAK MENJALANINYA BESOK LIDAH DAN MULUTNYA AKAN DIPOTONG MEMAKAI GUNTING DARI API NERAKA.,

'' KHUSYUK SEBAGAI RUHNYA SHOLAT ''
- siapa orang yang sholat tanpa khusyuk bagaikan jasad tanpa ruh (BONEKA ).

@ TERUTAMA PADA SAAT ALFATIHAH AYAT 5 DIUSAHAKAN HATINYA MENGHADAP PADA ALLAH sbb termasuk ayat qolbunya surat fatihah.,

'' SEMAKIN KHUSYU' MAKA SEMAKIN BESAR GANJARAN SHOLATNYA ''
- semakin orang itu khusyu' maka aqan semakin berkurang perbuatan jelek., ( sholat bisa dijadikan utk menilai seseorang )

!!! perhatikan syarat rukunnya sholat khususnya TUMA'NINAH ( diam sejenak sekira bacaan SUBHANaLAAH) dr setyap gerakan sholat !!!

أللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلىَ سَيِّدِنَاوَمَوْلَنَا مُحَمَّدٍ
عَدَدَ مَا فِى عِلْمِ ا للَّهِ صَلاَةً دَائِمَةً بِدَوَامِ مُلْكِ اللَّهِ

tombo ati iku limo perkarane,
- kang sapisan moco quran sak ma'nane
- kaping pindho solat mbengi lakonono,
- kaping telu dzikir wengi diajegno
- kaping pate weteng iro ngelehono,
- kaping limo ahli ilmu kumpulono
sopo wonge sawiji biso nglakoni insya Allahuta'ala nyembadani.

- SENANGLAH DENGAN AGAM ISLAM DAN PRAKTEKKANLAH KANTHI IKHLAS -

@ ILMU ITU PENTING DIAMALKAN.,

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ العَا لَمِيْن

4. Facebook
Muga" manfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar