Kh.Abdul mu'thi
Pondok pesantren Annajach
Koripan, Tegalrejo
Magelang koripan
Rabu.5April 2016
Pondok pesantren Annajach
Koripan, Tegalrejo
Magelang koripan
Rabu.5April 2016
2.Download Audio pengajiannya ANNAJACH.mp3
Klik link dbawah. ;;
( 14.24 MB )
Klik link dbawah. ;;
( 14.24 MB )
3.Ringkasan materi
Rabu.5 April 2016
الجَهْـــــمِيَة
AL JAHMIYAH
AL JAHMIYAH
12. اللّفْظِيَة (AL-LAFDHIYAH)
قَالُوْا لَفْظُنَا بِالْقُرْأنِ مَخْــلُــوْقٌ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٢}
Berkeyakinan Bahwa : Lafad Al-qur’an, Yaitu Al-qur’an yang kita baca itu makhluq.
Menurut ASWAJA :
Alquran mempunyai 2 makna :
1.Jika yang dikehendaki dari Al-qur’an adalah yang dibukukan, maka HADIS (baru) /حَادِثْ أَيْ مَوْجُـــوْدٌ بَعْــدَ عَدَمٍ
= wujudya setelah tidak ada, dalam arti semua barang wujud yang wujudnya didahului tidak ada itu dinamakan حَادِثْ seperti manusia, hewan,dan alam semesta ini. Maka al-qur’an yang kita baca sekarang ini dihukumi حَادِثْ / baru, karena dulu tidak ada kemudian di adakan dengan dibukukan.
2. Jika yang dikehendaki dari Al-qur’an adalah kalamullah / كَلَامُ اللّه , maka QODIM / عَدَمُ الْأَوَلِيَة
= wujudnya tidak didahului tidak ada, dalam arti tidak ada awalannya. Maka كَلَامُ اللّه itu Qodim, karena kalam itu termasuk sifatnya Allah. Dan semua sifat-sifatNya Allah itu Qodim, sebab Dzat-Nya Allah juga Qodim.
Al-qur’an itu bukan buatan manusia, maka Nabi kita dikatakan AL UMMI { الأمّى } ya'ni tidak bisa membaca dan tidak bisa menulis , kalau bisa membaca dan menulis nanti umatnya Nabi menyangka kalau quran itu buatan Nabi .
قَالُوْا لَفْظُنَا بِالْقُرْأنِ مَخْــلُــوْقٌ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٢}
Berkeyakinan Bahwa : Lafad Al-qur’an, Yaitu Al-qur’an yang kita baca itu makhluq.
Menurut ASWAJA :
Alquran mempunyai 2 makna :
1.Jika yang dikehendaki dari Al-qur’an adalah yang dibukukan, maka HADIS (baru) /حَادِثْ أَيْ مَوْجُـــوْدٌ بَعْــدَ عَدَمٍ
= wujudya setelah tidak ada, dalam arti semua barang wujud yang wujudnya didahului tidak ada itu dinamakan حَادِثْ seperti manusia, hewan,dan alam semesta ini. Maka al-qur’an yang kita baca sekarang ini dihukumi حَادِثْ / baru, karena dulu tidak ada kemudian di adakan dengan dibukukan.
2. Jika yang dikehendaki dari Al-qur’an adalah kalamullah / كَلَامُ اللّه , maka QODIM / عَدَمُ الْأَوَلِيَة
= wujudnya tidak didahului tidak ada, dalam arti tidak ada awalannya. Maka كَلَامُ اللّه itu Qodim, karena kalam itu termasuk sifatnya Allah. Dan semua sifat-sifatNya Allah itu Qodim, sebab Dzat-Nya Allah juga Qodim.
Al-qur’an itu bukan buatan manusia, maka Nabi kita dikatakan AL UMMI { الأمّى } ya'ni tidak bisa membaca dan tidak bisa menulis , kalau bisa membaca dan menulis nanti umatnya Nabi menyangka kalau quran itu buatan Nabi .
AL-MURJIAH
المُـــــــــرْجِئَة
Berkeyakinan kalau sudah iman, maka boleh ma'siat, dan apabila orang itu kufur ( tidak iman ) ,maka tidak ada manfaat apa apa.
المُـــــــــرْجِئَة
Berkeyakinan kalau sudah iman, maka boleh ma'siat, dan apabila orang itu kufur ( tidak iman ) ,maka tidak ada manfaat apa apa.
@ Syaratny AMAL bisa dtrima Allah adalah IMAN,.
- Siapa orang yang sedekah didunia dgn IKHLAS maka Allah akan memberikan ganjaran di dunia dan akhirat.,
- Rasa/ sensasinya IKHLAS itu bagaikan orang yang buang air besar didalam leganya dan plongnya saat mbuang dan setelahnya tdk dilihat lagi setelah dikeluarkan.,
- Siapa orang yang sedekah didunia dgn IKHLAS maka Allah akan memberikan ganjaran di dunia dan akhirat.,
- Rasa/ sensasinya IKHLAS itu bagaikan orang yang buang air besar didalam leganya dan plongnya saat mbuang dan setelahnya tdk dilihat lagi setelah dikeluarkan.,
1. التَّـــــارِكِيَة (AT-TARIKIYAH)
قَالُوْا لَيْسَ لِلّهِ عَزَّ وَجَلَّ عَلَى خَلْقِــــــــهِ فَــرِيْضَــةٌ سِوَى الْإِيْــــمَانِ بِهِ فَمَنْ أمَـــنَ بِهِ فَلْيَفْعَلْ مَا شَـــاءَ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٢}
Berkeyakinan bahwa : semua makhluq itu tidak mempunyai kewajiban apapun dihadapan Allah kecuali iman, maka bagi siapa saja yang sudah beriman boleh bertindak apa yang dia kehendaki.
Menurut ASWAJA :
Orang itu tidak cukup dengan iman saja, harus dibuktikan dengan tindakan.
الإِيْمَانُ عُـــــرْيَانٌ وَلِبَاسُهُ التَّقْـــوَى وَزِيْـــنَتُهُ الْحَيَاءُ وَثَمْـــرَتُهُ الْعِـــلْمُ
Artinya :
“ iman itu telanjang dan pakaiannya adalah taqwa, hiasannya adalah malu dan buahnya adalah ilmu.
Orang yang tidak punya malu akan bertindak semena-mena dan tidak takut kepada Allah.
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْــبُــدُوْنَ ﴿الذاريـات : ٥٦﴾ لقــوله تعالى :
Artinya : “ dan tidaklah Aku ciptakan Jin dan Manusia kecuali untuk mengabdi kepadaku”.
قَالُوْا لَيْسَ لِلّهِ عَزَّ وَجَلَّ عَلَى خَلْقِــــــــهِ فَــرِيْضَــةٌ سِوَى الْإِيْــــمَانِ بِهِ فَمَنْ أمَـــنَ بِهِ فَلْيَفْعَلْ مَا شَـــاءَ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٢}
Berkeyakinan bahwa : semua makhluq itu tidak mempunyai kewajiban apapun dihadapan Allah kecuali iman, maka bagi siapa saja yang sudah beriman boleh bertindak apa yang dia kehendaki.
Menurut ASWAJA :
Orang itu tidak cukup dengan iman saja, harus dibuktikan dengan tindakan.
الإِيْمَانُ عُـــــرْيَانٌ وَلِبَاسُهُ التَّقْـــوَى وَزِيْـــنَتُهُ الْحَيَاءُ وَثَمْـــرَتُهُ الْعِـــلْمُ
Artinya :
“ iman itu telanjang dan pakaiannya adalah taqwa, hiasannya adalah malu dan buahnya adalah ilmu.
Orang yang tidak punya malu akan bertindak semena-mena dan tidak takut kepada Allah.
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْــبُــدُوْنَ ﴿الذاريـات : ٥٦﴾ لقــوله تعالى :
Artinya : “ dan tidaklah Aku ciptakan Jin dan Manusia kecuali untuk mengabdi kepadaku”.
2. السَّـــــائِبِيَّة (AS-SAIBIYAH)
قَالُوْ إِنَّ اللهَ تَعَالَى سَيَّبَ خَلْقَـــهُ لِيَفْعَـــلُوْا مَا شَــاءَ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٢}
Berkeyakinan bahwa : Allah membiarkan kepada manusia untuk berbuat semaunya.
Menurut ASWAJA :
Allah itu tidak mungkin menciptakan manusia tanpa peraturan. Jenisnya peraturan itu ada yang berupa perintahan dan ada larangan, maka siapa yang ikut perintahan Allah, maka surgalah tempatnya dan siapa yang melanggar maka nerakalah tempatnya.
قَالُوْ إِنَّ اللهَ تَعَالَى سَيَّبَ خَلْقَـــهُ لِيَفْعَـــلُوْا مَا شَــاءَ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٢}
Berkeyakinan bahwa : Allah membiarkan kepada manusia untuk berbuat semaunya.
Menurut ASWAJA :
Allah itu tidak mungkin menciptakan manusia tanpa peraturan. Jenisnya peraturan itu ada yang berupa perintahan dan ada larangan, maka siapa yang ikut perintahan Allah, maka surgalah tempatnya dan siapa yang melanggar maka nerakalah tempatnya.
''SHOLAT YANG TIDAK KHUSYU' BAGAIKAN JASAD TANPA RUH''
- orang tidak akan bisa bila tidak DILATIH.,
- KHUSYU' ADALaH
menghadapnya hati kepada Allah dan tenangnya anggota badan.,
- orang tidak akan bisa bila tidak DILATIH.,
- KHUSYU' ADALaH
menghadapnya hati kepada Allah dan tenangnya anggota badan.,
@ SHOLAWAT@
1. ahli ngaji kakung putri ayo sregep rajin ngaji,
kanggo sangu urep mati sowan ono ngerso ilahi ,.
2.sekarat pati baget larane, sebab naliko uripe
ing donyo akeh dosane, mergo akeh ninggal sholate ,.
3. Sangu mati dudu bondo, tegal sawah engkang ombo,
nannging iman kang sampurno lan islam engkang utomo,.
4. Durung tobat wes sekarat karawuhan malaikat
naliko rohe dipecat sangsoro ra biso sambat
5. Bareng ngono lagi rumongso, karepe nyuwun ngapuro
lawang tobat wes ra mengo , kari nunggu mlebu neroko
kanggo sangu urep mati sowan ono ngerso ilahi ,.
2.sekarat pati baget larane, sebab naliko uripe
ing donyo akeh dosane, mergo akeh ninggal sholate ,.
3. Sangu mati dudu bondo, tegal sawah engkang ombo,
nannging iman kang sampurno lan islam engkang utomo,.
4. Durung tobat wes sekarat karawuhan malaikat
naliko rohe dipecat sangsoro ra biso sambat
5. Bareng ngono lagi rumongso, karepe nyuwun ngapuro
lawang tobat wes ra mengo , kari nunggu mlebu neroko
@ Orang yang banyak dzikir kepada Allah akan diberi ayemnya hati dan disaat akan mati bisa mengucap لا اله الا الله .,
- Sbb orang yang mati kalimat trakhirnya لا اله الا الله akan masuk surga.,
- Sbb orang yang mati kalimat trakhirnya لا اله الا الله akan masuk surga.,
!!!! '' MANUSIA HARUS PUNYA KEKHAWATIRAN MATINYA NANTI SU'UL KHOTIMAH ATAU KHUSNUL KHOTIMAH '' !!!q
- biasakan disaat bepergian usahakan dalam keadaan suci.,
insy. Slamat dr marabahaya.,
insy. Slamat dr marabahaya.,
@ Budak yang pertama kali masuk ISLAM ADALAH sohabat Billal., dr habasyah ( palestina ) dan sohabat Bilal masuk surga lebih awal dsebabkan membyasakan SHOLAT SUNAH WUDhLU setelah wudhlu.,
'' NGAJI PENTING TAPI MERAWAT ILMUNYA LEBIH PENTING ''
اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ العَا لَمِيْن
4. Facebook
Muga" manfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar