Pondok pesantren Annajach
Koripan, Tegalrejo
Magelang koripan
Rabu.3 mei 2016
1. Klik Blog
- Http://
- Http://
2.Download Audio pengajiannya ANNAJACH.mp3
Klik link dbawah. ;;
( 14.24 MB )
https://www.mediafire.com/
3.Ringkasan materi
Rabu. 3 mei 2016
AR-ROFIDLOH
الــرَّافِضــــــــة
5 . النَّــاوُوْسِيَة (AN-NAWUSIYAH)
قَالُوْا عَلِيٌّ أَفْضَلُ الْأُمَّةِ فَمَنْ فَضَّلَ غَيْــرَهُ عَلَيْــهِ فَقَدْ كَفَـــرَ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٣}
Berkeyakinan bahwa : sahabat Ali itu lebih utama-utamanya umat, maka siapa orang yang mengutamakan selain Ali, maka dia kafir.
Menurut ASWAJA :
Yang lebih utama adalah Abu Bakar, Umar bin Khottob, Usman bin ‘Affan dan terakhirAli bin Abi tholib.
اَفْضَلُ الصَّحَابَةِ اَبُــوْبَكْـــرٍثُمَّ عُمَـــرُ ابْنُ الْخَطَّابِ ثُمَّ عُثْــمَانُ ابْنُ عَفَّانٍ ثُمَّ عَلِيُّ ابْنُ اَبِيْ طَالِبٍ
Artinya : “ paling utama-utamanya Shohabat adalah Abu Bakar, Umar bin Khottob, Ustman bin”affan dan Ali bin Abi Tholib.
-- @ LEBIH UTAMA UTAMaNYA Umat SECARA MUTLAQ ADALAH NABI MUHAMMAD SAW @ --
6. الاِمــَامِيَــــة (AL-IMAMIYAH)
قَالُوْا لَايُمْكِنُ أَنْ تَكُــوْنَ الدُّنْيَا بِغَيْرِ إِمَامٍ مِنْ وَلَدِ الْحُسَـــــيْنِ وَإِنَّ الْإِمَامَ يُعَلِّمُهُ جِبْــرِيْــلُ عَلَيْهِ السَّلَامُ فَإِذَا مَاتَ بَدَّلَ غَيْرُهُ مَكَانَهُ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٣}
Berkeyakinan bahwa : tidak mungkin di dunia tanpa seorang imam dari anak turunnya sayyidina Chusain dan sesungguhnya imam itu diajari oleh Malaikat Jibril, maka ketika imam meninggal dunia maka Allah membuat ganti yang lainnya untuk mengganti kedudukannya.
Menurut ASWAJA :
Orang yang menjadi Imam itu tidak harus dari keturunan sayyidina Chusain.
7. الزَّيْــــــدِيَة (AZ-ZAIDIYAH)
قَالُوْا وَلَدُالْحُسَـــيْنِ كُلُّهُمْ أَ ئِمَّةٌ فِى الصَّلَــوَاتِ فَمَتَى وُجِـــدَ مِنْهُمْ أَحَدٌ لَمْ تُجْزَ الصَّلَاةُ خَلْفَ غَيْــرِهِمْ بِرِّهِمْ وَفَاجِرِهِمْ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٣}
Berkeyakinan bahwa : semua anak turunnya sayyidina Chusain harus menjadi imam sholat, dan selama masih ada anak turunnya syaidina Chusain ( yang baik ataupun jelek tingkahnya ) bila orang lain menjadi Imam, maka tidak syah sholatnya.
Menurut ASWAJA :
Orang yang menjadi Imam itu tidak harus dari keturunan Sayyidina Chusain, asal sudah menetapi syarat-syaratnya menjadi Imam maka boleh dan syah sholat jamaahnya.
@ ( Imam Syafi'i )
Orang yang berhak menjadi Imam adalah :
1. Orang yang ‘alim fiqih, yakni orang yang mengerti hukum agama dan yang menjadi pilihannya masyarakat didalam dzat,nasab dan sifat-sifatnya tidak dibenci masyarakat.
2. Orang yang banyak hafal Al-qur’annya.
3. Orang yang lebih tua umurnya.
4. Orang tersebut ahli menjadi Imam.
5. Orang yang wira’i.
@ Syarat-syarat menjadi imam ;
1. Suci dari hadas kecil dan besar.
2. Di badan dan pakainnya tidak ada najisnya (najis yang tidak dima’fu).
3. Tidak meninggalkan i’tidal dan tuma’ninah.
4. Tidak meninggalkan membaca al-fatichah.
8. العَبَّاسِيَة (AL-ABBASIYAH)
زَعَمُوْا أَنَّ الْعَبَّاسَ كَانَ أَوْلٰى بِالْخَلَا ئِقِ مِنْ غَيْرِهِ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٣}
Berkeyakinan bahwa : yang berhak menjadi kholifah adalah Syaidina Abbas bukannya Syaidina Abu Bakar, Sayyidina Umar, Sayyidina Utsman dan Sayyidina Ali.
Menurut ASWAJA :
Yang berhak menjadi kholifah adalah Sayyidina Abu Bakar, Sayyidina Umar, Sayyidina Utsman dan Syaidina 'ali. Inilah urutan dari masa kekholifahan setelah Nabi Muchammad SAW wafat.
Masa kekhalifahan itu 30 tahun.
Berdasarkan hadis
ثُمَّ مُلْكٌ بَعْـــدَ ذٰلِكَ (حم ت ع حب ) عن سفيــنة (صحـ) الخِلَافَةُ بَعْـــدِيْ فِيْ اُمَّــتِيْ ثَــلَاثُــوْنَ سَنَةً ( orang yang berhak menjadi kholifah setelah wafatku (Nabi) dikalangan umatku itu masa 30 tahun, kemudian setelah kholifah itu namanya مُلْكٌ / kerajaan.
خَلِيْفَة itu orang yang mengamalkan sunnah Rosul beserta bawahannya.
مُلْكٌ itu orang yang mungkin bisa melakukan sunnah Rosul tapi bawahannya tidak melakukannya, seperti menteri-menterinya.
@ Dalam kitab JAUHARUT TAUHID dijelaskan Masa kekholifahan para khulafaur rosyidin ;
1. Sayyidina ABU BAKAR memimpin selama 2 Tahun 3 bulan 10 hari.
2. Sayyidina UMAR BIN KHOTOB memimpin selama 10 Tahun 6 bulan 8 hari.
3.
Sayyidina UTSMAN BIN AFFAN memimpin selama 11 Tahun 11 bulan 9 hari.
4. Sayyidina ALI BIN ABI THOLIB memimpin selama 4 Tahun 9 bulan 7 hari.
jika dijumlahkan maka menjadi 29 Tahun 6 Bulan 4 hari, belum sempurna masa 30 Tahun seperti yang dikira kirakan oleh nabi kemudian disempurnakan oleh SAYYIDINA CHASAN BIN ALI sampai menjadi bilangan 30 Tahun.
- IMAM AS SUYUTHI menjelaskan ,oleh karena keterangan diatas MUAWIYAH itu pertama kalinya orang yang mendirikan kerajaan
9. التَّنَاسُــخِيَة (AT-TANASUKHIYAH)
قَالُوْا الأرْوَاحُ تَتَنَاسَخُ فَمَنْ كَانَ مُحْسِنًا خَرَجَتْ رُوْحُــهُ فَدَخَــلَتْ فِى خَلْقٍ يُسْــعِدُ بِعَيْــشِهِ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٣}
Berkeyakinan bahwa : nyawa/arwah itu bisa nempel pada jasad orang lain/menjelma masuk pada raga manusia, jika ruh itu asalnya dari orang yang kaya, maka yang dimasuki akan ikut menjadi kaya. (menjelma/reingkarnasi)
Menurut ASWAJA :
Orang itu kalau sudah mati maka sudah tidak bisa kemana-mana.
Dalam kitab i’anatuttholibin ruh itu terbagi menjadi 5.
1. Ruhnya para Nabi bertempat di suraga.
2. Ruhnya para Syuhada’/orang-orang yang mati syahid bertempat di surga.
3. Ruhnya orang-orang yang tho’at bertempat di taman-tama surga.
4. Ruhnya orang-orang yang melanggar/ma’siat dari orang mu’min bertempat diantara langit dan bumi.
5. Ruhnya orang-orang kafir bertempat di neraka sijjin.
- Jadi ruhnya orang yang sudah mati itu tidak akan masuk pada orang yang masih hidup. Karena orang yang sudah mati sudah ada tempatnya sendiri-sendiri.
@ Setyap manusia Lahir dititipi Allah 2 perkara yaitu ;
1. Di hati kanan malaikat Ilham.,
2. Dihati sebelah kiri bertempat syetan was was.,
- syetan inilah yang bisa '' membo membo sifat yang sama persis orang yag ditinggali ''
-- MATI ADALAH KELAUARNYA RUH DARI JASAD --
-- Imam العــز بن عبــد الســلام menerangkan bahwa setiap jasad itu mempunya 2 ruh.
1. روح اليــقظـة (ruchulyaqdhoh)
Yaitu ruh yang bila keluar dari jasad maka orang itu akan tidur. Yang menjadikan seseorang sadar.,
2. روح الحياة (ruchulchayat)
Yaitu ruh yang jika keluar dari jasad maka orang itu akan mati.
تحفةالمـــريد ) / جــوهــر التــوحيد hal 98
@ faedah dari kembang yang ditaburkan DIATAS KUBURAN aDALAH selam bunga tsb blum LAYU , maka bunga akan memintakan pengampunan pada si mayit .,
@- Ganjaran bacaan Quran bisa sampai pada orang mati bila baacaannya dikirimkan pada si mayit. Tapi bila tidak dniati maka mayit cuma akan mendapat berkahnya bacaannya Qur'an.,
- maka TATALAH NIAT SEBELUM MEMBACA QURAN.,
@Syarat doa dan ganjaran bisa sampai kepada mayit adalah ;
1. Yang membaca quran islam
2. Yang mati islam
3. ikhlas.
-- @ UTAMAKAN memPERBAIki HATI DARIPADA memoles moles kecantikan DHOHIR @--
صَلاَةُ اللَّهْ سَلاَمُ اللَّهْ # عَلىَ طَهَ رَسُوْلِ اللَّه
صَلاَةُ اللَّهْ سَلاَمُ اللَّهْ عَلىَ يَسٓ حَبِيْبِ اللَّهْْ
1. wong mati ing kubur koyo wong kang kecemplung segoro,
tansah nunggu dongo bapak ibu anak lan konco.,
2. Yen wes nompo dongane banjur roso atine bonggo ,
senenge ngungkuli donyo sak isine do ngertio.,
3. Ojo wegah kirem ganjaran wacan quran kang mulyo ,
besok kito bakal diwales wong kang ono ing donyo.,
4. Ora ketung wacan dzikir senajan sitek ikhlasno,
kanggo ngirem ahli kubur khususe wong tuwo kitho
@ SYETAN bisa kalah dengan 2 hal yaitu ;
1. Ikhlas.
2. Diam.
- YANG SERING MENJADIKAN lantaran CEPATNYA TERKABULNYA DOA ADALAH IKHLAS -
1. Makanan dan minuman halal
2, doa secara YAQIN.,
3, MENDOAKAN orang tua
اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ العَا لَمِيْن
4. Facebook
https://m.facebook.com/
Muga" manfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar