Kh.Abdul mu'thi
Pondok pesantren Annajach
Koripan, Tegalrejo
Magelang
Rabu.24November 2015
1. Klik Blog- Http://
- Http://
2.Download Audio pengajiannya ANNAJACH.mp3
Klik link dbawah. ;;
( 14.36 MB )
-via mediafire
http://www.mediafire.com/
3. Ringkasan materi
Rabu,24November2015
AR-ROFIDLOH
الــرَّافِضــــــــة
5 . النَّــاوُوْسِيَة (AN-NAWUSIYAH)
قَالُوْا عَلِيٌّ أَفْضَلُ الْأُمَّةِ فَمَنْ فَضَّلَ غَيْــرَهُ عَلَيْــهِ فَقَدْ كَفَـــرَ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٣}
Berkeyakinan bahwa : sahabat Ali itu lebih utama-utamanya umat, maka siapa orang yang mengutamakan selain Ali, maka dia kafir.
Menurut ASWAJA :
Yang lebih utama adalah Abu Bakar, Umar bin Khottob, Usman bin ‘Affan dan terakhirAli bin Abi tholib.
اَفْضَلُ الصَّحَابَةِ اَبُــوْبَكْـــرٍثُمَّ عُمَـــرُ ابْنُ الْخَطَّابِ ثُمَّ عُثْــمَانُ ابْنُ عَفَّانٍ ثُمَّ عَلِيُّ ابْنُ اَبِيْ طَالِبٍ
Artinya : “ paling utama-utamanya Shohabat adalah Abu Bakar, Umar bin Khottob, Ustman bin”affan dan Ali bin Abi Tholib.
6. الاِمــَامِيَــــة (AL-IMAMIYAH)
قَالُوْا لَايُمْكِنُ أَنْ تَكُــوْنَ الدُّنْيَا بِغَيْرِ إِمَامٍ مِنْ وَلَدِ الْحُسَـــــيْنِ وَإِنَّ الْإِمَامَ يُعَلِّمُهُ جِبْــرِيْــلُ عَلَيْهِ السَّلَامُ فَإِذَا مَاتَ بَدَّلَ غَيْرُهُ مَكَانَهُ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٣}
Berkeyakinan bahwa : tidak mungkin di dunia tanpa seorang imam dari anak turunnya sayyidina Chusain dan sesungguhnya imam itu diajari oleh Malaikat Jibril, maka ketika imam meninggal dunia maka Allah membuat ganti yang lainnya untuk mengganti kedudukannya.
Menurut ASWAJA :
Orang yang menjadi Imam itu tidak harus dari keturunan sayyidina Chusain.
7. الزَّيْــــــدِيَة (AZ-ZAIDIYAH)
قَالُوْا وَلَدُالْحُسَـــيْنِ كُلُّهُمْ أَ ئِمَّةٌ فِى الصَّلَــوَاتِ فَمَتَى وُجِـــدَ مِنْهُمْ أَحَدٌ لَمْ تُجْزَ الصَّلَاةُ خَلْفَ غَيْــرِهِمْ بِرِّهِمْ وَفَاجِرِهِمْ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٣}
Berkeyakinan bahwa : semua anak turunnya sayyidina Chusain harus menjadi imam sholat, dan selama masih ada anak turunnya Chusain bila orang lain menjadi iImam, maka tidak syah sholatnya.
Menurut ASWAJA :
Orang yang menjadi Imam itu tidak harus dari keturunan Sayyidina Chusain, asal sudah menetapi syarat-syaratnya menjadi Imam maka boleh dan syah sholat jamaahnya.
@ Orang yang berhak menjadi Imam adalah :
1. Orang yang ‘alim fiqih, yakni orang yang mengerti hukum agama dan yang menjadi pilihannya masyarakat didalam dzat,nasab dan sifat-sifatnya tidak dibenci masyarakat.
2. Orang yang banyak hafal Al-qur’annya.
3. Orang yang lebih tua umurnya.
4. Orang tersebut ahli menjadi Imam.
5. Orang yang wira’i.
@ Syarat-syarat menjadi imam ;
1. Suci dari hadas kecil dan besar.
2. Di badan dan pakainnya tidak ada najisnya (najis yang tidak dima’fu).
3. Tidak meninggalkan i’tidal dan tuma’ninah.
4. Tidak meninggalkan membaca al-fatichah.
@ Sayyidina Chusain itu keturunan dari Sayyidina Ali dan Sayyidatina Fatimah putri Rosululloh SAW.
@ Jika ada keturunan Rosul tidak mengerti hukum agama, maka tetap wajib dihormati, seperti Al-qur’an yang sampulnya sudah rusak/sebagian dari Al-qur’an itu lepas, mak tetap wajib menjaga etika dan menghormati.
@ MATI ;
1. KHUSNUL KHOTIMAH
mati dalam keadaan membawa iman dan aqan tetap dmasukkan neraka bila membawa dosa yg belum diampuni Allah., p
2.SU'UL KHOTIMAH
mati dalam keadaan tidak membawa iman, dan aqan kekal dineraka.
@ ALLAH MENCIPTAKAN DUNIA DALAM KEADAAN DIBENCI ALLAH DAN ALLAH MENCIPTAKAN AKHIRAT DALAM KEADAAN DICINTAI ALLAH.,
- dunia dan akhirat bagaikan arah kanan dan kiri., yang bila mana pergi ke kanan PASTI meninggalkan kiri.,
- solusinya JADIKANLAH DUNIA sebagai sarana beribadah kepada Allah., caranya dgn mengaji,.
@ BUAHNYA CINTA DUNIA AQAN TIMBUL SIFAT MEDIT/ PELIT/KIKIR.,
العَبَّاسِيَة (AL-ABBASIYAH)
زَعَمُوْا أَنَّ الْعَبَّاسَ كَانَ أَوْلٰى بِالْخَلَا ئِقِ مِنْ غَيْرِهِ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٣}
Berkeyakinan bahwa : yang berhak menjadi kholifah adalah Syaidina Abbas bukannya Syaidina Abu Bakar, Sayyidina Umar, Sayyidina Utsman dan Sayyidina Ali.
Menurut ASWAJA :
Yang berhak menjadi kholifah adalah Sayyidina Abu Bakar, Sayyidina Umar, Sayyidina Utsman dan Syaidina 'ali. Inilah urutan dari masa kekholifahan setelah Nabi Muchammad SAW wafat.
Masa kekhalifahan itu 30 tahun. Berdasarkan hadis
ثُمَّ مُلْكٌ بَعْـــدَ ذٰلِكَ (حم ت ع حب ) عن سفيــنة (صحـ) الخِلَافَةُ بَعْـــدِيْ فِيْ اُمَّــتِيْ ثَــلَاثُــوْنَ سَنَةً ( orang yang berhak menjadi kholifah setelah wafatku (Nabi) dikalangan umatku itu masa 30 tahun, kemudian setelah kholifah itu namanya مُلْكٌ / kerajaan.
خَلِيْفَة itu orang yang mengamalkan sunnah Rosul beserta bawahannya.
مُلْكٌ itu orang yang mungkin bisa melakukan sunnah Rosul tapi bawahannya tidak melakukannya, seperti menteri-menterinya.
Dalam kitab JAUHARUT TAUHID dijelaskan Masa kekholifahan para khulafaur rosyidin ;
Sayyidina ABU BAKAR memimpin selama 2 Tahun 3 bulan 10 hari.
Sayyidina UMAR BIN KHOTOB memimpin selama 10 Tahun 6 bulan 8 hari.
Sayyidina UTSMAN BIN AFFAN memimpin selama 11 Tahun 11 bulan 9 hari.
Sayyidina ALI BIN ABI THOLIB memimpin selama 4 Tahun 9 bulan 7 hari.
jika dijumlahkan maka menjadi 29 Tahun 6 Bulan 4 hari, belum sempurna masa 30 Tahun seperti yang dikira kirakan oleh nabi kemudian disempurnakan oleh SAYYIDINA CHASAN BIN ALI sampai menjadi bilangan 30 Tahun.
IMAM AS SUYUTHI menjelaskan ,oleh karena keterangan diatas MUAWIYAH itu pertama kalinya orang yang mendirikan kerajaan
التَّنَاسُــخِيَة (AT-TANASUKHIYAH)
قَالُوْا الأرْوَاحُ تَتَنَاسَخُ فَمَنْ كَانَ مُحْسِنًا خَرَجَتْ رُوْحُــهُ فَدَخَــلَتْ فِى خَلْقٍ يُسْــعِدُ بِعَيْــشِهِ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٣}
Berkeyakinan bahwa : nyawa/arwah itu bisa nempel pada jasad orang lain/menjelma masuk pada raga manusia, jika ruh itu asalnya dari orang yang kaya, maka yang dimasuki akan ikut menjadi kaya. (menjelma/reingkarnasi)
Menurut ASWAJA :
Orang itu kalau sudah mati maka sudah tidak bisa kemana-mana.
Dalam kitab i’anatuttholibin ruh itu terbagi menjadi 5.
Ruhnya para Nabi bertempat di suraga.
Ruhnya para Syuhada’/orang-orang yang mati syahid bertempat di surga.
Ruhnya orang-orang yang tho’at bertempat di taman-tama surga.
Ruhnya orang-orang yang melanggar/ma’siat dari orang mu’min bertempat diantara langit dan bumi.
Ruhnya orang-orang kafir bertempat di neraka sijjin.
Jadi ruhnya orang yang sudah mati itu tidak akan masuk pada orang yang masih hidup. Karena orang yang sudah mati sudah ada tempatnya sendiri-sendiri.
Imam العــز بن عبــد الســلام menerangkan bahwa setiap jasad itu mempunya 2 ruh.
روح اليــقظـة (ruchulyaqdhoh)
Yaitu ruh yang bila keluar dari jasad maka orang itu akan tidur.
روح الحياة (ruchulchayat)
Yaitu ruh yang jika keluar dari jasad maka orang itu akan mati.
تحفةالمـــريد ) / جــوهــر التــوحيد hal 98(
@ hadits dari abi hurairoh ;
+- ORANG MU'MIN ITU BILA MENINGGAL MAKA KEMBALI MENGELILINGI RUMAH UTK MELIHAT APAKAH KELUARGANY, UTANGNY DILUNASI/BELUM SELAMA 1 BULAN,.
+STLH ITU SELAMA 1 TAHUN BERADA DIKUBURAN UTK MELIHAT SIAPA SAJA YANG ZIAROH PADANY,.
+ STLAH ITU LANGSUNG DIANGKAT KE SURGA ILLIYIN ( bila ruh mu'min) tp bila blum mendapat pengampunan dr allah maka aqan brada di lembaga pertahanan kubur,.
@ bab tanya jawab @
1.siapa yang mengerti kemungkaran (brg yag dibenci Allah ) wajib dihilangkan , bagaimana maksdny!??
Jawab ;
- yang dimaksud menghilangkan scra langsung adalah tugas Aparatur negara.,
- yng menghilangkan scra langsung dgn lesannya adalah tugasnya ulama
- bagi orang umum tugasnya Adalah ingkar dengan hatinya
2. Bagaimana caranya bisa istiqomah !??
Jawab ;
Orang tidak aqan bisa ISTIQOMAH bila lesan, hati, dan tindakannya tidak istiqomah.,
3. Dalam mencari rezeki yng berkah bagaimana caranya !??
Jawab ;
dalam mencari rezjeki jangan ngoyo, dan niatnya yang benar.,
4. Bagaimana caranya agar khusyu' ketika sholat !?
Jawab ;
KHUSYU' adalah
menghadapnya hati kepada Allah dan tenangnya anggota badan,.
5. TIDAK AKAN ADA AMAL APAPUN YANG BISA DITERIMA ALLAH KECUALI AMAL YANG IKHLAS.,
- Mulo nak ngaji ditoto niate seng bener.,
6. Apa bedanya UMROH DAN HAJI ???
Jawab ;
Ketika haji ada wukuf di arofah tapi ketika Umroh tidak ada wukuf di arofah.,
- SEBENARNYA HAJI KREDIT DIGOLONGKAN ORANG YANG TIDAK MAMPU., ( dan kurang bagus )
- kegiatan pokok Haji sebenarnya cuma tanggal 10,11,12 , dan 13.,
klo sampai 40 hari itu cuma sbg pelengkap,.
7. Benarkah anak yang tidak di aqeqohi , besok tidak aqaan dapat saling menolong??
Jawab ;
TIDAK BENAR, hukum aqeqoh SUNAH dan waktunya ketika motong rambut bayi disertai memberi nama yang besok aqan menjemput ktk dikahirat, BILA AMALNYA baik, bila jelek amalnya maka tetap tidak bisa.
- MAKA POKOKANLAHBAGUSKANLAH AMALMU YANG BESOK AQAN MENJADI TUMPAKAN DIAKHIRAT., Sbb besok amal kita aqan menjadi tumpakan atau numpaki kita besok.,
8. Benarkah menanam jimat dipojokan rumah menjadikan musyrik??
Jawab ;
bila yaqin krn jimat tsb maka MUSYRIK, tapi bila menanam semata mata krn Allah tidak apa apa.,
9 . Benarkah acara ngapati disertai bacaan bacaan tertentu.,
jawab;
tidak benar acara ngapati sendiri lebih baik drpd acara mitoni.,
- haditsnya sendiri hadits qiyasi yg disaat ruh ditiupkan ke bayi baiknya didoakan dan dslameti spy anak menjdi sholihah.,
اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ العَا لَمِيْن
4. Facebook
https://m.facebook.com/
Muga" manfaat
اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ العَا لَمِيْن
Tidak ada komentar:
Posting Komentar