Jumat, 13 November 2015

Rabu.10November 2015

Kh.Abdul mu'thi
Pondok pesantren Annajach
Koripan, Tegalrejo
Magelang

Rabu.10November 2015
Hasil gambar untuk annajach koripan

1. Klik Blog
Http://ahmadmujib99.Blogspot.com/
Http://toharhar.Blogspot.com/

2.Download Audio pengajiannya ANNAJACH.mp3
Klik link dbawah. ;;
( 11.36 MB )

-via mediafire

http://www.mediafire.com/listen/zlr4l03ni453ben/Rabu.10November2015.mp3

3. Ringkasan materi

Rabu. 10 November 2015

1.         الظَّاهِـــرِيَة  (ADZ-DHOHIRIYAH)
الَّذِيْنَ نَفَــوْا الْقِيَــاسَ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٢}
        Berkeyakinan bahwa : dalam agama islam tidak ada QIYAS (menyamakan sesuatu pada sesuatu yang lain karena ada titik persamaan diantara kedua perkara tersebut)
Menurut ASWAJA :
Dalam agama islam qiyas itu tetap ada, sebab pedomannya orang islam itu ada 4 : Al-qur’an, Chadist, Ijma’ dan qiyas. Berdasarkan :

يَاۤ اَيُّهَاالَّذِيْنَ اٰمَنُــوْا أَطِيْعُــوْا اللهَ وَأَطِيْـعُــوْا الرَّسُــــوْلَ وَاُولِى الْاَمْـــرِ مِنْكُــمْ فَاِنْ تَنَازَعْتُمْ فِيْ شَيْءٍ فَــرُدُّوْهُ اِلَى اللهِ وَالرَّسُـــــوْلِ اِنْ كُنْتُمْ تُــؤْمِنُــوْنَ بِاللهِ وَالْيَــوْمِ الْاٰخِـــرِ ﴿ النســـــاء : ٥۹﴾

Artinya +- :
“ wahai orang-orang yang beriman ! taatilah Allah dan taatilah Rosul (Muchammad) dan Ulil amri (pemegang kekuasaan) diantara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah(Al-qur’an) dan Rosul (sunnahnya) jika kamu beriman kepada Allah dan hari akhir”.
قوله ﴿وَأُولِى الْأَمْـــرِ﴾ إشــارة للإجمأع ، وقوله ﴿فَإِنْ تَنَازَعْتُـــمْ﴾ إشــارة للقياس ، قوله ﴿وَاُولِى الْأَمْـــرِ﴾ يدخل فيــه الخــلــفاء الراشــدين ، والأئمة المجتهــدون ، والقضاة والحكام {تفسيــــر الصاوي جــز ١ ص ٢۹۹}
Firman Allah : ﴿وَأُولِى الْأَمْـــرِ itu mengisyarohkan pada ijma’ ( kesepakatan Ulama’ mujtahid dalam urusan agama)
Firman Allah : ﴿فَإِنْ تَنَازَعْتُـــمْ itu mengisyarohkan pada Qiyas.
Ijma’ adalah ;
الإِجْمَاعُ اتِّفَــاقُ الْمُجْتَهِدِيْنَ مِنْ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ صلى الله عليــه وسلــم عَلَى أَمْـــرٍ دِيْنِيٍّ
Kesepakatan para Mujtahid ( ULAMA 4 ), Dalam mengambil hukum  Langsung dari Al-quran dengan ilmu-ilmu tertentu dari umatnya nabi muhammad SAW.  ( Imam Syafi'i, Imam maliki ,Imam Chanafi dan Imam Chambali )
QIYAS adalah
 رَدُّ الْفَرْعِ اِلَى الْاَصْلِ بِعِلَّةٍ يَجْمَعُهَا فِى الْحُكْمِ
Menyamakan sesuatu pada sesuatu yang lain karena ada titik persamaan diantara kedua perkara tersebut,contoh qiyas yaitu  ;
1.         Berzakat,  kalau zaman dahulu memakai gandum & kurma, zaman sekarang memakai beras . Sama sama didalam bahan makanan pokok.

قال رســول الله صلى الله عليه وســلم زَكَاةُالْفِطْــرِ فَــرْضٌ عَلَى كُلِّ مُسْــلِمٍ حُــرٍّ وَعَبْــدٍ ذَكَــرٍ وَاُنْثَى مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ صَاعٌ مِنْ تَمْــرٍ اَوْ صَاعٌ
مِنْ شَعِــيْــــرٍ. رواه الدراقطنى عن ابن عمـــر

Artinya  Rosululloh SAW bersabda yang artinya kurang lebih:
 Zakat fitrah itu difardhukan atas semua orang islam, baik yang merdeka atau sahaya, laki-laki atau perempuan dari golongan islam, sebanyak satu sho’ atau 2 kg 4 ons dari kurma kering atau satu sho’ dari gandum. ( riwayat Addaroquthni dari ibnu Umar)
Dalam hadis tersebut disebutkan bahwa yang dikeluarkan zakatnya adalah kurma atau gandum bukan beras, sebab di kala itu kedua tersebut menjadi bahan makanan pokok. Jadi zakat beras disamakan dengan zakat gandum sama didalam olehnya menjadi bahan makanan pokok. 
2. Segala makanan/minuman yang memabukkan haram, sebab disamakan dengan khomer. Seperti narkoba, ganja,pil koplo,dan sebagainya. Padahal di dalam Al-qur’an yang disebutkan hanya khomer.
Maka jika ada orang yang tidak memakai qiyas, tapi zakatnya dengan beras, berarti dia menyimpang dari Al-qur’an. Karena di dalam Al-qur’an tidak ada yang menerangkan zakat memakai beras.
Kesimpulan :
 pedoman/dasar-dasar agama islam itu ada 4, yaitu
 Al-qur’an, Chadist, Ijma’ dan Qiyas. Cukup di dalam kitab المبادئ الفقهــية juz 3 sudah disebutkan bahwa dasar-dasar agama itu adalah 4 tersebut.

2.         البِــدَعِيَــة  (AL-BIDAIYAH)
أَوَّاُ مَنْ ابْتَدَعَ هــذِهِ الْأَحْــدَاثَ فِى هــذِهِ الأُمَّةِ {تفســــــــــــــــير القرطبى، جز : ٤، ص ١٦٢}
Berkeyakinan bahwa : di dalam  agama islam boleh melakukan bid'ah, mereka orang-orang pertama kali yang mengadakan bid’ah.
        Menurut ASWAJA :
- Imam syafi'i membagi  bid'ah dalam  2 bentuk yakni  umum dan khusus.
1. BID'AH UMUM
مَالَمْ يَكُنْ فِيْ عَهْـــدِ رَسُــــوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلــم وَلَا فِيْ عَهْـــدِ الصَّحَــابَةِ عِبَادَةً اَوْ عَادَةً
Artinya :
tindakan atau amalan yang tidak ada di zaman Rosulullah SAW dan tidak ada di zaman Shohabat, baik tindakan ibadah atau adat.
Bid’ah umum ini menurut الشيخ الإمام أبــو محمد بن عبــد الســلام  dibagi menjadi 5 :
1.         Bid’ah wajibah.
Seperti : menulis Al-qur’an, menulis ilmu syari’at islam, jika dikhawatirkan tersia-sia, mengarang kitab-kitab agama islam yang dibutuhkan oleh masyarakat, hanya saja wajibnya wajib kifayah bukan wajib ‘ain, belajar ilmu nahwu shorof dan sebagainya.
2.         Bid’ah muharromah.
Seperti :cukai/pajak.
3.         Bid’ah makruhah.
Seperti : menghiasi masjid, mengkhususkan qiyamullail (sholat sunnah malam) di malam jum’at, makan dengan tangan kanan memakai sendok tangan kiri memakai garpu.
1.         Bid’ah mandubah/sunnah/mustachabah.
Seperti : melakukan sholat tarawih berjamaah, membangun pondok pesantren, madrasah dan semua tindakan yang baik yang tidak dikenal atau diketahui di zaman yang pertama yaitu zamannya Rosulullah SAW dan sahabat.
2.         Bid’ah mubahah.
Seperti : jabat tangan setelah sholat fardhu ashar dan subuh. Sebab setelah sholat itu diperintahkan supaya berdzikir kepada Allah.
لقوله تعالى : قَاِذَافَـــرَغْتَ فَانْصَبْ
 Artinya : “ jika kamu sudah selesai sholat, maka berdo’alah”.



2.BID'AH KHUSUS
الزِّيَادَةُ فِى الدِّيْنِ اَوِ النُّقْصَانِ مِنْهُ الْحَادِثَانِ بَعْدَ الصَّحــَـابَةِ بِغَيْــرِ اِذْنٍ مِنَ الشَّــارِعِ لَا قَــوْلًا وَلَا فِعْلًا وَلَا صَـــرِيْحًا وَلَا اِشَـــارَةً

Artinya :
 Bid’ah khusus ialah mengadakan penambahan atau pengurangan dalam agama setelah zamannya Shohabat tanpa ijin dari syar’i yaitu Allah atau Rosulullah SAW (qur’an/hadist) ijin secara perintahan tidak ada dan ijin secara contoh tindakan Nabi tidak ada.
Yang dimaksud ijin dari syar’i itu tidak cocok dengan dalil agama, contohnya sholat dengan menghadapkan gambarnya dari seorang guru di mukanya, yang berlaku dikalangan sebagian jamaah orang islam sendiri. Musabaqoh tilawatil qur’an . adakah Musabaqoh di zaman Nabi ? kalau mengadakan pengurangan /penambahan setelah zamannya Shohabat itu ada ijin syar’i yakni dalil dari agama walau secara isyaroh itu tidak termasuk bid’ah.

قال رســول الله صلى الله عليــه وســلم مَنْ اَحْـــدَثَ فِى اَمْـــرِنَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ رَدٌّ . رواه البخارى ومسلم
Artinya :
 Siapa orang yang mengadakan pembaharuan dalam agamaku yang tidak didasarkan agama islam, maka itu ditolak.
Bid’ah itu adakalanya yang berhubungan dengan i’tiqod, dinamakan bid’ah i’tiqodiyah, adakalanya yang berhubungan  dengan ibadah dinamakan bid’ah ibadiyah, dan adakalanya yang berhubungan dengan ‘adah/kebiasaan dinamakan bid’ah ‘adiyah.
Adapun bid’ah arti umum itu bisa menjurus kapada ibadah atau ‘adah, kalau bid’ah arti khusus tidak bisa menjurus kepada ‘adah bahkan hanya pada sebagian i’tiqod dan sebagian ibadah.


@ mana mana di Alquran melarang adanya perpecahan berarti menunjukkan HARAMNYA dan bila melanggar aqan diancam dengan siksaan yang pedih diakhirat kelak,.

ISLAM PERTAMA MUNCUL DALAM KEADAAN ASING DAN AQAN KEMBALI ASING PADA AKHIR ZAMAN,.

@ Walaupun keterangan dalam pengajian tidak cocok secara nafsu, maka tetap terimalah bila memang itu ilmu haq.

@ bab tanya jawab @

1. Ada orang ''wanita'' yang mau haji tapi tanpa mahrom ??Bolehkah??
Jawab ;
kalau bisa carilah teman yang masih mahromnya., bila tidak ada mahrom maka digolongkan orang yang tidak mampu. Dan tidak dosa bila tidak haji,, umpama bila dipaksakan berangkat maka hajinya syah tapi tidak diterima Hajinya oleh Allah,.

2. Didalam syaratny menjadi mursyid ada yang mengharuskan hafal 100.000 hadits ??ilmunya nyegoro?? Bagimna maksudny ?
Jawab ;
- ulama ulama thoriqoh dahulu tidak mau berguru kepada orang yang hafal dan mengerti maksdunya Al quran, hafal 100.000 hadits , dan
ilmunya bahr ( sangatlah luas ilmunya ).,
- kalau yang sudah terlanjur baiat kepda mursyid yg tidak memenuhi 3 syarat tersebut , maka bagaikan orang yang sholat tanpa wudlu.,

3. Ktka sholat ,trus angop dan ditutupi tangan., bagaimana hukumnya??
Jawab ;
MAKRUH .

4. Orang yang taat beribadah tapi SELINGKUH ., BAGAIMANA ??
jawab ;
SELINGKUHNYA hukumnya haram, tapi dalam masalah ibadah tetap doakanlah agar tetap istiqomah dan tambah khusyu'nya.,

5. Pohon sengon dikuburan sudah dijual dan uangnya digunakan utk MASJID boleh atau tidak !?
Jawab ;
- MENANAM POHON BESAR dikuburan hukumnya Haram, tapi bila tumbuh sendiri tanpa dditanam tidak apa apa,. Sebab nantinya bisa merusakkan jasadnya mayit.

'' MANA PENGAMBILANNYA HARAM MAKA HARAM PULA DIBERIKAN UNTUK SIAPA SAJA ''

6. Bagaimana hukumnya khataman quran yg dipasang dipanggung ??
Jawab ;
BILA NIATNYA UNTUK PAMERAN HARAM , BILA tidak maka tdk apa apa.,

صَلاَةُ اللَّهْ سَلاَمُ اللَّهْ # عَلىَ طَهَ رَسُوْلِ اللَّه
صَلاَةُ اللَّهْ سَلاَمُ اللَّهْ عَلىَ يَسٓ حَبِيْبِ اللَّهْْ

1. anakq rungokno yo ngger iseh cilek tak kudang'' dadio wong kang utomo ibadah ing dzat kang mulyo
2. dawuhe ramamu yo ngger awatako sinatrio dadio wong kang mulyo lan tresno sak podho podho
3. dawuhe ramamu yo ngger awatako sinatrio manuto karo wong tuo lan tresno sak podho podho
4. welinge ibumu yo ngger wong urep ing alam donyo urepe ora sepiro bakal sebo ing dzat kang mulyo
5. duh gusti mugi ngapuro sedoyo dosane kitho khususe ahli ngaji sedoyo mugo'' mlebu suargo

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ العَا لَمِيْن

4. Facebook
https://m.facebook.com/groups/134905726634542
Muga" manfaat

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ العَا لَمِيْن

Tidak ada komentar:

Posting Komentar