Rabu,2desember2014
4. Najariyah
berkeyakinan bahwa Allah menyiksa manusia karena perbuatan allah sendiri tp krn perbuatan manusia sendiri,.
Aswj ;
manusia disiksa krn perbuatan manusia sendri , sbb dholim.,
berkeyakinan bahwa Allah menyiksa manusia karena perbuatan allah sendiri tp krn perbuatan manusia sendiri,.
Aswj ;
manusia disiksa krn perbuatan manusia sendri , sbb dholim.,
@peraturan dr allah;
perintah toat pd allah dan menjauhi semua larangan ,.
siapa orang yg ,toat aqan diganjar allah dan siapa yg melanggar aqan disiksa allah,.
perintah toat pd allah dan menjauhi semua larangan ,.
siapa orang yg ,toat aqan diganjar allah dan siapa yg melanggar aqan disiksa allah,.
5. Al mannaniyah
berkeyakinan bahwa kamu supaya menetapkan apa saja yg tersirat dihati bila ada tanda'' bagus,.
Aswj ;
sesuatu yg tersirat dihati ada yg baik dan ada yg buruk,.
berkeyakinan bahwa kamu supaya menetapkan apa saja yg tersirat dihati bila ada tanda'' bagus,.
Aswj ;
sesuatu yg tersirat dihati ada yg baik dan ada yg buruk,.
@ Khotir ( krentek hati ) ada 4 ;
1. KHOTIR ROHMANI (langsung dr Allah)
= keinginan utk ibadah yg tdk bsa dicegah
2 .KHOTIR MALAKI (dr Allah lantaran Malaikat)
= keinginan ibadah yg masih digantungkan pada suatu keadaan,.
3. KHOTIR SYAITHONI ( bisikan dr syetan )
= keinginan dalm melakukan perbuatan jelek
4. KHOTIR NAFSI ( brsal dr nafsu )
= keinginan yg timbul dr sendiri yg awalny bagus tp ujung''ny jelek.
1. KHOTIR ROHMANI (langsung dr Allah)
= keinginan utk ibadah yg tdk bsa dicegah
2 .KHOTIR MALAKI (dr Allah lantaran Malaikat)
= keinginan ibadah yg masih digantungkan pada suatu keadaan,.
3. KHOTIR SYAITHONI ( bisikan dr syetan )
= keinginan dalm melakukan perbuatan jelek
4. KHOTIR NAFSI ( brsal dr nafsu )
= keinginan yg timbul dr sendiri yg awalny bagus tp ujung''ny jelek.
6. Al kasbiyah
berkeyakinan bahwa manusia itu tdk bisa mencari ganjaran dan tidak bisa mencari siksa.,
Aswj ;
manusia bisa mencari pahala dan juga bisa mendapat siksaan sesuai dgn amalny.,
berkeyakinan bahwa manusia itu tdk bisa mencari ganjaran dan tidak bisa mencari siksa.,
Aswj ;
manusia bisa mencari pahala dan juga bisa mendapat siksaan sesuai dgn amalny.,
@ Orang yg melakukan DOSA aqan melarati pd dririya sendiri ,.
+cthnya hal itu aqan trlihat pd saat bekerja, trus mengalami kegagalan,. ( solusi ; perbanyak istighfar )
+cthnya hal itu aqan trlihat pd saat bekerja, trus mengalami kegagalan,. ( solusi ; perbanyak istighfar )
@ PERBUATAN YANG BURUK BILA DIRUTINKAN , NANTI AQAN DIANGGAP BAIK OLEH MASYARAKAT,.
+ Padahal itu salah menrt Allah
mis ; melihat wanita, snajan mnrt umum byasa,. Tp dihadapan Allah itu dosa,.
+ Padahal itu salah menrt Allah
mis ; melihat wanita, snajan mnrt umum byasa,. Tp dihadapan Allah itu dosa,.
@ jangan mikir ganjaran nemen'' Seng ptg melakukan toat scr IKHLAS.,
+MITSAL ; ojo goleki LONGAN NAK RA DWE AMBEN TP nak duwe amben mesthi ono longane,.
+ganjaran bisa timbul sebab melakukan toat, siksa timbul sebab melanggar.
+MITSAL ; ojo goleki LONGAN NAK RA DWE AMBEN TP nak duwe amben mesthi ono longane,.
+ganjaran bisa timbul sebab melakukan toat, siksa timbul sebab melanggar.
7. As sabiqiyah
berkeyakinan bahwa orang itu bisa bertindak semauny, dosanya tdk mbahayani kalo memang ditakdir beruntung,. orang kalau sdh dtakdir ciloko bila melakukan toat tdk ada manfaatny,.
aswj ;
Orang hidup didunia ini ssh ada aturanny,. Siapa orang yg patuh perintah allah bakala mendapat ganjaran dan siapa orang yg melanggar aturan allah aqan mendapat siksa dan masuk neraka,.
+ bejo ciloko memang sdh ditakdir allah tapi manusia diberi usaha utk menjadi orang yang bejo /ciloko,.
berkeyakinan bahwa orang itu bisa bertindak semauny, dosanya tdk mbahayani kalo memang ditakdir beruntung,. orang kalau sdh dtakdir ciloko bila melakukan toat tdk ada manfaatny,.
aswj ;
Orang hidup didunia ini ssh ada aturanny,. Siapa orang yg patuh perintah allah bakala mendapat ganjaran dan siapa orang yg melanggar aturan allah aqan mendapat siksa dan masuk neraka,.
+ bejo ciloko memang sdh ditakdir allah tapi manusia diberi usaha utk menjadi orang yang bejo /ciloko,.
8. Al khubbiyah
berkeyakinan bahwaorang yg minum krn senang pada allah maka gugur anggota badanny dalm beribadah,.
+dlm arti (ORANG YANG HATINYA SELALU SENANG MENCINTAI ALLAH MAKA IBADAH ANGGOTA BADAN SUDAH GUGUR/tidak wajib ibadah)
cth ; tdk perlu sholat krn hatiny sdh cinta pada allah.
Aswj ;
tetep wajib melakukan ibadah, malah lebih mempeng dalam beribadah wlpun hatiny sdah cinta kepada allah
''SIAPA YG MENINGGALKAN SHOLAT (1waktu tanpa u'dzur) MAKA NAMANYA DITULIS DIATAS PINTU NERAKA JAHANAM,. ( SIFULAN WAJIB MASUK NERAKA )'''
+ tu baru satu waktu bayangkan bila sampe bbrp tahun ,.
@ UMPAMA ADA ORANG MENGGALKAN SHOLAT SELAMA BERPULUH'' TAHUN,. MAKA BERTOBATLAH NASUKHA DOSANYA AQAN DILEBUR SEMUA,. ( URUSANNYA DGN ALLAH)
+ tp bila berurusan dgn sesama manusia maka harus minta halalny ,. Maka jd manusia dadio seng gede ngapurane,.
berkeyakinan bahwaorang yg minum krn senang pada allah maka gugur anggota badanny dalm beribadah,.
+dlm arti (ORANG YANG HATINYA SELALU SENANG MENCINTAI ALLAH MAKA IBADAH ANGGOTA BADAN SUDAH GUGUR/tidak wajib ibadah)
cth ; tdk perlu sholat krn hatiny sdh cinta pada allah.
Aswj ;
tetep wajib melakukan ibadah, malah lebih mempeng dalam beribadah wlpun hatiny sdah cinta kepada allah
''SIAPA YG MENINGGALKAN SHOLAT (1waktu tanpa u'dzur) MAKA NAMANYA DITULIS DIATAS PINTU NERAKA JAHANAM,. ( SIFULAN WAJIB MASUK NERAKA )'''
+ tu baru satu waktu bayangkan bila sampe bbrp tahun ,.
@ UMPAMA ADA ORANG MENGGALKAN SHOLAT SELAMA BERPULUH'' TAHUN,. MAKA BERTOBATLAH NASUKHA DOSANYA AQAN DILEBUR SEMUA,. ( URUSANNYA DGN ALLAH)
+ tp bila berurusan dgn sesama manusia maka harus minta halalny ,. Maka jd manusia dadio seng gede ngapurane,.
@ bisalah punya rasa bila bertemu saudara islam itu adalah saudarany,. Maka aqan timbul rasa guyub rukun,.
+ORANG YG DICINTAI ALLAH KALO MELAKUKAN DOSA TIDAK ADA BAHAYA BAGINYA dalm arti bukan orang yg mencintai allah dan yg merasadicintai allah tp yg DICINTAI ALLAH spt wali allah (sbb hawa nafsuny sdh dicabut allah agar selalu toat pada allah)
9. AL KHOFIYAH
berkyakinan bahwa siapa orang yg sdh cinta kpd allah tdk boleh takut kpd allah
Aswj ;
kalo sdh cinta allah maka harus puny rasa takut,,.
Siapa orang tdk puny rasa takut pasti akan berkelakuan buruk/NGREMEHAKE,.
Mis ; istri pd swmi walpn cinta ttp harus puny rsa takut wlpun swminy lebih jelek/elik maka istri tetep wajib DIHORMATI DAN DIAJENI OJO NGREMEHAKE,.
berkyakinan bahwa siapa orang yg sdh cinta kpd allah tdk boleh takut kpd allah
Aswj ;
kalo sdh cinta allah maka harus puny rasa takut,,.
Siapa orang tdk puny rasa takut pasti akan berkelakuan buruk/NGREMEHAKE,.
Mis ; istri pd swmi walpn cinta ttp harus puny rsa takut wlpun swminy lebih jelek/elik maka istri tetep wajib DIHORMATI DAN DIAJENI OJO NGREMEHAKE,.
@ PADA DASARNYA ATURAN ISLAM KEWAJIBAN SEORANG ISTRI HANYALAH TOAT PD SUAMI,. SELAIN ITU SEMUA KEWAJIBAN SUAMI,.
+ mis ; nyuci, ngepel, momomg anak,. Dsb
+ mis ; nyuci, ngepel, momomg anak,. Dsb
'' DADI WONG LANANG OJO SAK KAREPE DEWWE KARO BOJO WADON ''
@sholawat@
اللهم صل و سلم على ¤ سيد نا و مولانا محمد
عددما في علم الله صلاة ¤ داءمة بدوام ملك الله
اللهم صل و سلم على ¤ سيد نا و مولانا محمد
عددما في علم الله صلاة ¤ داءمة بدوام ملك الله
1.TOMBO ATI IKU LIMO PERKArANE,KANG SEPISAN MOCO QURAN NGERTI MA'NANE
KAPING PINDHO SHOLAT WENGI LAKONONO, KAPING TELU DZIKIR WENGI DIAJEKNO
KAPING PINDHO SHOLAT WENGI LAKONONO, KAPING TELU DZIKIR WENGI DIAJEKNO
2.KAPIN PATE WETENG IRO NGELEHONO KAPING LIMO AHLI 'ILMU KUMPULONO
SOPPO WONGE SAWIJINE ISO NGLAKONI INSYA ALLAHU TA'ALA NYEMBADANI
SOPPO WONGE SAWIJINE ISO NGLAKONI INSYA ALLAHU TA'ALA NYEMBADANI
@ BAB TANYA JAWAB @
1. YASIN FADILAH bagaimana hukumnya ? SPT YASIIN 7x DST
Tdk ada dasarnyaDR QURAN HADITS tp boleh dilakukan,.
Tdk ada dasarnyaDR QURAN HADITS tp boleh dilakukan,.
2. QUNUT NAZILAH BOLEH DILAKUKAN BILA ADA MUSIBAH,.
3. UMPAMA SI A DAN SI B,.
Sbelum nikah bersenggolan membatalkan wudlu, maka setelah menikah juga tetep MEMBATALKAN WUDLU BILA BERSENTUHAN,.
Sbelum nikah bersenggolan membatalkan wudlu, maka setelah menikah juga tetep MEMBATALKAN WUDLU BILA BERSENTUHAN,.
@BATAS UMUR wanita membatalkan
+ UMUR 7 tahun
JELASS membatalkan wudlu
+ Umur 6 tahun
bila sdh nyahwati membatalkan wudlu tp bila tdk nyahwati tdk membatalkan
+ Umur 5 tahun
senajaN NYAHWATI belum membatalkan wudlu,.
+ UMUR 7 tahun
JELASS membatalkan wudlu
+ Umur 6 tahun
bila sdh nyahwati membatalkan wudlu tp bila tdk nyahwati tdk membatalkan
+ Umur 5 tahun
senajaN NYAHWATI belum membatalkan wudlu,.
@ SEGALA SESUATU YANG SDH MENJADI BARANG MASJID JGN DIBUAT ANEH'', NANTI BISA SALAH,. SBB BILA SDH MJD MASJID ITU HARTA/ Hak MILIK ALLAH,.
@ bekas mushola ( TEMPAT SHOLAT ) apakah boleh dibangun bangunan??? Boleh , yg tdk boleh itu bila sdh menjadi TANAH MASJID (tempat yg syah untuk i'tikaf )
@ BARANG YG SDH MENJADI BARANG MASJID tidak ada kata mubadzir,. Dan tidak boleh digunakan utk bangunan lain,.
+ umpama ada soka kayu jatI bekas masjid bolehkah dijual??
Ada 2 pendapat ;
1. Tidak boleh dijual
2. Boleh dijual asal uangnya digunakan kembali utk masjid ,. TAPI YANG MEMBELI TETAP HARAM,.
Ada 2 pendapat ;
1. Tidak boleh dijual
2. Boleh dijual asal uangnya digunakan kembali utk masjid ,. TAPI YANG MEMBELI TETAP HARAM,.
(keterngn lengkap bisa diulang direkamnny, agar tdk menimbulkan salah kepahaman )
@الحمد لله رب العالمين
Tidak ada komentar:
Posting Komentar